Tugas Montir, Tanggung Jawab, & Gaji Terbaru 2020

Tugas Montir – Mengendarai sebuah mobil pastinya menjadi salah satu hal yang disukai oleh banyak orang dimana mengendarai mobil sangatlah nyaman. Namun tidak hanya bisa mengendarai saja, anda juga pastinya wajib untuk mengetahui kondisi dari mobil atau kendaraan tersebut sebelum mengendarainya.

Jangan sampai ketika mengendarai sebuah mobil mengalami masalah di tengah jalan, sehingga akan mengganggu perjalanan dan juga tujuan anda. Dengan begitu anda juga harus mengecek dan service secara rutin mobil tersebut agar nantinya tidak terjadi masalah seperti tidak di inginkan tersebut.

Nah untuk service di bengkel pastinya anda sering melihat seorang yang memperbaiki kerusakan pada mobil tersebut. Nah profesi tersebut bernama montir atau banyak di sebut juga dengan mekanik. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui, atau bahkan saat ini bekerja sebagai montir.

Namun pada pembahasan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai tugas montir atau mekanik. Memang montir memiliki tugas memperbaiki sebuah mesin bermotor yang mengalami kerusakan, tidak hanya itu saja komponen mobil lainnya juga bisa dikerjakan oleh montir.

Tugas, Tanggung Jawab, & Gaji Seorang Montir Terbaru

Tugas Tanggung Jawab Gaji Seorang Montir Terbaru

Mungkin menjadi montir juga menjadi salah satu profesi di Indonesia yang sangat di cari atau bisa di katakan banyak di butuhkan. Namun sebelum terjun menjadi seorang montir anda juga harus memahami mengenai tugasnya. Nah untuk anda yang penasaran mengenai tugas, tanggung jawab dan gaji dari serong montir, simak terus ulasan berikut yang pilihprofesi.com sampaikan dibawah ini.

Tugas Montir

Tugas Montir

Seperti sudah disampaikan di awal jika seorang montir atau mekanik merupakan orang yang ahli dalam bidang perbaikan komponen mobil/kendaraan terutama bagian mesin. Memang sebuah mesin bermotor memang harus di tangani dengan baik agar nantinya bisa aman saat di kendarai, nah itulah tugas dari montir.

Memberikan kenyamanan terhadap para konsumen yang datang, dimana meminta bantuan keahliannya untuk bisa melakukan sebuah perbaikan kendaraan. Selain itu montir juga memiliki tanggung jawab besar setelah pengendara mobil itu sendiri, karena mobil yang dalam kondisi prima merupakan tanggung jawabnya.

Jadi montir benar-benar memastikan jika sebuah komponen dari mesin atau yang ada pada kendaraan memiliki riwayat jalan yang aman. Tidak hanya itu saja montir juga memiliki tugas untuk bisa mendiagnosis masalah apa yang di derita oleh kendaraan si konsumen dan segera untuk memperbaikinya.

Tanggung Jawab Montir

Tanggung Jawab Montir

Setelah mengetahui sedikit mengenai tugas dari montir, anda juga perlu mengetahui tanggung jawabnya. Nah berikut beberapa tanggung jawab dan peran yang harus ada pada di diri seorang montir, dengan demikian harus benar-benar ada dan diterapkan secara sempurna.

  • Mengetahui masalah apa yang menyebabkan kerusakan pada mobil/motor para konsumen.
  • Melakukan perbaikan yang sesuai dengan tingkat dan jenis kerusakan yang dialami kendaraan konsumen.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap bagian lain secara menyeluruh di bagian kendaraan.
  • Melakukan pencegahan atau antisipasi kerusakan sebelum terjadi masalah lebih besar.
  • Melakukan atau pemesanan terhadap bagian dari perlengkapan yang dibutuhkan oleh kendaraan yang sedang diperbaiki kepada supplier otomotif.
  • Membuat pembukuan atau laporan sebuah kondisi kendaraan setelah dilakukan perawatan dan menyusun (service) dan memberikan jadwal pengecekan rutin selanjutnya.

Gaji Montir

Gaji Montir

Nah bicara soal gaji sendiri sangatlah beragam atau bervariatif, dimana di Indonesia sendiri gaji montir dilihat dari bengkel yang menjadi tempat kerjanya. Semakin besar, ternama dan bengkel tersebut sudah di percaya banyak pelanggan dan selalu ramai setiap harinya bisanya gaji di dapatnya juga lumayan.

Bisanya montir di bengkel umum di Indonesia tersebut berkisaran di angka Rp 3.000.000 sampai Rp 6.000.000. Angka tersebut bisa bertambah dengan pengalaman dan jam terbang, semakin jam terbang atau pengetahuan mengenai mesin dan komponen lainnya paham betul cara memperbaiki maka gaji bisa dikatakan bisa lebih dari itu.

Nah yang sangat menggiurkan sekali yaitu seorang montir mobil balap dimana bisa mendapatkan gaji ratusan juta sampai miliyaran per tahunnya. Hal tersebut sebanding dengan apa yang telah di berikan, karena mobil balap memiliki teknologi dimana harus dipahami secara benar, teliti, dan cermat agar mendapatkan yang terbaik.

Jadi jika ingin menjadi mekanik atau montir mobil balap harus paham dengan teknologi-teknologi terbaru, dimana teknologi tersebut nantinya akan di atur/program oleh komputer. Mungkin keahlian itulah yang menjadikan sebuah montir di dunia balap memiliki gaji cukup fantastis dan menggiurkan.

Mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan mengenai tugas, tanggung jawab dan gaji montir, yang jelas gaji montir di Indonesia sangatlah layak. Sedangkan untuk montir mobil balap tidak jauh berbeda dengan gaji teknisi pesawat dimana sama-sama memiliki bayaran sangat fantastis.