10 Tugas Receptionist Hotel yang Perlu Diketahui

Advertisements

Tugas Receptionist Hotel – Bagi kalian yang pernah berkunjung ke kantor perusahaan, caffe, atau Hotel seringkali kalian menemui seseorang yang bertugas menyambut setiap tamu yang datang dengan senyum, sapa, salam yang manis. Tahukah kalian siapa orang tersebut ? ya, orang tersebut adalah karyawan di kantor atau hotel tersebut pada bagian Receptionist. Secara garis besar tugas dari Receptionist adalah sebagai penyambut tamu dan melayani keperluan setiap pengunjung atau tamu yang datang.

Pada kesempatan kali ini kita akan berbicara mengenai tugas receptionist hotel, yang mungkin beberapa dari kalian belum mengetahuinya. Menjadi seorang receptionist merupakan profesi yang didambakan beberapa orang, khususnya kaum hawa, pasalnya tugas dari seorang receptionist terbilang mudah dan selalu tampil cantik, rapi, dan menarik. Lalu apa sajakah tugas dari seorang Receptionist Hotel ?

Seperti yang kita ketahui, tugas dari seorang receptionist hotel adalah menyambut tamu dan melayani segala keperluan yang dibutuhkan, misalnya untuk memesan kamar atau ruang meeting, menanyakan informasi kamar saudara atau rekannya, dan lain-lain. namun masih ada beberapa tugas lagi dari seorang receptionist yang belum kalian ketahui, nah pada kesempatan kali ini kita akan coba memberikan informasi mengenai hal tersebut

Nah bagi kalian para perempuan yang ingin menjadi seorang receptionist hotel, kalian tentunya wajib mengetahui syarat dan ketentuan untuk bisa menjalani profesi tersebut, misal dari segi pendidikan untuk profesi ini minimal adalah lulusan SMA/SMK dan bagi kalian yang memiliki ijasah SMK jurusan Perhotelan mungkin akan memperoleh nilai Plus, karena setidaknya telah mengantongi ilmu dasar perhotelan ketika di bangku SMK. Selain itu, tampilan fisik yang menarik dan komunikasi yang baik juga dituntut untuk menjalani profesi ini, karena seorang Receptionist akan bertemu dengan banyak orang.

Advertisements

Tugas Receptionist Hotel yang Perlu Diketahui

Tugas-Receptionist-Hotel-yang-Perlu-Diketahui

Advertisements

Kemudian perlu kalian ketahui jika saat ini telah cukup banyak lembaga kursus bidang perhotelan, hal ini bisa menjadi sarana bagi kalian para wanita yang bercita-cita menjadi Receptionist Hotel, dengan mengikuti kursus di lembaga tersebut tentunya kalian akan memperoleh sertifikat khusus, dengan harapan bisa mempermudah jalan untuk menjadi seorang receptionist hotel. Nah, untuk lebih jelasnya berikut kami telah menyajikan informasi mengenai Tugas Receptionist Hotel yang bisa kalian simak dibawah ini.

Tugas Receptionist Hotel di Indonesia

Seperti yang telah kalian simak pada awal pembahasan dimana tugas dasar dari seorang receptionist adalah menyapa, melayani, dan memberikan informasi atau menjadi jembatan informasi antara tamu atau pihak yang berkepentingan mengenai tujuan yang diinginkan dengan pihak manajemen hotel. Akan tetapi, ada sekitar 10 tugas Receptionist Hotel yang perlu kalian ketahui, adalah sebagai berikut :

Tugas-Receptionist-Hotel

  1. menyapa dan menyambut tamu dengan ramah ( senyum, sapa, salam, sopan, santun)
  2. menerima panggilan telephone terkait pemesanan hotel atau informasi lainnya yang berkaitan  dengan hotel tersebut
  3. menjadi penunjuk lokasi tempat yang ditanyakan tamu hotel, seperti lokasi caffe, bar, kolam renang, dan lain-lain
  4. memberikan informasi kepada seluruh pengunjung hotel mengenai hal-hal yang menyangkut  hotel tersebut
  5. mencatat daftar pengunjung hotel mengenai check in dan check out
  6. mencatat data atau informasi setiap tamu hotel guna keamanan
  7. menyortir atau memilah setiap surat yang masuk ke Hotel baik itu bersifat kertas maupun elektronik
  8. memberi citra serta image yang baik akan hotel tersebut
  9. menjadi jembatan informasi antara pengunjung dan pihak manajemen hotel
  10. mengamati sekaligus melaporkan apabila mendapati aktivitas pengunjung hotel yang  mencurigakan, hal ini bertujuan untuk memberi rasa nyaman kepada semua pengunjung atau tamu hotel

Berikut merupakan tugas dari seorang receptionist hotel yang perlu kalian ketahui, jadi apabila kalian ingin menjadi receptionist setidaknya telah mengetahui apa saja yang akan menjadi tanggung jawabnya ketika menjalani profesi tersebut. Sekedar informasi, mengenai gaji receptionist kita tidak bisa memukul rata, pasalnya besar kecil gaji yang diterima tergantung dari Hotel tersebut, misal kalau kalian menjadi receptionist di hotel berbintang mungkin pendapat bulanannya akan lebih dari cukup, namun untuk hotel kelas menengah mungkin hanya cukup. Baiklah, cukup sekian informasi kali ini yang bisa kami sajikan semoga bermanfaat. Jangan lupa, simak informasi kami lainnya mengenai tugas Advokat. Terimakasih.

Advertisements