Gaji Pramugari Garuda : Syarat, Besaran Gaji, Resiko 2020

gaji pramugari garuda – Memang saat ini menjadi seorang pramugari terbilang cukup banyak diinginkan oleh perempuan di Indonesia, salah satunya yaitu dengan menjadi pramugari Garuda Indonesia, berkeliling dunia dan di berikan gaji cukup besar menjadikan siapapun tidak menginginkan pekerjaan seperti ini. Untuk bicara gaji sendiri cukup terbilang besar serta tidak kalah dari gaji pilotnya, mungkin hal itulah menjadikan banyak perempuan di negara ini berkeinginan menjadi seorang pramugari.

Sebelum berlanjut membahas mengenai besaran dari gaji pramugari Indonesia, alangkah baiknya membahas sedikit reputasi dari maskapai Garuda ini, menjadi salah satu maskapai terbaik di Indonesia sehingga sudah banyak sekali penumpang percaya dengan pelayanan diberikan oleh pihak maskapainya itu sendiri. Sampai-sampai pada tahun 2014 Garuda Indonesia mendapatkan Passenger Choice Award dalam wilayah atau kategori Asia dan Australia.

Sehingga tak perlu diragukan lagi mengenai pelayanan dan produk diberikan dari Garuda ini, hal itu tak lepas dari peran pramugarinya yang sangat baik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpangnya. Hal itu menjadikan gaji pramugari terbilang tinggi setiap bulannya, tidak hanya itu tunjangan lainnya didapat oleh seorang pramugari juga terbilang besar.

Tidak hanya dikenal menjadi salah satu yang terbaik, Garuda Indonesia juga dikenal selalu memberikan potongan harga tiket kepada pegawainya termasuk pramugari pada saat melakukan bepergian. Hal itu juga berlaku kepada keluarga inti dari pramugari tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya prioritas dari pegawainya juga sangat diperhatikan oleh maskapai Garuda ini.

Gaji Pramugari Garuda Indonesia Terbaru

Gaji Pramugari Garuda Indonesia Terbaru

Konon katanya gaji pramugari dari maskapai Garuda masuk di angka puluhan juta, apakah itu betul?. Bagi anda yang penasaran mengenai besaran gaji diterima setiap bulannya oleh seorang pramugari Garuda, simak terus sampai akhir agar anda mengetahuinya dan menambahkan wawasan mengenai gajinya.

Gaji Pramugari

Gaji Pramugari

Menjadi salah satu maskapai terbaik di Indonesia pastinya dari pihak Garuda juga memberikan banyak sekali hal kepada para pegawainya, salah satunya mengenai besaran gaji seorang pramugarinya. Bisa dibilang gaji di berikan pada pramugari di maskapai Garuda terbilang cukup memuaskan dan terbilang cukup tinggi.

Untuk para pelamar yang baru saja lolos mengikuti tes-tes yang telah di berikan oleh pihak maskapai dan sudah pasti di terima menjadi salah satu pramugarinya, nantinya akan memperoleh tranning pendidikan menjadi pramugari handal. Pada saat training tersebut dan baru masuk itu di berikan gaji sebesar Rp 15.000.000 perbulannya diluar beberapa tambahan lain-lainnya.

Selain itu pramugari tersebut akan mendapatkan sebuah konpensasi berupa tiket gratis pulang pergi, tak hanya itu keluarga inti juga di gratiskan. selain itu akomodasi selama di tempat tujuan juga disediakan hotel atau tempat penginapan dimana pesawat Garuda tersebut mendarat atau bersinggah.

Untuk gajinya sendiri akan terus meningkat dengan semakin banyaknya jam terbang yang dimiliki, hal itu menjadikan semakin senior pramugari tersebut gajinya dibilang semakin besar. Gaji pramugari senior di maskapai Garuda bisa mencapai angka Rp 30.000.000 perbulannya, itu juga belum dengan tunjangan-tunjangan dan lain-lainnya pastinya akan menambah besar lagi uang yang didapat setiap bulannya.

Faktor Yang Menentukan Besaran Gaji

Perlu di ketahui beberapa faktor yang menentukan gaji pramugari dari maskapai Garuda indonesia juga berbeda-beda sehingga gaji diatas bisa mendapat lebih dari angka segitu. Berikut beberapa pertimbangan utama maupun tambahan tersendiri bagi seorang perekrut dari maskapai Garuda tersebut menentukan besaran gaji pramugari:

  • Jabatan dan tanggung jawab yang diemban dari sang pramugari.
  • Pendidikan terakhir ataupun tingkatan sertifikasi juga sangat pengaruh mengenai besar kecilnya gaji perbulannya.
  • Golongan pada struktur instansi.
  • Masa kerja atau waktu masa dinas di dalam maskapai tersebut.
  • Kompetensi.
  • Kemampuan profesional.
  • Pengalaman kerja sebelumnya juga akan menjadi salah satu faktor dimana besaran gaji juga ditentukan.

Resiko dihadapi Pramugari

Resiko dihadapi Pramugari

Sebelum ingin mendaftarkan diri untuk menjadi seorang pramugari, terlebih dahulu untuk mengetahui resiko di dapat nantinya. Memang semua pekerjaan memiliki sebuah risikonya sendiri- sendiri, nah pramugari juga memiliki sebuah resiko sendiri yang harus siap di terima nantinya jika sudah resmi menjadi seorang pramugari.

Dibalik penampilannya selalu harus tampil dengan sebuah paras cantik dan kondisi kesehatan prima sehingga siap menjalankan tugasnya secara profesional. Penampilan dari ujung kepala sampai ujung kaki yang harus tampil sempurna membuat banyak para orang memiliki persepsi jika seorang pramugari tidak ada cacatnya dan juga tidak ada risikonya.

Memiliki bentuk tubuh ideal menjadikan sebuah tantangan tersendiri bagi pramugari, selain itu ada juga maskapai di Indonesia juga tidak memperbolehkan pramugarinya menggunakan kacamata. Hal itu menjadikan banyak orang pramugari tersebut harus berkontak secara langsung saat bertugas dengan para penumpangnya.

Resiko selanjutnya yaitu siap dalam kondisi apapun, hal itu menjadikan seorang pramugari harus memiliki sebuah mental kuat. Terlagi jika sedang mendapatkan situasi bahaya dimana pramugari tersebut juga harus menenangkan penumpang-penumpang yang ada di dalam pesawat tersebut.

Selain harus memiliki mental kuat, juga harus siap menghadapi kondisi darurat apapun, pramugari juga harus dituntut terlatih menghadapi berbagai penumpang dengan karakter dan keunikan berbeda. Karena setiap penumpang memiliki karakter yang berbeda sehingga setiap pramugari harus benar-benar sabar menghadapinya.

Risiko sangat dirasakan sekali seorang pramugari yaitu soal waktu, bagaimana tidak pramugari yang terbang kesana kemari pastinya meninggalkan seorang keluarga. Hal itu menjadikan pramugari harus siap jauh dengan orang-orang yang di cintainya, mungkin itu menjadi resiko terberat selain harus menjamin keselamatan para penumpangnya.

Persyaratan Menjadi Pramugari Garuda

Persyaratan Menjadi Pramugari Garuda

Nah sebelum berkeinginan menjadi seorang pramugari pastinya anda diwajibkan untuk mengetahui persyaratan diperlukan untuk bisa menjadi salah satu maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, tidak terkecuali Garuda Indonesia. Berikut persyaratan harus dilengkapi jika ada dari anda tertarik untuk menjadi pramugari Garuda Indonesia, kebanyakan persyaratan maskapai di Indonesia sebagai berikut:

  • Perempuan sudah pasti, namanya saja pramugari.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Siap mengikuti sebuah kelas Flight Attendan Training (FAT) dengan mengeluarkan biaya tertentu.

Jika dirasa sudah siap untuk persyaratan diatas terpenuhi, calon pramugari juga harus menyiapkan persyaratan FAT tersebut:

  • Belum menikah.
  • Sehat jasmani & rohani.
  • Memiliki penampilan menarik.
  • Memiliki pribadi baik.
  • Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun, pada saat pendaftaran.
  • Tinggi badan minumum 158 cm serta maksimum 172 cm, untuk berat badan sendiri ideal dan postur tubuh proporsional.
  • Pendidikan terakhir minimum SMA/SMK/Sederajat lebih diutamakan lulusan D3 keatas.
  • Lancar berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris baik itu secara lisan atau tulisan.
  • Tidak berkacamata.

Tahapan Seleksi

Jika sudah dirasa melengkapi syarat di atas kemudian lanjut dengan tahap-tahapan seleksi. Tahapan seleksi menjadi pramugari seperti berikut:

  • Pengukuran tinggi dan berat badan.
  • Psikotes.
  • Uji kemampuan berbahasa asing.
  • Cek latar belakang juga wawancara kompetensi.
  • Cek medis.
  • Pemantauan terakhir.

Pada saat tahap seleksi dilakukan jangan lupa persiapkan hal-hal berikut dan dokumen-dokumen lain yang nantinya dibutuhkan.

  • Wajib mengisi formulir pendaftaran secara online di situs resmi dari maskapai Garuda Indonesia.
  • Menggunakan pakaian dimana nantinya sudah di tentukan (baju sampai sepatu).
  • Membawa dokumen seperti:
  • Curriculum Vitae.
  • Fotokopi KTP, SKCK, Akta Kelahiran, KK, ijazah terakhir.
  • Pas foto 3 x 4 dengan background warna merah (1 lembar/dibutuhkan).
  • Foto seluruh badan dengan background (1 lembar/dibutuhkan).

Memang menjadi salah seorang pramugari menjadi profesi banyak di idamkan oleh para perempuan, selain memiliki sebuah profesi cukup terpandang di masyarakat kita ini. Menjadi seorang pramugari di Garuda juga memiliki gaji terbilang cukup tinggi dan memiliki banyak keistimewaan lainnya. Semoga informasi gaji dan persyaratan disampaikan Pilihprofesi untuk menjadi pramugari di Garuda Indonesia bisa bermanfaat dan berguna bagi semuanya.