[2020] Gaji Kurir JNE : Syarat, Tugas & Cara Daftar

Gaji Kurir JNE – Kirim mengirim sebuah barang atau paket mungkin saat ini sangatlah ramai sekali di Indonesia. Banyak sekali layanan atau jasa pengiriman barang yang siap mengantar sampai depan rumah, salah satunya yaitu JNE.

Mungkin tidak asing lagi mengenai salah satu layanan jasa pengiriman barang atau paket yang satu ini. Sudah terpercaya dan sangat banyak sekali masyarakat Indonesia yang senang berbelanja secara online dan menggunakan jasa pengiriman ini.

Apakah anda pernah mengetahui besaran gaji seorang bapak atau mas-mas yang mengantarkan barang atau paket sampai depan pintu rumah anda? Ternyata gaji seorang kurir JNE setiap bulannya bisa dikatakan lumayan loh!

Hal tersebut sebanding dengan kerja yang telah dilakukan oleh kurir tersebut. Karena mengingat bahwa kurir akan mengantarkan berbagai barang dengan alamat berbeda-beda, sehingga perlu sebuah pemahaman dan ketelitian terhadap alamatnya.

Gaji Kurir JNE, Tugas, Syarat, Cara Daftar Terbaru

Gaji Kurir JNE

Hal itu menjadikan salah satu tugas yang tidak mudah jika menjadi seorang kurir. Apakah penasaran mengenai besaran gaji kurir Berikut akan pilihprofesi.com sampaikan dibawah ini:

Bayaran Kurir JNE

Bayaran Kurir JNE

Masuk ke gaji seorang kurir JNE sendiri bisa dikatakan lumayan dan tidak kalah dengan besaran gaji pegawai Alfamart atau Indomaret. Karena seorang kurir JNE memiliki gaji pokok di angka 2 juta sampai 2,7 juta, bahkan ada juga yang sampai di angka 3 jutaan.

Besaran tersebut berbeda karena wilayah dan kebijakan dari setiap counter JNE tersebut dan juga daerahnya. Biasanya jika kurir di daerah yang rada kota akan lebih memiliki selisih gaji dengan kurir yang berada di daerah lain.

Selain mendapatkan gaji pokok tersebut kurir JNE juga akan mendapatkan sebuah tunjangan-tunjangan yang lumayan juga. Seperti uang service kendaraan, uang kehadiran, uang sewa motor, uang bensin, dan uang makan.

Selain itu juga akan mendapat sebuah tunjangan kesehatan, uang THR serta bonus tahunan. Dimana pastinya dengan adanya tambahan seperti itu bisa dikatakan gaji setiap bulannya bisa dikatakan lebih di angka 3 jutaan.

Tugas Kurir

Tugas Kurir

Pastinya sudah banyak yang mengetahui bahwa seorang kurir mempunyai tugas untuk mengantar barang-barang. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan di pahami oleh seorang kurir, seperti:

  • Mengirimkan barang atau paket secara tepat waktu
  • Jika mengirim sebuah dokumen, bisa menjaga kerahasiaannya
  • Mengantar paket konsumen tanpa ada sedikit kerusakan atau kecacatan
  • Membantu pengecekan barang stok
  • Sebelum mulai mengantarkan barang atau paket tersebut, kurir biasanya akan memeriksa setiap alamat barang yang akan diantar
  • Pastikan barang sesuai alamat pengiriman
  • Mengambil barang dari konsumen yang akan dikirim
  • Setelah semuanya sudah, maka semuanya harus di bukukan atau membuat laporan mengenai barang apa saja yang sudah diantar

Syarat Menjadi Kurir

Syarat Menjadi Kurir

Semua pekerjaan yang ada pastinya memiliki sebuah syarat jika ingin melamar atau mendaftarkan diri untuk bisa bekerja. Nah menajadi kurir JNE juga memiliki sebuah syarat tertentu, berikut syaratnya:

Memiliki Kendaraan Roda 2

Kendaraan roda 2 pasti menjadi syarat utama bagi seorang kurir, karena memiliki fungsi untuk mengantarkan barang/paket. Mengenai persyaratan satu ini biasanya dari pihak JNE membiarkan seorang kurir menggunakan motornya sendiri dan nantinya akan dikenakan sebuah sewa motor tersebut.

Namun ada juga kurir JNE yang menggunakan motor dari kantor/counter JNE tersebut yang sudah disedikannya. Sebenarnya syarat satu ini menjadi salah satu kebijakan dari setiap kantor/counter JNEnya, namun kebanyakan menggunakan motor si kurirnya.

Memiliki SIM

Setelah sudah memiliki kendaraan roda 2 atau motor, pastinya seorang kurir juga membutuhkan apa yang dinamakan Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal tersebut karena kurir memiliki sebuah pekerjaan dimana berada di jalanan, sehingga SIM tersebut nantinya sangat berfungsi sekali.

Paham Dengan Daerah

Hal ketiga yang bisa membuat menjadi kurir di JNE semakin betah yaitu mengetahui rute daerah/kawasan yang akan di bagikan paketnya. Sehingga nantinya akan lebih memudahkan saat pembagian dan tentunya bisa menghemat soal urusan waktu.

Memiliki HP

Memang saat ini HP sangatlah penting sekali kegunaannya, tidak terkecuali bagi kurir JNE. Bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman JNE lainnya dan bisa juga digunakan untuk pencarian lokasi dengan GPS mengenai lokasi si konsumen.

Punya SKCK

Memang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi salah satu bukti sebuah pelamar pekerjaan di kebanyakan perusahaan di Indonesia. Hal tersebut karena dengan SKCK menjadikan anda membuktikan bahwa tidak pernah terjerat masalah hukum atau pernah melakukan kejahatan.

Cara Daftar Menjadi Kurir

Cara Daftar Menjadi Kurir

Untuk cara daftar menjadi kurir JNE sendiri sama seperti kebanyakan dari mendaftar pekerjaan lainnya. Dimana pertama-tama harus mencari informasi apakah ada sebuah lowongan kurir yang dibutuhkan.

Anda bisa mendapatkan informasi ini di akun sosmed resmi dari JNE baik twitter, FB, dan instagram atau bisa datangi langsung kantor atau counter JNE yang ada di dekat daerah anda. Langsung saja buat surat lamaran pekerjaan dan pastikan anda sudah melengkapi syarat-syarat diatas tadi, jika ada lowongan menjadi kurir.

Mungkin demikian informasi mengenai gaji seorang kurir dan juga syarat, tugas beserta cara daftarnya yang bisa pilihprofesi sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semua, kesimpulan gaji tersebut dapat dipastikan setara dengan gaji apoteker di Indonesia.