4 Tugas Staff Administrasi Perkantoran Wajib Tau

Advertisements

Tugas Staff Administrasi – Beberapa orang memang masih banyak penasaran dan tertarik untuk mengetahui tugas seorang staff admin perkantoran. Bisa dibilang bahwa posisi ini memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan baik kecil, menengah ataupun perusahaan besar.

Peran seorang staff admin sangat penting di perusahaan, mengingat semua data-data masuk ataupun keluar menjadi salah satu tugas seorang admin perkantoran yang harus di jalankan dengan semestinya. Tidak hanya itu saja, terdapat banyak lagi tugas-tugas yang di emban oleh staff admin.

Namun hal tersebut bukanlah sebuah masalah, jika anda belum memiliki pengalaman kerja di bidang staff administrasi, pasti nanti akan di ajarkan oleh pegawai lainnya bagaimana menjadi seorang admin perkantoran yang baik. Selain itu, anda juga dapat terus belajar.

Advertisements

Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh staff admin perkantoran ialah komunikasi, karena nantinya adminstrasi akan menerima telepon dari pihak lain untuk mengatur beberapa jadwal dan memberikan informasi secara detail kepada pegawai lainnya.

Tugas Staff Administrasi Perkantoran Terlengkap

Tugas Staff Administrasi Perkantoran Terlengkap

Advertisements

Setiap perusahaan tentu saja akan memberikan tugas dan tanggung jawab kepada setiap karyawannya sesuai dengan posisi dan jabatan yang diterima. Khusus untuk tugas staff administrasi memang memiliki tugas khusus harus di jalankan dengan penuh rasa tanggung jawab. Penasaran apa saja tugasnya? yuk langsung saja simak artikel lengkap di bawah ini untuk menambah wawasan anda.

Tugas Staff Administrasi

Tugas Staff Administrasi

1. Menerima Panggilan Telepon

Tugas utama yang harus di lakukan oleh seorang staff administrasi adalah menerima panggilan telepon. Karena staff administrasi biasanya bertugas dalam urusan komunikasi baik melalui telepon, menerima serta melakukan panggilan telepon ke pihak luar untuk kepentingan perusahaan.

Dalam hal inilah seorang administrasi perlu memiliki skill komunikasi baik. Tugas yang di berikan kepada staff administrasi ini khusus untuk perusahaan kecil dan menengah. Karena biasanya jika perusahaan besar pasti memiliki customer service untuk menerima panggilan.

2. Menyiapkan Agenda Kantor

Setelah melakukan komunikasi melalui telepon, biasanya ada orang lain yang ingin berjumpa dengan pimpinan perusahaan ataupun divisi lain. Nah disinilah seseorang administrasi menyiapkan agenda untuk kegiatan tersebut. Namun, apabila seorang admin ingin membuat jadwal pertemuan perlu adanya komunikasi dengan bagian lain agar agenda tersusun dengan baik.

3. Entri Data Perusahaan

Tugas utama administrasi yaitu untuk masalah entri data atau rekap data perusahaan. Data-data tersebut meliputi data informasi konsumen, data client, serta informasi penting lainnya yang harus di rekap. Untuk anda yang bekerja menjadi seorang administrasi perkantoran harus sangat teleti mengenai data seperti nomor telepon, nama, alamat dan lain-lain.

4. Membuat Arsip Data

Agar data lebih mudah untuk di cari atau dikelola, maka dibutuhkan arsip data dimana tugas ini menjadi tugas seorang administrasi perkantoran guna membuat data terorganisir dengan baik dan sesuai.

Jika di baca sekilas terlihat tugas staff administrasi memang sangat banyak dan membingungkan. Namun tidak perlu kawatir ketika anda sudah terjun di dunia pekerjaan dan menjadi seorang admin perkantoran, maka lama kelamaan tugas anda semakin mudah dan ringan karena sudah terbiasa.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tugas staff administrasi perkantoran yang wajib anda tahu. Selain diwajibkan untuk memiliki komunikasi yang baik, seorang admin juga dituntut untuk selalu teliti apabila memasukan atau input data-data penting. Anda juga dapat membaca artikel kami tentang daftar gaji manager di Indonesia secara lengkap.

Advertisements