√ Gaji Relawan Covid Non Medis Per Bulan 2021

Gaji Relawan Covid – Sampai saat ini, Indonesia masih berjuang untuk bisa menangani, membasmi dan mencegah virus Covid-19 yang sedang melanda Indonesia bahkan dunia. Seluruh masyarakat, aparat negara, pemerintah hingga tenaga medis berusaha dan bekerja keras demi terbebas dari Covid.

Banyaknya kasus positif Covid di Indonesia yang setiap waktu terus mengalami peningkatan, membuat sejumlah rumah sakit kewalahan menangani pasien positif Covid. Kurangnya tenaga medis juga menjadi faktor banyak rumah sakit kewalahan dalam menangani Covid.

Nah, dalam hal menambah bantuan tenaga medis untuk menangani pasien Covid, sejumlah rumah sakit di Indonesia membuat lowongan pekerjaan untuk masyarakat yang bersedia menjadi relawan Covid. Nantinya relawan Covid akan melaksanakan tugas selama 3 bulan dengan sistem kontrak.

Nah, selama kontrak 3 bulan yang bisa diperpanjang tersebut relawan Covid-19 harus membantu tenaga medis menangani pandemi dan akan di beri gaji setiap bulannya. Lantas berapakah kisaran gaji relawan Covid? Adapun ulasan lengkap besaran gaji relawan Covid yaitu sebagai berikut.

Gaji Relawan Covid

Gaji Relawan Covid

Menjadi relawan Covid-19 mungkin, bukan pekerjaan yang diinginkan oleh sebagian besar orang. Namun, hal yang harus kalian ketahui adalah seorang relawan Covid-19 sangat berperan penting dan memiliki jasa yang aman besar untuk membantu tenaga medis menangani virus corona.

Selain memiliki tugas yang mulia, relawan Covid juga akan di gaji dengan nilai yang menggiurkan. Meskipun hanya dikontrak 3 bulan, namun gaji yang diperoleh terbilang tinggi dan kalian bisa memperpanjang kontrak sebagai relawan Covid-19 ke instansi yang bersangkutan.

Perolehan gaji relawan Covid setara bahkan melebihi GAJI BIDAN PUSKESMAS. Relawan yang direkrut akan menerima gaji per bulan dengan besaran berbeda-beda. Untuk dokter umum gaji yang diterima yaitu sebesar Rp. 10.000.000 per bulan.

Sedangkan, untuk perawat gajinya sekitar Rp. 7.500.000 per bulan dan Rp. 5.000.000 per bulan untuk analis laboratorium. Selain itu, untuk bagian radiografer akan diberi gaji sebesar Rp. 5.000.000 dan untuk pemulasar jenazah diberi gaji Rp. 2.500.000 juta per bulan.

Namun, gaji tersebut bisa berbeda-beda tergantung kebijakan instansi. Selain itu, nilai UMR Wilayah juga akan mempengaruhi besar kecilnya gaji relawan Covid non medis.

Insentif Relawan Covid

Insentif Relawan Covid

Tak hanya mendapatkan gaji saja, akan tetapi relawan juga akan diberi insentif atau tunjangan dengan nilai cukup tinggi. Pemerintah akan memberikan insentif dan santunan kematian bagi tenaga medis Covid.

Sasaran pemberian insentif dan santunan kematian ialah tenaga medis kesehatan baik aparatur Sipil Negara (ASN), Non ASN maupun relawan Covid. Adapun besaran insentif untuk tenaga medis yaitu sebagai berikut.

  • Dokter Spesialis Rp. 15.000.000
  • Dokter Umum dan Gigi Rp. 10.000.000
  • Bidan dan Perawat Rp. 7.500.000
  • Relawan dan tenaga medis lainnya Rp. 5.000.000

Sedangkan untuk tenaga kesehatan di KKP, BTJK-PP dan BBTKL-PP, dinas kesehatan privinsi dan kabupaten, puskemas serta laboratorium akan menerima insentif sebesar Rp. 5.000.000.

Sementara, untuk besaran santunan kematian yakni Rp. 300 juta yang diberikan kepada tenaga medis, seperti dokter, perawat, bidan, relawan dan tenaga medis lainnya yang meninggal dunia dalam memberikan pelayanan kesehatan dikarenakan terpapar Covid-19 saat bertugas.

Tugas Relawan Covid-19

Tugas Relawan Covid 19

Dengan gaji sekian, tentu saja akan banyak orang yang tertarik menjadi relawan covid. Apakah kalian juga tertarik untuk menjadi relawan covid? jika iya, maka silahkan daftar diri kalian di situs https://sim.deskrelawanpb.bnpb.go.id/daftar-relawan.

Namun, sebelum mendaftar ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu tugas-tugas relawan covid-19. Adapun tugas-tugas relawan Covid yaitu sebagai berikut ini.

  1. Relawan covid memiliki tugas untuk membentuk struktur dan mendirikan posko di kantor desa atau tempat lain yang dinilai representatif.
  2. Memberi edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 mulai dari gejala, cara penularan dan pencegahan sesuai protokol kesehatan maupun standar WHO.
  3. Melakukan pendataan warga yang rentan sakit, seperti warga berusia di atas 60 tahun, balita, serta warga dengan penyakit kronis.
  4. Menyiapkan alat deteksi dini, seperti formulir wawancara untuk warga guna mengetahui potensi dan kerentanan mereka, sehingga bisa jadi acuan relawan untuk bertindak selanjutnya.
  5. Menyediakan informasi nomor telepon, mulai dari rumah sakit rujukan hingga ambulans.

Nah, itulah informasi dari pilihprofesi.com terkait besaran gaji relawan Covid beserta dengan besaran insentif dan tugas relawan. Dengan penghasilan per bulan yang terbilang tinggi, tentu saja relawan covid-19 bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Ini menjadi kesempatan besar bagi, kalian yang sedang mencari kerja terutama bagi fresh graduate lulusan medis. Demikianlah info dari pilihprofesi, semoga artikel di atas bermanfaat.