Receptionist Adalah : Pengertian, Fungsinya & Tugas

Advertisements

Receptionist Adalah – Bekerja mungkin menjadi salah satu hal yang wajib bagi seseorang untuk bisa memperoleh penghasilan. Banyak sekali pekerjaan yang saat ini bisa di dapatkan, baik pekerjaan yang kasar sampai menjadi orang kantoran.

Salah satu pekerjaan tersebut yaitu menjadi seorang receptionist, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan satu ini. Karena mungkin anda sudah pernah menemui seorang yang memiliki pekerjaan menjadi receptionist atau bahkan teman dan keluarganya.

Ternyata receptionist bisa dikatakan menjadi salah satu pekerjaan dengan memiliki sebuah gaji yang cukup lumayan. Nantinya GAJI RECEPTIONIST akan dilihat dari kantor, perusahaan maupun tempat bekerjanya, semakin besar dan ternama biasanya gaji diberikan akan semakin besar juga.

Advertisements

Nah sebelum berlanjut terlalu dalam pastinya anda bertanya-tanya mengenai receptionist itu pekerjaan apa. Nah pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan informasi mengenai receptionist itu apa, fungsi dan tugasnya apa secara jelas di artikel ini.

Receptionist Adalah Lengkap dengan Pengertian, Fungsi dan Tugasnya

Receptionist Adalah Lengkap dengan Pengertian, Fungsi dan Tugasnya

Advertisements

Nah untuk anda yang penasaran mengenai receptionist itu apa, berikut akan disampaikan dibawah ini secara jelas. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar paham dan jelas mengenai pengertian, fungsi dan tugas dari receptionist.

Receptionist Adalah

Receptionist Adalah

Receptionist adalah seseorang yang memiliki pekerjaan atau tugas sebagai penyambut tamu, penerima tamu di sebuah tempat kerja. Biasanya receptionist akan mudah di temui di sebuah perusahaan-perusahaan, kantor, rumah sakit, maupun hotel.

Seorang receptionist memiliki ruang kerja pada umumnya di ruang tunggu seperti pada lobi maupun meja kantor paling depan. Sehingga siapapun tamu yang datang tersebut nantinya akan selalu bertemu dengan receptionist sebelum bisa bertemu langsung dengan orang maupun kepentingan yang di tuju.

Fungsi & Tugas Receptionist

Fungsi Tugas Receptionist

  1. Sebagai pelayanan pertama yang diberikan oleh perusahaan, hotel atau kantor kepada para tamu maupun konsumen yang datang.
  2. Pada umumnya peranan front office departemen receptionist dalam menunjang kinerjanya sangatlah penting dan besar sekali. Receptionist adalah bagian operasional sebuah, perusahaan, hotel atau kantor yang fungsi utamanya menerima serta melayani tamu yang akan check-in dan memprosesnya hingga memperoleh informasi yang diinginkan secara jelas serta menyenangkan.
  3. Fungsi atau peranan dan kinerja receptionist secara operasional berhubungan langsung dengan tamu untuk memberikan pelayanan dengan optimal.
  4. Siap menghubungi atau dihubungi atas permintaan calon pelanggan, tamu, atau orang yang memiliki kepentingan dengan perusahaan.
  5. Menerima dan memberikan sambutan kepada setiap tamu secara ramah dan profesional.
  6. Memberikan informasi atau pesan titipan jika tamu tidak bertemu dengan orang yang bersangkutan dan menyampaikannya secara jelas kepada pihak yang dituju.
  7. Memberikan pesan kepada pihak internal dan eksternal pada lembaga diperlukan.
  8. Melakukan tugas dan fungsi penerimaan lainnya dimana masih bersangkutan dengan perusahaan, hotel atau kantor tempat bekerja.
  9. Memberikan informasi catatan register telepon masuk dan keluar pada saat piket.
  10. Tugas terakhir receptionist adalah menyiapkan laporan kegiatan rutin untuk hari kedepannya.

FAQ

1. Berapa Gaji Seorang Receptionist?

Besaran gaji nantinya tergantung dengan tempat bekerjanya, namun dapat dipastikan seorang receptionist memiliki gaji kurang lebih di angka 2 – 5 juta.

2. Dimana Receptionist Bekerja?

Biasanya seorang receptionist bisa bekerja di kantor, perusahaan, maupun hotel.

3. Syarat Menjadi Receptionist?

Persyaratan menjadi receptionist adalah memiliki ketrampilan teknis, ketrampilan pribadi, ketrampilan komunikasi, dan menguasai atau mengetahui informasi seputar tempat kerjaanya.

Nah demikianlah informasi yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda mengenai receptionist dari pengertian, fungsi dan tugasnya. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Advertisements