3 Tugas Administrasi Samsat & Cara Kerja Terbaru

Advertisements

Tugas Administrasi Samsat – Sistem Manunggal Satu Atap atau yang biasa disingkat Samsat adalah salah satu sistem kerjasama antara Dinas Pendapatan Provinsi, Polri, dan PT Jasa Raharja guna melayani pelayanan untuk penerbitan STNK serta Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Pelayanan terpadu dalam penyelenggaraan Identifikasi dan Registrasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, serta pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dulu sebelum adanya kantor Samsat masyarakat akan melalui tiga tahapan untuk dapat memperpanjang STNK, masyarakat harus mendatangi tiga kantor diantarnya kantor pajak guna membayar Pajak Kendaraan Bermotor, kemudian mendatangi kantor Asuransi Jasa Raharja guna membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dan terakhir masyarakat harus mendatangi ke kantor polisi Lalu Lintas guna memperoleh STNK karena ketiga kantor belum terintegrasi maka memakan proses yang lama.

Tujuan adanya Samsat yaitu untuk memberikan pelayanan secara terintegerasi dan terkoordinir dengan tepat, cepat, transparan, akuntabeel secara informatif.Kantor Samsat biasanya terletak di lingkungan Kantor Polri setempat atau di sekitar lingkungan Satlantas/Ditlantas Polda setempat, Samsat juga terdapat di masing-masing Provinsi dan memiliki unit pelayanan di setiap kota/kabupaten.Kantor bersama Samsat merupakan wadah bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berbidang di lalu lintas.

Dirlantas polda untuk registrasi dan indentifikasi kendaraan bermotor merupakan Fungsi kepolisian guna memberikan legitimasi serta asal usul dan kelayakan, kepemilikan kendaraan, dan pengoperasian ranmor guna memberikan fungsi forensik kepolisian, kontrol serta pelayanan untuk masyarakat melalui pencatatan, pendataan, penomoran, verivikasi, pemberian bukti registrasi, pengarsipan, pemberian informasi, dan penerbitan. Hal itu merupakan fungsi dari Dirlantas polda yang menangani tentang kendaraan.

Advertisements

Daftar Tugas Administrasi Samsat Terbaru

Tugas Administrasi Samsat

Advertisements

Semakin berkembangnya jaman dan teknologi yang makin canggih maka sekarang Ditlantas Polda telah menyediakan beberapa alternatif untuk masyarakat yang ingin melakukan proses pengesahan,pembuatan atau perpanjang kelengkapan surat kendaraan bermotor itu semua bertujuan untuk memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu repot mengantri dan menunggu lama, kemudahan itu tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat. dengan adanya teknologi ini pemerintah berharap sudah tidak ada lagi alasan telat  perpanjang SIM, STNK dan lain sebagainya karena pemerintah telah memberi kemudahan prosesnya.

Tugas Administrasi SAMSAT Terbaru

Tugas Administrasi SAMSAT Terbaru

  1. Untuk Ditlantas Polda melayani berbagai layanan seperti Registrasi Ranmor baru, registrasi pepanjangan Ranmor, registrasi perubahan identitas pemilik dan Ranmor, pemblokiran dokumen regident Ranmor yang berkaitan dengan tindak pidana, penggantian dokumen regiden Ranmor, dan penghapusan nomor registrasi Ranmor
  2. Adanya pelayanan Dispenda yaitu menerima serta mengelola pembayaran pajak kendaraaan yang termasuk kedalam Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.Hasil dari penerimaan PKB paling sedikit 10%, itu sudah termasuk dibagihasilkan untuk kabupaten atau kota, dan dialokasikan guna pembangunan ataupun pemeliharaan moda serta sarana trasnportasi umum.
  3. Sedangkan PT Jasa Marga bertugas menerima serta mengelola pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan yaitu terdiri dari SWDKLL yang merupakan sumbangan wajib tahunan yang harus dibayar oleh pemilik dari Ranmor itu sendiri sebagai dana untuk pertanggungan wajib kecelakaan lalu lintas jalan.

Cara Kerja Administrasi SAMSAT

Cara Kerja Administrasi SAMSAT

  1. Samsat Induk/Samsat utama merupakan layanan pertama yang dilakukan masih dengan menggunakan sistem konvesional yang artinya masyarakat sendiri yang harus datang ke Samsat dan harus masuk ke loket-loket yang telah disediakan tersedia dua loket yang pertama loket pendaftaran dan yang kedua loket verivikasi yaitu loket pembayaran dan loket penyerahan.
  2. Samsat Drive THRU merupakan pelayanan untuk wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan hanya cukup melakukan pendaftaran dan melakukan proses pembayaran diatas kendaraan, yang harus disiapkan sebelumnya oleh pemilik kendaraan yaitu dokumen STNK, BPKB, dan KTP asli tidak perlu repot fotokopi, kemudian bergeser ke arah loket kedua guna pembayaran serta pengambilan dokumen baru.
  3. Samsat Keliling adalah pelayanan Samsat yang langsug bertemu dengan masyarakat atau biasa disebut sistem jemput bola, biasanya menggunakan kendaraan mobil Samsat dan akan diletakan di tempat keramaian yang strategis seperti pasar atau isntansi yang membutuhkan layanan pembayaran pajak.
  4. Gerai Samsat yaitu pusat pelayanan masyarakat yang bertempat di pelayanan publik ataupun bertempat di kearamain atau berkumpulnya masyarakat seperti mall atau pusat perbelanjaan.
  5. Samsat Kecamatan sesuai dengan namanya merupakan Samsat yang dikembangkan dan berada di kecamatan-kecamatan.
  6. E-Samsat dan Samsat Online merupakan metode baru yaitu masyarakat tidak perlu pergi atau datang langsung ke kantor layanan Samsat guna melakukan pembayaran pajak tahunan dan khusus untuk pajak tahunan pembayarannya dapat dilakukan melalui E-banking atau ATM.

Infromasi diatas mengenai tugas administrasi Samsat dan cara kerja yang ada di Indonesia dan tentunya dibuat untuk memudahkan masyarrakat pengguna kendaraan,sehingga dapat tertib dan bertanggung jawab dengan pajaknya sendiri serta kelengkapan baik itu surat surat seperti BPKB dan STNK dan SIM yang wajib dimiliki setiap pemilik kendaraan. Nah dengan adanya banyak pilihan proses pembayaran anda tinggal memilih metode mana dan layanan apa yang akan anda gunakan. dan jangan lupa baca artikel kami selanjutnya Syarat Perpanjangan Skck Offline & Online.

Advertisements