Gaji Apoteker & Tugas Seorang Apoteker Terbaru 2020

Gaji Apoteker – Bekerja di bidang kesehatan dan farmasi mungkin saat ini banyak menjadi incaran favorit bagi para pencari kerja di Indonesia. Salah satu profesi di bidang kesehatan selain dokter yaitu menjadi seorang apoteker.

Apoteker juga tidak kalah pentingnya dengan peran dokter dalam melayani pasien atau orang berobat. Hal tersebut menjadikan seorang apoteker juga harus benar paham mengenai apa yang terjadi pada seorang pasiennya.

Pastinya banyak yang bertanya-tanya mengenai gaji seorang apoteker, mau tahu berapa besarnya upah yang di dapat oleh apoteker per bulan?. Memang sebelum melamar pekerjaan pastinya juga ingin mengetahui gaji bulannya.

Memang upah apoteker setiap bulannya jelas berbeda dengan gaji analisis kesehatan ataupun gaji dokter. Namun besaran gaji yang didapat oleh seorang apoteker terbilang lumayan tinggi dan bisa dikatakan sudah UMR daerah.

Daftar Gaji Apoteker Terbaru

Gaji Apoteker Terbaru

Penasaran mengenai gaji yang di dapat oleh apoteker yang bekerja di apotek di Indonesia?. Berikut pilihprofesi akan sampaikan atau informasikan besaran gaji seorang yang berprofesi sebagai apoteker di bawah ini.

Upah Apoteker

Upah Apoteker

Untuk besaran gajinya sendiri para apoteker sendiri bisa mendapatkan sebuah uang perbulannya di angka 3 sampai 5 juta. Namun kebanyakan apotek memberikan upah kepada apotekernya di angka 3 juta perbulannya.

Sebenarnya gaji tersebut tergantung dari pihak apoteknya sendiri. Nah besaran 3 juta tersebut merupakan sebuah rata-rata dari beberapa apoteker di Indonesia yang telah di kumpulkan dalam waktu beberapa bulan terakhir.

Dengan angka 3 juta bisa dipastikan terbilang tinggi dan pastinya sudah UMR daerah tersebut. Namun kembali kepada pihak apotek sendiri yang nantinya memberikan besaran upah atau gaji setiap bulannya.

Tugas Apoteker

Tugas Apoteker

Untuk tugas apoteker sendiri yaitu merupakan sebuah tanggung jawab tersendiri dimana akan berusan mengenai obat-obatan baik sintetik ataupun herbal demi tujuan kesehatan manusia (pasien). Berikut tugas dari apoteker, mulai dari :

  • Melakukan atau memberikan pelayanan konsultasi tehadap pasien yang datang/sakit
  • Mendesain atau meracik suatu obat yang cocok dengan keluhan si pasien.
  • Melakukan sebuah pengawasan apakah obat yang diresepkan oleh dokter telah sesuai anjuran dan berkualitas aman terhadap pasien.
  • Menjelaskan efek samping obat terhadap pasien yang diberikan obat tersebut.
  • Tidak hanya menjelaskan efek sampingnya saja, apoteker juga menjelaskan makanan/obat apa saja yang harus dihindari saat sakit atau hamil pada pasien.
  • Melakukan penghitungan dosis obat yang khusus per individual terutama bayi, anak-anak, geriarti, dan penyakit tertentu.
  • Salah satu peran atau tugas apoteker terakhir yang paling penting yaitu melakukan penelitian tentang obat, sehingga obat selalu berkembang untuk meningkatkan kesehatan pasien (masyarakat) melalui bukti-bukti ilmiah yang sudah ditemukan.

Nah itulah besaran gaji dari seorang apoteker di Indonesia yang bisa pilihprofesi informasikan. Sebagai kesimpulannya besaran gaji tersebut hanya rata-rata apoteker di Indonesia, mengenai besaran gaji tersebut kembali dari kebijakan pihak apotek sendiri yang akan menentukan besarannya.