8 Syarat Menjadi Jurnalis Profesional Bagi Pemula

Advertisements

Syarat Menjadi Jurnalis – Bekerja mungkin menjadi salah satu hal wajib harus dilakukan oleh sesorang. Namun, untuk bisa mendapat pekerjaan itu sendiri perlu atau butuh perjuangan yang cukup ekstra.

Walaupun berbagai profesi saat ini sudah dapat dengan mudah untuk ditemukan, namun masih saja banyak yang belum bekerja. Dengan begitu, maka harus lebih bekerja keras lagi untuk bisa mendapatkan kerjaan.

Namun, pada pembahasan kali ini sendiri pilihprofesi.com bukan akan membahas mengenai lowongan rekrutmen kerjaan. Melainkan akan membahas mengenai syarat diperlukan untuk menjadi jurnalis.

Advertisements

Bagi Anda yang memiliki cita-cita atau impian menjadi jurnalis, maka pembahasan ini sangat berharga. Karena untuk menjadi jurnalis profesional bagi para pemula, harus tahu syarat dasarnya terlebih dahulu.

Syarat Menjadi Jurnalis
Advertisements

Untuk lebih jelas mengenai syarat apa saja yang diperlukan untuk bisa menjadi jurnalis profesional. Berikut akan disampaikan di bawah ini, jadi terus simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir.

Apa Itu Jurnalis?

Apa Itu Jurnalis

Sebelum berlanjut mengenai pembahasan mengenai syarat apa saja yang diperlukan untuk bisa menjadi jurnalis profesional bagi para pemula. Terlebih dahulu untuk tahu apa itu pengertian dari jurnalis.

Di mana jurnalis atau bisa dikenal dengan wartawan adalah sebutan bagi seseorang yang berprofesi melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, serta melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media masa secara teratur.

Syarat Menjadi Jurnalis

Setelah tahu akan pengertian apa itu jurnalis, maka berikut akan disampaikan syarat-syarat unuk bisa menjadi jurnalis profesional. Ada beberapa faktor atau syarat yang perlu diperhatikan, seperti misalnya:

1. Dapat Berkomunikasi

Dapat Berkomunikasi

Syarat mutlak untuk bisa menjadi seorang jurnalis maupun wartawan, tentu saja harus pandai berbicara dan terampil menulis agar mampu menyampaikan informasi secara baik, benar serta tepat.

Dengan begitu, jurnalis dituntut kerja dengan minim kesalahan dalam penyampaian informasi di dapat dari narasumber. Karena bisa berbahaya jika ada kesalahan dalam penyampaiannya.

2. Disiplin Waktu

Disiplin Waktu

Persyaratan berikut untuk bisa menjadi jurnalis profesional bagi para pemula yaitu harus selalu disiplin waktu. Baik itu di saat waktu bekerja maupun di luar waktu kerja, agar nantinya mendapatkan informasi dari narasumber dan pencapaiannya bisa secara maksimal.

3. Mencari Kebenaran Informasi

Mencari Kebenaran Informasi

Seorang jurnalis maupun wartawan tidak boleh langsung mempercayai informasi dari narasumber secara mentah-mantah. Dengan begitu, cek dan ricek jurnalis harus terlebih dahulu informasi yang didapat.

Hal itu menjadikan jurnalis perlu kritis dan mengklarifikasi dengan sumber yang lain untuk mendapatkan informasi akurat. Jika melihat syarat ini, maka bisa dikata masih berkesinambungan dengan syarat di atas mengenai disiplin waktu.

4. Menjaga Kepercayaan

Menjaga Kepercayaan

Seorang jurnalis juga harus menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pembaca. Jika jurnalis melanggar kode etik jurnalistik maupun menyebarkan berita tanpa klarifikasi dari narasumber secara utuh, bisa saja pembaca akan kehilangan kepercayaan atas karya jurnalis dan tidak membaca kembali.

5. Peka

Peka

Seorang jurnalis juga perlu memiliki syara peka terhadap lingkungan atas permasalahan yang muncul. Sehingga nantinya untuk bisa mendapatkan informasi dari nara sumber akan jauh lebih spesifik. Dengan begitu, seorang jurnalis harus kesadaran atau peka tinggi dalam bentuk apapun.

6. Rapih & Menarik

Rapih Menarik

Selain syarat-syarat di atas, untuk menjadi wartawan juga dituntut bisa berpenampilan rapih, menarik, dan sopan sama seperti SYARAT MENJADI TELLER BANK. Agar nantinya narasumber terasa nyaman saat sedang digali informasi yang dibutuhkan.

7. Taat Terhadap Kode Etik

Taat Terhadap Kode Etik

Syarat ini bisa menjadi syarat wajib untuk bisa menjadikan Anda seorang jurnalis profesional. Di mana persyaratan menjadi jurnalis juga harus menaati peraturan-peraturan sudah tertera dalam kode etik jurnalistik. Seperti misalnya, jurnalis tidak akan pernah mau menerima amplop dari narasumber.

8. Terbuka & Berwawasan Luas

Terbuka Berwawasan Luas

Selain syarat tadi, seorang calon jurnalis juga dituntut memiliki berbagai macam latar belakang dan trade record pengalam agar saat bertanya dengan narasumber tidak terlihat bodoh karena tidak mengetahui pembahasan yang sedang dibicarakan.

Mempunyai pikiran terbuka juga merupakan syarat mutlak untuk bisa menjadi seorang jurnalis profesional. Agar nantinya bisa atau mampu berkomunikasi dengan berbagai macam narasumber yang berbeda-beda.

Resiko Menjadi Jurnalis

Resiko Menjadi Jurnalis

Selain pengertian dan persyaratan diperlukan untuk bisa menjadi jurnalis, Anda juga perlu tahu akan resiko apa saja yang diterima nantinya saat memilih jalan dan bekerja menjadi seorang jurnalis. Ada beberapa resiko didapat, seperti:

  • Selalu berpindah-pindah atas kejadian yang ada.
  • Jadwal acara tidak menentu, yang membuat jurnalis harus siap bekerja kapanpun.
  • Dikejar-kejar deadline. Karena jurnalis atau wartawan tidak henti dalam memberikan informasi atau kejadian terbaru.
  • Jarang bertemu akhir pekan atau hari libur.
  • Bekerja yang memiliki sifat menuntut.
  • Penolakan informasi dari narasumber.
  • Bahkan bisa beresiko dengan banyak musuh yang menyebabkan nyawa sampai terancam.

Mungkin itulah informasi dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai syarat apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang jurnalistrik, reporter, wartawan maupun pewarta. Semoga dengan adanya informasi syarat di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi semua.

Advertisements