√ Gaji Shopee Food Perbulan 2022 : Sistem, Skema, Perhitungan & Bonus

Gaji Shopee Food – Siapa disini yang tidak kenal dengan platform pasar digital Shopee? Tentu saja hampir semua masyarakat kita sudah mengetahuinya. Shopee, tidak hanya fokus di marketplace saja melainkan banyak fitur lainnya.

Salah satunya adalah fitur Shopee Food di dalam aplikasi Shopee, yang mana fitur ini memungkinkan Anda bisa membeli makanan tanpa perlu keluar rumah. Atau bisa dibilang Shopee Food merupakan layanan jasa pesan antar makanan dan minuman.

Hingga kini, Shopee Food sudah memiliki banyak sekali driver atau kurir yang siap mengantarkan pemesanan makanan Anda. Namun siapa sangka, potensi menjadi driver / kurir Shopee Food cukup menjanjikan karena pendapatan dihasilkan besar, buktinya banyak yang daftar.

Lantas berapa pendapatan atau gaji driver Shopee Food? Menjawab pertanyaan berapa uang yang dihasilkan oleh Shopee Food tersebut, kami sudah rangkumkan secara lengkap. Jadi terus untuk simak pembahasan gaji Shopee Food berikut ini sampai akhir.

Gaji Shopee Food

Apa Itu Shopee Food?

Untuk yang belum paham apa itu Shopee Food, maka perlu mengetahui terlebih dahulu agar lebih paham nantinya. Di mana Shopee Food adalah salah satu fitur yang ada pada aplikasi Shopee dengan menawarkan layanan pesan antar makanan dan minuman sesuai dengan permintaan pengguna.

Anda para pengguna aplikasi Shopee bisa menemukan fitur ShopeeFood di halaman utama di aplikasi Shopee dengan memilih adanya ikon Shopee Food. Dengan masuk ke fitur tersebut, nantinya Anda bisa beli makanan yang diinginkan tanpa harus keluar rumah.

Cara Kerja Shopee Food

Untuk cara kerja Shopee Food hampir sama seperti aplikasi ojek online yaitu harus ada ada konsumen, merchant dan pengemudi / kurir / driver. Nantinya semua itu akan dihubungkan dalam satu jalur pemesanan menggunakan aplikasi online bernama. Namun untuk lebih jelasnya bisa simak di bawah ini.

  • Pertama, konsumen melakukan pemesanan makanan lewat Shopee dengan pilihan dari berbagai merchant.
  • Pihak konsumen bisa memilih menu, harga makanan, ongkos kirim dan metode pembayarannya hanya dari aplikasi.
  • Jika sudah melakukan pemesanan, maka driver Shopee Food akan datang ke lokasi merchant untuk mengambil makanan.
  • Jika orderan sudah masuk, maka merchant akan menyiapkan makanan.
  • Mitra pengemudi akan mengambil makanan dan mengantarkannya sampai ke alamat konsumen / pemesan.
  • Saat makanan sampai ke alamat tujuan, maka pembayaran akan dilakukan.
  • Pembayaran dari konsumen akan dibagi antara driver, merchant dan juga pihak Shopee Food.

Keuntungan Shopee Food

Lalu apa keuntungan yang didapat dari Shopee Food? Mengenai hal itu, keuntungan akan dilihat baik dari merchant, driver dan konsumen. Lebih jelasnya bisa simak keuntungan-keuntungan dari Shopee Food di bawah ini.

1. Merchant Shopee Food

  • Sistem kerja yang sudah online menjadikan akan lebih fleksibel
  • Pembayaran lebih mudah, cepat dan tentunya praktis.
  • Bisa memudahkan dalam memperluas bisnis usaha makanan.
  • Bisa digunakan sebagai media promosi dagangan.
  • Mampu menaikkan penghasilan restoran / tempat usaha anda.

2. Driver Mitra Pengemudi Shopee Food

  • Gaji Shopee Food driver cukup besar dengan sistem bagi hasil.
  • Cara kerja driver / mitra pengemudi tergolong mudah dan cepat.
  • Mampu meningkatkan penghasilan baik itu harian atau bulanan.
  • Mendapatkan bonus / insentif sesuai pekerjaan yang berhasil diselesaikan.
  • Kesempatan memperoleh banyak pesanan makanan dan miniman yang masuk.
  • Proses pembayaran mudah karena sudah didukung layanan fasilitas perbankan.

3. Konsumen

  • Makanan langsung diantar driver / kurir / mitra pengemudi Shopee Food.
  • Terdapat potongan harga makanan atau gratis ongkir langsung.
  • Bisa memakai voucher dengan diskon tertentu sesuai dengan ketentuan.
  • Banyak berbagai pilihan menu makanan dan minuman bisa dipilih.
  • Ada banyak merchant atau restoran unggulan yang menawarkan makanan.

Sistem & Perhitungan Gaji Shopee Food

Jika sudah tahu apa itu Shopee Food dan keuntungan yang didapatkannya, maka mari lanjut ke pembahasan mengenai gaji Shopee Food. Namun Anda perlu mengetahui sistem gaji Shopee Food terlebih dahulu.

Untuk sistem gaji diterima mitra driver adalah sistem bagi hasil dan bonus insentif dari orderan yang berhasil diselesaikan di hari itu juga. Nantinya driver Shopee Food bisa hasilkan pendapatan dari biaya pengantaran pesanan makanan ke konsumen.

# Contoh Perhitungan:

Dalam 1 hari driver Shopee Food mendapat pesanan sebanyak 7 kali. Pesanan 1 – 3 kali mendapat rata-rata biaya pengantaran sebesar Rp 10.000, pesanan 4 – 7 rata-rata biaya pengantaran Rp 12.000. Berikut perhitungan penghasilan mitra driver dari biaya pengantaran:

  • Pesanan 1 – 3 yaitu Rp 10.000 x 3 = Rp 30.000
  • Pesanan 4 – 7 yaitu Rp 12.000 x 4 = Rp 48.000
  • Jadi, total pendapatan yang didapat driver Shopee Food dari biaya pengantaran pesanan dalam 1 hari yaitu Rp 30.000 + Rp 48.000 = Rp78.000

Akan tetapi besaran biaya pengantaran ditentukan dari jarak tempuh merchant (restoran) ke lokasi tujuan pengantaran makanan. Jika semakin jauh jarak ditempuh, semakin besar biaya pengantaran dan semakin besar pula yang diterima.

Selain itu, semakin banyak pesanan diterima dan diselesaikan dalam 1 hari, semakin besar peluang utnuk bisa dapatkan uang lebih besar dalam. Dengan hal itulah Anda bisa kalkulasi pendapatan dalam 1 bulan dari rata-rata per 1 hari tersebut.

Skema Insentif & Bonus Driver Shopee Food

Tidak hanya hasilkan pendapatan dari biaya pengantaran pesanan makanan dan minuman saja. Para kurir, driver dan mitra driver juga berhak dapatkan insentif dari poin pesanan yang diselesaikan.

Lantas bagaimana ketentuan perhitungan dari insentif dan bonus didapatkan oleh mitra driver Shopee Food? Untuk ketentuan perhitungan insentif atau bonus didapatkan oleh kurir Shopee Food bisa dilihat di bawah ini:

  • Driver berhasil selesaikan 1 pesanan akan mendapatkan 100 poin.
  • Pesanan berhasil dikirim dari pukul 12.00 – 13.00 akan dapatkan insentif tambahan sebesar 50 poin.
  • Mitra driver harus selesaikan minimal 75% dari pesanan, agar insentif bisa dibayarkan.
  • Rating mitra driver Shopee Food harus ada setelah 50 pesanan terakhir.
  • Skema insentif ini digunakan untuk kumpulkan poin guna dapatkan insentif tambahan dalam 1 hari.
  • Nantinya bonus insentif akan diterima dan dibayarkan di hari berikutnya via dompet digital.
  • Jika bonus insentif sudah masuk, mitra driver / kurir bisa langsung menarik masuk ke dalam akun.

# Perhitungan Jumlah Poin & Bonus Insentif Shopee Food

JUMLAH POINBONUS INSENTIF
300Rp 15.000
500Rp 20.000
800Rp 30.000
1000Rp 50.000
+1000Rp 50.000

Anda juga bisa mengetahui besar biaya pengantaran orderan dan bonus insentif akan didapat nantinya dengan melihat insentif harian dari aplikasi Shopee tanpa harus menghitung secara manual.

Perkiraan Gaji Shopee Food Harian & Perbulan

Perkiraan Gaji Shopee Food Harian Perbulan

Melihat dan berdasarkan perhitungan biaya pengantaran makanan dan bonus insentif didapat driver, kurir atau mitra pengemudi Shopee Food di atas. Maka bisa diperkirakan jika gaji driver atau kurir Shopee Food harian kurang lebih sebesar Rp 100.000 -Rp 200.000 per hari.

Kemudian untuk besaran pendapatan gaji Shopee Food perbulan
kisaran Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000. Namun dengan catatan pendapatan gaji ShopeeFood tersebut tidak menentu dengan melihat banyak atay sedikitnya orderan masuk setiap harinya.

Nantinya gaji harian yang didapatkan sebagai mitra driver Shopee Food bisa langsung ditarik dari aplikasi Shopee Food driver Anda ke dompet digital. Perlu diingat, jika perhitungan di atas adalah hanya estimasi.

Lebih pastinya, nanti gaji atau pendapatan akan otomatis muncul di aplikasi. Kuncinya yaitu semakin banyak orderan, maka semakin banyak uang yang bisa dihasilkan saat menjadi kurir, mitra atau driver Shopee Food.

Tips Tingkatkan Gaji Driver Shopee Food

Melihat dari perhitungan dan gaji ShopeeFood di atas, bonus insentif merupakan salah satu tambahan pendapatan dari di luar gaji utama. Tentu saja semua driver Shopee Food berkeinginan untuk dapatkan insentif tertinggi agar hasil lebih besar.

Untuk itu, tentu saja perlu tips untuk meningkatkan gaji driver Shopee Food perhari atau perbulannya. Dan kami juga sampaikan tips tingkatkan penghasilan Shopee Food, di antara lainnya seperti:

  • Selalu aktifkan fitur pesanan otomatis di aplikasi Shopee Food Driver.
  • Perbanyak terima pesanan pada pukul di jam 12.00 – 13.00 (jam istirahat) guna dapatkan bonus poin.
  • Selalu cek dompet driver dan jangan sampai kosong, agar mudah menerima pesanan.
  • Mencari makanan dan restoran dengan banyak peminat atau yang sedang ada diskon / promo.
  • Selalu semangat dan disiplin menjalankan tips, agar bisa dapatkan bonus insentif tertinggi.

Kesimpulan

Setiap driver / kurir Shopee Food akan mendapatkan gaji yang berbeda satu sama lain. Selain itu gaji Shopee Food per bulan di Solo, Bandung dan daerah lain bahkan negara tetangga yaitu Malaysia pastinya jelas tidak akan sama.

Dengan melihat informasi gaji di atas bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan gaji kurir Shopee paket barang, yang mana akan berpengaruh terhadap banyak atau tidak pesanan yang harus diantar ke rumah konsumen.

Mungkin seperti itulah kiranya pembahasan terkait uang penghasilan atau gaji Shopee Food yang dapat pilihprofesi.com sajikan. Semoga dengan adanya informasi gaji ShopeeFood di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk semua yang membutuhkan.