Daftar Gaji Teknisi Pesawat di Indonesia Terbaru 2020

Gaji Teknisi Pesawat – Memang menjadi seorang pilot, masinis, nahkoda merupakan sebuah profesi yang menggiurkan karena memiliki gaji terbilang cukup besar, namun Pilihprofesi akan membahas gaji dari salah satu orang terpenting di salah satu maskapai penerbangan. Ya seorang teknisi pesawat terkadang terabaikan keberadaannya, namun perannya atau tugasnya tidak kalah penting seperti pilot.

Teknisi pesawat memiliki peran besar didalam dunia penerbangan, sama seperti halnya mobil, motor atau kendaraan lainnya, pesawat juga harus dicek sebelum digunakan agar tidak terjadi hal tidak diinginkan ketika sedang beroperasi di udara. Nah peran teknisi tersebut sangatlah penting, oleh karena itu jangan pernah sekali-sekali meremehkan seorang teknisi pesawat.

Menjadi seorang teknisi pesawat memiliki tanggung jawab sama besarnya seperti seorang pilot, teknisi menjadi orang yang bertindak menopang keselamatan pesawat pada saat atau sesudah mulai beroperasi. Oleh karena itu seorang teknisi pesawat membutuhkan pendidikan khusus dan sebuah lisensi khusus sebelum menjabat menjadi seorang teknisi pesawat yang handal dan di percaya oleh pihak maskapai.

Tak heran juga gaji yang di dapat oleh para teknisi pesawat juga terbilang cukup tinggi dan menggiurkan, mungkin itu tadi lisensi dan pendidikan khusus bisa menjadi alasan utama mengapa gaji dari seorang mekanik pesawat cukup tinggi. Bisa di katakan upah mekanik pesawat melebihi gaji seorang PNS golongan 2 dan gaji PNS golongan 3A, mungkin hal itulah yang menjadikan banyak orang berkeinginan menjadi teknisi pesawat.

Daftar Gaji Teknisi Pesawat Terbaru

Gaji Teknisi Pesawat Terbaru

Siapa sangka pekerjaan menjadi teknisi pesawat banyak dicari, namun untuk menjadi teknisi dari kendaraan udara sendiri harus memiliki sebuah basic skill didunia teknik. Oleh karena itu menjadikan teknisi benar-benar orang yang memiliki keahlian khusus dan tingkat ketelitian cukup tinggi, untuk menjamin keamanan para penumpang pesawat tersebut nantinya jika sedang beroperasi.

Gaji Teknisi Pesawat

Gaji Teknisi Pesawat

Menjadi seorang teknisi dimana memiliki tugas utama yaitu memastikan bahwa pesawat berada dalam kondisi yang bagus dan tidak terkendala apapun nantinya, merupakan pertanggung jawaban yang sangat besar. Jika hendak terbang sebuah pesawat harus berada dalam kondisi siap terbang dan bebas dari segala masalah.

Tidak hanya memperbaikinya saja tugasnya, seorang teknisi juga melakukan perawatan, baik mulai dari mesin pesawat, sistem elektronik, sampai komponen-komponen penting lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut, menjadikan besaran upah dari teknisi yang sudah senior bisa mencapai sekitar Rp 20.000.000 bahkan bisa lebih dari itu tergantung dengan memegang rating minimal 3 tipe pesawat atau lebih.

Nah untuk besaran gaji seorang engineer pesawat saja sudah termasuk rata-rata gaji teknisi di maskapai penerbangan di Indonesia. Dari gaji mekanik pesawat tersebut, jadi bisa menyimpulkannya yaitu bahwa besaran gaji teknisi dipengaruhi oleh rating dan pengalamannya di dunia kerja sudah berapa lama. Untuk gaji teknik penerbangan pemula atau fresh graduated, besaran gajinya bisa mencapai angka Rp 5.000.000 atau lebih tergantung dengan kemampuan dan jam terbang.

Syarat Menjadi Teknisi Pesawat

Syarat Menjadi Teknisi Pesawat

Nah ini adalah kesempatan bagi para orang yang memiliki keahlian teknik untuk bisa menyalurkan kemampuannya untuk bekerja di bidang yang masih satu aliran ini. Biasanya dari pihak maskapai akan memberitahukan informasi mengenai perekrutan teknisi baru jika sedang dibutuhkan, oleh karena itu bagi anda yang ingin sekali menjadi teknisi di salah satu maskapai di Indonesia agar senantiasa menunggu dan mengetahui informasi perekrutan tersebut.

Namun sebelum mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mengetahui syarat diperlukan untuk menjadi seorang teknisi/mekanik/engineer di sebuah maskapai penerbangan. Untuk aturan kedirgantaraan Indonesia sendiri yaitu dengan dinyatakannya :

  • Memiliki Basic Certificate for Aircraft Maintence (BCAM).
  • Sudah mengikuti kepelatihan teknik atau memiliki masa kerja di bidang teknik tertentu dengan lama waktu tertentu.
  • Sudah mengikuti Type rating training + OJT suatu pesawat
  • Sudah dinyatakan lulus ujian tulis dan oral (Bila Type rating course tersebut belum DGCA Approved).
  • Serta beberapa dokumen lainnya seperti ijazah dan dokumen penting lainnya sebagai tanda bukti.

Nah itu dia besaran gaji dari seorang mekanik di maskapai Indonesia yang dapat Pilihprofesi sampaikan. Apakah setelah sudah mengetahui gajinya apakah berminat?. Mungkin itu saja yang dapat disampaikan semoga informasi mengenai gaji ini dapat bermanfaat dan berguna untuk semua.