√ Gaji Ahli Gizi 2021 : Fresh Graduate, Klinik & Perusahaan

Gaji Ahli Gizi – Bekerja menjadi salah seorang yang berkecimpung didunia medis, mungkin dikenal memiliki gaji besar. Sebut saja seperti perawat, DOKTER UMUM atau dokter spesialis.

Gaji yang diterima dari seorang gaji para tenaga medis tersebut setiap bulannya bisa mencapai jutaan atau bahkan puluhan juta. Tidak heran jika banyak orang bermimpi pekerjaan ini.

Untuk kali ini pilihprofesi.com sendiri akan membahas gaji dari salah satu profesi lain di dunia medis. Di mana yang akan di bahas yaitu mengenai gaji dari seorang ahli gizi.

Mungkin tidak asing lagi bagi Anda dengan apa itu ahli gizi, karena di setiap layanan kesehatan biasanya akan ada seorang ahli gizi. Seperti misalnya saat Anda berobat di Puskesmas tentu akan berjumpa dengan ahli gizi.

Gaji Ahli Gizi Fresh Graduate Klinik Perusahaan

Nah, lalu berapa sebenarnya besaran penghasilan ahli gizi tersebut? Untuk lebih jelas dan paham mengenai itu semua, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini uang yang bisa diterima seorang ahli gizi.

Apa Itu Ahli Gizi?

Apa Itu Ahli Gizi

Untuk yang bertanya apa itu sebenarnya ahli gizi, berikut akan sedikit di ulas sebelum berlanjut ke pembahasan gajinya. Di mana ahli gizi adalah tenaga spesialis yang bertugas memberikan saran dan informasi kepada pasien tentang penatalaksanaan gizi dan masalah kesehatan.

Selain itu, ahli gizi nantinya juga akan terlibat dalam diagnosis dan pengobatan masalah kesehatan yang terkait gizi dan nutrisi. Dengan begitu, Ahli gizi merupakan salah satu profesi khusus yang mengabdikan diri dalam bidang gizi.

Tugas Seorang Ahli Gizi

Tugas Seorang Ahli Gizi

Lalu apa tugas seorang ahli gizi? Berbicara mengenai tugas sendiri, ada beberapa tugas dan peran penting dari ahli gizi saat melayani fasilitas kesehatan. Berikut beberapa tugas diantaranya:

  • Melakukan penelitian dan pengembangan gizi sesuai perkembangan ilmu (pengetahuan dan teknologi).
  • Memberikan pelayanan pasien atas konsultasi gizi, edukasi gizi beserta tata cara diet.
  • Memberikan status gizi yang berpengaruh terhadap gangguan dan status gizi.
  • Memberikan tips susunan diet dan saran penyajian makanan.
  • Mendiagnosis penyakit terkait masalah gizi berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penelusuran riwayat medis.
  • Menentukan dan merencanakan tujuan intervensi gizi dengan menghitung kebutuhan zat gizi, makanan, jumlah serta volume makanan.

Gaji Ahli Gizi

Gaji Ahli Gizi

Nah setelah tahu akan pengertian dan tugas dari ahli gizi, maka lanjut ke pembahasan mengenai gaji atau penghasilan didapat oleh seorang yang memiliki profesi sebagai ahli gizi. Untuk lebih jelas mengenai gaji tersebut maka simak terus ulasan ini:

1. Fresh Graduate

Penghasilan atau bayaran ahli gizi fresh graduate atau baru lulus sendiri bisa dikatakan memiliki besaran gaji cukup besar. Di mana di Indonesia penghasilan ahli gizi fresh graduate bisa menerima gaji di angka Rp 4 jutaan bahkan lebih.

Lalu berapa lama seseorang ahli gizi dikatakan fresh graduate? Banyak orang yang mengatakan jika seorang ahli gizi fresh graduate akan ditentukan dari umur. Namun ada juga yang mengatakan terhitung 1 tahun pasca sidang.

2. Klinik

Untuk ahli gizi yang bekerja di klinik, besaran gaji sendiri tidak jauh berbeda dengan ahli gizi yang bekerja di tempat lainnya. Di mana secara umum nantinya ahli gizi ini akan berpenghasilan sekitar Rp 2 – Rp 5 jutaan per bulannya.

Hal itu sebanding dengan pekerjaan, tugas dan tanggung jawab yang harus di emban oleh seorang ahli gizi tersebut. Jadi tidak heran penghasilan ahli gizi di klinik juga terbilang sangat menggiurkan.

3. Perusahaan

Selain ahli gizi fresh graduate dan klinik, lulusan ahli gizi juga berpeluang bekerja menjadi ahli gizi di perusahaan makanan seperti Indofood. Tidak hanya makanan saja melainkan perusahaan minuman, obat herbal, obat, dan lainnya.

Untuk gaji atau bayaran ditawarkan sendiri nantinya disetiap tempat kerja (antar perusahaan) akan berbeda. Namun secara umum, penghasilan ahli gizi di perusahaan bisa menerima uang di atas Rp 4 jutaan di setiap bulannya.

4. Perusahaan Asing

Tidak hanya dibutuhkan di perusahaan Indonesia saja, ternyata seorang ahli gizi juga dibutuhkan di perusahaan asing. Apalagi bagi yang memiliki kemampuan berbahasa bahasa asing lancar (Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Korea).

Sebut saja penghasilan ahli gizi perusahaan asing di Korea Selatan bisa menerima USD 3098 per bulan. Atau jika di rupiah kan bisa di angka Rp 40 jutaan. Angka yang terbilang cukup menggiurkan jika menjadi ahli gizi di perusahaan asing.

5. Puskesmas

Tidak hanya menjadi seorang ahli gizi di perusahaan dan klinik, nantinya lulusan ilmu gizi bisa juga menjadi ahli gizi di Puskesmas. Mungkin bagi Anda yang pernah berobat ke Puskesmas, tentu sudah tidak asing lagi dengan ahli gizi ini.

Siapa sangka, ternyata besaran gaji atau penghasilan yang diterima oleh seorang ahli gizi yang bekerja di Puskesmas cukup tinggi. Di mana gaji ahli gizi di puskesmas Indonesia secara umum berkisar Rp 2,5 – Rp 4 jutaan.

6. Rumah Sakit

Seorang ahli gizi tentu saja bisa bekerja di rumah sakit dengan melengkapi beberapa persyaratan. Seperti misalnya memiliki pendidikan minimal D3/S1 Gizi, memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), sehat jasmani dan rohani.

Untuk gaji atau penghasilan itu sendiri, seorang ahli gizi di rumah sakit Indonesia bisa saja berkisar Rp 2 – Rp 5 jutaan. Gaji tersebut masih bisa berubah, karena di setiap rumah sakit akan akan memiliki perbedaan.

Mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan mengenai gaji, bayaran, upah, atau penghasilan dari seorang ahli gizi. Semoga adanya informasi gaji di atas bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.