Karyawan Swasta adalah ? Berikut Penjelasannya

Karyawan Swasta adalah –¬†Masalah pekerjaan kerap kali terjadi di negara kita Indonesia, mulai dari kurangnya lapangan pekerjaan, persyaratan yang tidak mumpuni, hingga campur tangan penyalur tenaga kerja yang sering kali mematok tarif untuk bisa memasuki sebuah PT atau sejenisnya, hal tersebut tentunya membuat kita semakin miris. Disamping itu, sistem kerja dengan ketentuan kontrak juga tidak jarang menjadi keluh kesah para pekerja pabrik, pasalnya mereka harus pusing untuk mencari pekerjaan lainnya setelah lepas kontrak dengan perusahaan sebelumnya, di sisi lain umur kita terus bertambah sedangkan kebanyakan PT atau pabrik memiliki batas umur maksimal sebagai salah satu persyaratannya.

Terlepas dari masalah tersebut, berbagai macam profesi kita jumpai di Indonesia, profesi tersebut juga terbagi menjadi beberapa sub kategori, antara lain pegawai negeri sipil (PNS), jasa, tenaga medis, dan karyawan swasta. Nah, lalu apa yang dimaksud dengan karyawan swasta ? beberapa dari kalian mungkin ada yang belum begitu paham definisi karyawan swasta, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan secara detail, lengkap dengan contoh pekerjaan yang masuk dalam kategori karyawan swasta.

Secara garis besar, Karyawan Swasta adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga atau instansi dengan mendapat gaji atau upah yang telah disepakati bersama. Disamping itu, kita juga tentunya mengenal profesi buruh, nah apakah disini karyawan swasta dan buruh memiliki pengertian yang sama ? jika kita menilik Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kedua profesi ini memiliki arti yang hampir sama, dimana karyawan swasta diartikan seperti diatas dan buruh memiliki pengertian orang yang bekerja untuk orang lain dan mendapatkan gaji.

Dengan pengertian yang hampir bahkan sama persis secara garis besar, akan tetapi pada tanggal 1 Mei yang mana merupakan Hari Buruh Nasional dan telah ditetapkan oleh Pemerintah sebagai Hari libur Nasional, tidak jarang ada beberapa instansi yang tetap memerintah supaya karyawannya tetap masuk seperti biasa, dengan alasan karena mereka adalah karyawan swasta bukan buruh. Hal tersebut tentunya cukup membingungkan bagi kita kaum awam

Karyawan Swasta adalah ? Berikut Penjelasannya

Karyawan-Swasta-adalah

Selain karyawan swasta dan Buruh, salah satu profesi yang cukup banyak dimiliki masyarakat Indonesia adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil) orang-orang yang berprofesi ini antara lain adalah Guru, Perangkat Desa, Pegawai Kecamatan, dan masih banyak lagi. selain itu, ada juga yang memiliki pekerjaan di bidang jasa, seperti advokat, konsultan hukum, jasa pembuatan dan masih banyak lagi. Baiklah kita kembali lagi ke topik diawal dimana beberapa dari kalian menanyakan karyawan swasta adalah karyawan yang bagaimana, dibawah ini kami coba jelaskan mengenai hal tersebut secara lebih detail.

Karyawan Swasta adalah

Seperti yang kalian simak pada awal pembahasan dimana karyawan swasta adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga atau instansi seperti Kantor Bank, Hotel, atau sejenisnya dan mendapatkan gaji sesuai UMR (Upah Minimum Regional) UMR sendiri memiliki arti upah pegawai atau karyawan disesuaikan dengan kemampuan perusahaan, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan jika setiap instansi atau lembaga memiliki upah yang berbeda. Disamping itu, apa sajakah jenis pekerjaan yang masuk dalam kategori Karyawan Swasta ? berikut kami sebutkan dibawah ini :

Kategori Karyawan Swasta di Indonesia

Karyawan-Swasta-di-Sebuah-Bank

  • Pegawai Bank
  • Receptionist
  • Sekertaris
  • Customer Service
  • Pilot
  • Pramugari
  • Pramugara
  • Pramuniaga
  • Sales Marketing
  • Supir Bus
  • Manager Perusahaan
  • Supervisor Perusahaan
  • dan lain lain

Kemudian mengenai Tunjangan, Tunjangan sendiri terbagi menjadi beberapa macam, namun yang sangat kita kenal adalah THR (Tunjangan Hari Raya) lalu apakah karyawan swasta memiliki hak untuk memperoleh Tunjangan tersebut ? Tentu saja berhak, pasalnya pada PenMenKer telah tertulis menyangkut hal tersebut, lengkap dengan waktu yang tepat untuk memberikan THR setiap tahunnya.

Terlepas dari itu, untuk menjadi salah satu dari deretan profesi diatas kita juga wajib mengetahui syarat dan ketentuannya, sebagai contoh kalian ingin menjadi Receptionist Hotel, kalian bisa menyimak ulasan kita mengenai Receptionist Hotel lengkap dengan tugas dan kewajibannya, profesi ini memang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia, khususnya bagi kaum perempuan.  Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat sekaligus menjadi referensi bagi kalian yang sedang bingung menentukan pekerjaan. Terimakasih.