√ Gaji Dokter Anak Per Bulan & Per Tahun di Indonesia 2021

Gaji Dokter Anak – Menjadi dokter mungkin menjadi salah satu impian dari banyak orang, tidak terkecuali itu salah satunya Anda. Karena seperti diketahui sendiri jika profesi mulia ini cukup memiliki jenjang karir yang bagus ke depannya.

Tidak hanya itu saja, gaji atau bayaran yang bisa didapatkan oleh seorang dokter juga bisa dibilang besar serta cukup menggiurkan. Ini sudah dibuktikan dengan banyak sekali peminat saat rumah sakit atau layanan kesehatan sedang buka rekrutmen dokter.

Lantas berapa besaran gaji dokter itu sendiri? Pastinya banyak yang menanyakan gaji atau penghasilan tersebut. Bisa dibilang gaji dokter terbilang beragam, tergantung dengan dokter apa nantinya. Seperti misalnya GAJI DOKTER UMUM, BEDAH dan dokter spesialis lain jelas berbeda.

Tidak hanya itu saja, tempat kerja dokter juga akan menentukan besaran gaji atau penghasilannya. Seperti misalnya dokter yang bekerja di rumah sakit, puskesmas dan layanan kesehatan lainnya akan mendapat pundi-pundi uang per bulan yang tidak sama.

Gaji Dokter Anak Per Bulan Per Tahun di Indonesia

Nah pada kesempatan ini pilihprofesi.com sendiri akan menyampaikan informasi mengenai gaji dokter anak per bulan dan per tahun yang ada di Indonesia. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, simak terus pembahasan penghasilan dokter anak di bawah ini.

Apa Itu Dokter Anak?

Apa Itu Dokter Anak

Dokter anak merupakan dokter yang memiliki peran di mana akan terfokus terhadap kesehatan fisik, mental, emosional, tumbuh kembang serta sosial anak-anak sejak dilahirkan sampai tumbuh jadi remaja (18 tahun). Dengan begitu, nantinya dokter anak akan lebih tertuju mengenai penyakit pada anak.

Dokter spesialis anak ini nantinya akan memulai pendidikan dengan menyelesaikan gelar Dokter Umum terlebih dahulu. Jika sudah maka di lanjut dengan melanjutkan studi Program Pendidikan Dokter Spesialis di bidang ilmu kesehatan anak untuk meraih gelar Spesialis Anak.

Nantinya seorang calon dokter anak akan dilatih untuk dapat mendiagnosis serta mengobati penyakit pada bayi, serta anak-anak dan remaja, bahkan juga mengevaluasi tumbuh kembang anak. Selain itu, dokter anak juga akan mendalami beberapa ilmu seperti misalnya neurologi anak, nefrologi anak dan tumbuh kembang anak.

Peran, Tugas & Tanggung Jawab Dokter Anak

Peran Tugas Tanggung Jawab Dokter Anak

Setelah tahu mengenai apa itu pengertian dokter anak, maka selanjutnya Anda juga perlu tahu mengenai peran, tugas dan tanggung jawa dokter anak. Ada beberapa peran dari seorang dokter spesialis anak, seperti misalnya:

  • Melakukan pemeriksaan teratur pada bayi baru lahir dan anak kecil.
  • Memberikan vaksin kepada bayi, balita serta anak-anak.
  • Memberitahu orang tua gejala dan pencegahan mengenai penyakit pada anak.
  • Membuat diagnosis berdasarkan data dan riwayat medis yang telah diketahui.
  • Membuat resep obat sesuai dengan penyakit diderita anak.
  • Memeriksa anak sakit untuk mengetahui kondisi dan gejala kesehatannya secara pasti.
  • Memeriksa dan mencatat kesehatan dan perkembangan fisik normal pada anak.
  • Merujuk pasien ke dokter jika diperlukan.

Gaji Dokter Anak

Gaji Dokter Anak

Jika sudah tahu akan pengertian dan peran dari seorang dokter anak, maka kembali ke pemabahasan utama yaitu mengenai gaji dokter anak. Berapa sebenarnya besaran gaji anak yang didapatkan per bulan dan per tahun? Agar lebih jelasnya simak informasi gaji di bawah ini.

Per Bulan

Mengenai penghasilan dokter anak per bulan di Indonesia baik di rumah sakit, puskesmas, klinik dan lainnya bisa dibilang cukup beragam. Namun secara umum dokter anak di Indonesia mendapatkan uang sekitar Rp 10.000.000 – Rp 50.000.000 per bulannya.

Per Tahun

Sedangkan untuk uang diterima dokter anak per tahun bisa mencapai
angka Rp 500 jutaan. Bahkan ada survei yang berhasil dilakukan jika gaji tertinggi seorang dokter spesialis anak bisa mencapai Rp 2,4 M. Angka yang terbilang sangat-sangat fantastis.

Namun sebelum bisa menikmati gaji maupun penghasilan besar tersebut, terlebih dahulu Anda para calon harus melewati syarat dan proses panjang. Salah satunya proses menempuh pendidikan untuk bisa mendapatkan gelar dokter tersebut.

Tidak hanya itu, proses menyelesaikan pendidikan di jurusan kedokteran Anda juga akan membutuhkan biaya yang terbilang besar. Dengan begitu, bagi Anda para anak yang mencita-citakan menjadi dokter dari sekarang mulailah untuk rajin menabung.

Mungkin kiranya itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai gaji atau penghasilan dokter anak per bulan di Indonesia. Semoga dengan adanya informasi gaji di atas bisa membantu dan menjawab rasa penasaran Anda yang bertanya-tanya.