Gaji ABK Kapal Tanker 2020 : Peran & Tanggung Jawab

Gaji ABK Kapal Tanker – Memiliki sebuah profesi dimana bekerjanya berada di atas kapal mungkin menjadi salah satu hal cukup baik di Indonesia. Nah orang atau yang memiliki pekerjaan di atas kapal baik kapal penumpang, kapal tanker dan kapal lainnya itu disebut sebagai pelaut.

Walaupun disebut dengan pelaut, namun setiap posisi maupun jabatan di kapal tersebut nantinya akan memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda-beda. Dimana bekerja diatas kapal harus memiliki mental yang kuat dan siap bekerja dalam tekanan, karena bekerja di laut pastinya akan mendapat berbagai ujian.

Namun pada pembahasan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai gaji ABK kapal tanker, ABK atau anak buah kapal sendiri merupakan salah satu orang yang berperan penting dalam sebuah pelayaran kapal. Gajinya sendiri termasuk fantastis atau bisa dikatakan besar.

Apalagi jika bekerja menjadi ABK di perusahaan besar dan ternama, pastinya gaji juga bisa dikatakan lebih dari yang perkirakan. Hanya saja bekerja di laut sudah di sampaikan di awal harus bisa menanggung risiko yang terjadi nantinya, salah satu contohnya saja yaitu siap berada di lautan beberapa minggu bahkan bulanan.

Besaran Gaji ABK Kapal Tanker Tebaru

Besaran Gaji ABK Kapal Tanker Tebaru

Selain risiko tersebut nantinya juga banyak risiko yang bisa didapatkan lainnya jika anda menjadi serang ABK, apa lagi ini merupakan kapal tanker atau kapal pembawa minyak. Tentunya memiliki tanggung jawab dan pekerjaan yang lebih berat lagi.

Gaji ABK Kapal Tanker

Gaji ABK Kapal Tanker

Tidak heran jika sebuah gaji dari ABK kapal cukup tinggi atau besar, karena risiko, tugas, dan tanggung jawab yang besar pula. Nah untuk gaji ABK tanker sendiri bisa tembus di angka 24 – 26 jutaan, dimana itu juga merupakan penghasilan awal.

Jika sudah berpengalaman pastinya gaji juga bisa lebih dari itu, sehingga pastinya setiap ABK kapal akan memiliki gaji yang berbeda. Tidak hanya itu saja, kebijakan dari perusahaan juga nantinya akan menentukan besaran gaji yang didapatnya.

Jika perusahaan kapal tanker tersebut besar dan sudah ternama maka gaji akan terbilang cukup tinggi juga. Besaran gaji ABK tersebut sebanding dengan risiko yang tadi sudah disebutkan diatas, dimana tanggung jawab sangat besar.

Peran & Tanggung Jawab ABK

Peran Tanggung Jawab ABK

Nah setelah mengetahui besaran sebuah gaji yang didapatkan oleh ABK kapal minyak, anda juga harus mengetahui mengenai peran dan tanggung jawab seorang pelaut atau anak buah kapal. Berikut beberapa peran dan tugas yang sudah menjadi kewajibannya:

  • Siap berjaga serta memastikan jika tidak ada kapal lain. Dimana dalam hal ini nantinya ABK akan dibantu dengan bantuan alat navigasi.
  • Memeriksa atau memberikan perawatan kapal secara rutin seperti membersihkan karat atau mengecat geladak. Tidak hanya itu saja, pemeriksaan lainnya juga harus dilakukan.
  • Memastikan semua alat-alat keselamatan, tersedia pada kapal.
  • Membuat rute peta pelayaran dan memastikan perjalanan sesuai dengan rute yang telah ditentukan.
  • Mengaktifkan alat komunikasi untuk berkomunikasi dengan pihak berhubungan, sehingga akan mencegah kapal dari masalah.
  • Membaca alat pengukur untuk memastikan tingkat cairan hidrolik, tekanan udara maupun oksigen.
  • Menjaga segala kebersihan bagian kapal tanker tersebut.
  • Melakukan pengangkatan serta pembongkaran hasil yang didapat dari laut tersebut.

Nah mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai gaji dari ABK kapal. Dimana gaji ABK tersebut akan berbeda dengan gaji nahkoda atau ABK lainnya, dimana setiap ABK memiliki hasil tugas masing-masing. Mungkin itu saja yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.