Gaji Receptionist Terbaru 2020 : Tugas & Tanggung Jawab

Gaji Receptionist – Receptionist merupakan seorang pekerja yang berprofesi atau memiliki tugas menyambut pengunjung, pelanggan atau pihak lain dimana berkepentingan, serta juga melayani dan memberi tahu tentang tujuan apa dimaksudkan para tamu. Yang jelas pastinya anda sudah pernah melihat atau bahkan pernah bekerja sebagai receptionist.

Receptionist sendiri biasanya bertugas di depan kantor sehingga tamu atau orang datang tahu cara mudah untuk menemukan informasi. Biasanya anda akan menemukan seorang receptionist itu sendiri berada di hotel, perusahaan dan beberapa kantor-kantor besar lainnya.

Namun pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan sampaikan informasi mengenai sebuah besaran gaji seseorang yang memiliki profesi atau pekerjaan menjadi receptionist. Pastinya ada dari anda pernah bekerja atau memiliki saudara atau kenalan lainnya yang bekerja menjadi receptionist, pastinya tau mengenai bayaran setiap bulannya.

Namun besaran gaji tersebut tidak semuanya sama antara perusahaan maupun kantor yang memiliki atau menyediakan jasa atau pekerja tersebut. Selain itu besaran kantor atau perusahaan tersebut juga nantinya akan mempengaruhi besaran bayaran di dapat oleh receptionist, semakin besar biasanya akan semakin tinggi pula bayarannya.

Besaran Gaji Receptionist Terbaru

Besaran Gaji Receptionist Terbaru

Nah untuk anda yang penasaran akan besaran gaji dari seorang receptionist di hotel, perusahaan/ kantor di Indonesia simak terus ulasan berikut ini sampai akhir. Yang jelas receptionist akan menerima upah atau bayaran terbilang cukup layak, buktinya jika sedang ada rekrutmen di salah satu perusahaan atau kantor banyak sekali peminatnya.

Gaji Receptionist

Gaji Receptionist

Bicara soal sebuah gaji dari receptionist sendiri seperti sudah disampaikan di awal dimana sangat beragam atau bervaritif. Semuanya akan dilihat dari perusahaan tersebut berada dan juga pengalaman bekerja di situ apakah sudah lama atau belum, semakin lama maka biasanya akan semakin besar juga gajinya.

Gaji receptionist pada umumnya di Indonesia berkisar di angka Rp 3.000.000 sampai Rp 5.000.000, bahkan besaran tersebut bisa lebih dari itu jika menjadi receptionist di perusahaan atau kantor besar. Selain itu seperti sudah disampaikan tadi semakin berpengalaman atau memiliki masa kerja terbilang cukup lama, maka akan mendapatkan gaji besar dibandingkan receptionist baru.

Dimana yang jelas besaran gaji dari receptionist di Indonesia sangatlah beragam, setiap perusahaannya tidak memiliki besaran gaji sama. Jadi jangan ambil kesimpulan gaji recepsionist di hotel, perusahaan, dan kantor-kantor di Indonesia memiliki besaran gaji sama, memang ada juga yang memiliki besaran sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain namun hanya beberapa.

Tugas & Tanggung Jawab Receptionist

Tugas Tanggung Jawab Receptionist

Setelah mengetahui gajinya anda juga harus mengetahui mengenai gaji dan tanggung jawabnya juga, agar nantinya ketika ingin mendaftar sebagai receptionist anda sudah mengetahuinya. Nah berikut beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang yang memiliki profesi atau pekerjaan sebagai receptionist di perusahaan atau kantor-kantor:

  • Menerima sebuah telepon masuk dan menghubunginya ke bagian yang diinginkan dari tamu.
  • Siap untuk menghubungi nomor telepon dimana ingin dihubungi atas permintaan calon pelanggan, tamu, atau orang memiliki kepentingan dengan perusahaan.
  • Memberikan sebuah pesan kepada pihak internal dan eksternal pada lembaga yang diperlukan.
  • Memberikan informasi maupun pesan titipan jika tamu tidak bertemu dengan orang yang bersangkutan, kemudian menyampaikannya secara jelas kepada pihak bersangkutan.
  • Menerima dan memberikan sambutan tamu untuk asuransi simpanan secara ramah dan profesional.
  • Mencatat register telepon masuk dan keluar pada saat piket/jam bekerja.
  • Menyiapkan laporan kegiatan rutin untuk hari-hari kedepannya.
  • Melakukan sebuah aktivitas dan fungsi penerimaan lainnya dimana masih bersangkutan dengan perusahaan atau kantor tempat bekerja.

Itu beberapa tugas dan tanggung jawab seorang receptionist, jadi pahami secara benar jika ingin mendaftarkan diri anda untuk menjadi receptionist di perusahaan maupun kantor. Sehingga saat diterima dan sudah mulai bekerja paham mengenai apa saja yang harus dilakukan.

Persyaratan Jadi Receptionis

Persyaratan Jadi Receptionis

Nah untuk menjadi receptionist sendiri, ternyata tidak memerlukan sebuah persyaratan rumit atau sulit di lengkapinya. Untuk syarat tertulisnya bisanya perusahaan akan meminta surat ijazah terakhir, biasanya paling minim adalah SMK/SMA atau sederajat, itu juga tergantung setiap perusahaannya.

Dimana yang jelas untuk menjadi receptionist memerlukan persyaratan seperti:

  • Terampil dalam teknis dan siap melayani tamu yang datang.
  • Memiliki pribadi maupun perilaku yang baik.
  • Pandai berkomunikasi, hal ini karena tugasnya akan bertemu berbagai macam orang.
  • Memiliki pengetahuan umum luas sehingga bisa memaparkan apa yang ditanyakan oleh tamu.
  • Baik, sopan, bijaksana, dan ramah dalam menyambut tamu datang.
  • Memiliki tanggung jawab, loyalitas, dan tanggap pada profesi sedang di jalankan.
  • Siap bekerja secara gigih dan cerdas, karena receptionist sendiri merupakan seseorang dimana bekerjanya dari siang sampai malam dan menghadapi berbagai macam tamu yang datang.

Mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semuanya, dimana besaran gaji tersebut akan sebanding dengan tugas dan tanggung jawabnya. Besaran gaji tersebut juga tidak jauh berbeda dengan gaji pegawai bank Mandiri di bagian customer service. Semoga informasi mengenai gaji diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.