√ Gaji Tukang Pasang Tali Kapal 2021 : Sertifikat & Non Sertifikat

Gaji Tukang Pasang Tali Kapal – Bekerja dibidang kelautan mungkin menjadi salah satu pekerjaan yang dikenal memiliki penghasilan tinggi. Hal tersebut membuat tidak heran jika banyak orang memiliki cita-cita bekerja di pelayaran.

Seperti misalnya bekerja menjadi tukang cuci piring, chef dan ABK KAPAL saja bisa mendapatkan gaji lebih tinggi dari orang yang bekerja di kantor. Apalagi jika sampai dapat menduduki posisi penting seperti kapten kapal, gaji lebih tinggi tentunya.

Nah, pada kesempatan kali ini sendiri pilihprofesi.com akan menyampaikan informasi gaji dari salah satu profesi di dunia kelautan atau pelayaran. Di mana yang akan di bahas yaitu mengenai gaji tukang pasang tali kapal.

Mungkin pekerjaan ini terlihat sepele dan banyak diremehkan sama halnya dengan tukang parkir kapal laut. Namun siapa sangka gajinya cukup tinggi, lalu berapa uang dapat dikantongi tukang pasang tali kapal itu sendiri? Berikut lebih jelasnya.

Gaji Tukang Pasang Tali Kapal

Gaji Tukang Pasang Tali Kapal

Banyak orang melihat pekerjaan ini memang terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun jika pandangan itu salah, karena menjadi tukang pasang tali kapal tidak hanya mengandalkan fisik yang kuat saja, melainkan dibutuhkan kecerdasan dan pengalamannya.

Hal tersebut harus melihat waktu yang tepat saat memasang atau melepas tali kapal kapan memanglah tidak mudah. Apalagi tambatan dari tali tersebut bukan benda kecil, melainkan kapal-kapal yang memiliki dimensi besar.

Selain kecerdasan, ketepatan, dan pengalaman, ada faktor lain harus diperhatikan saat pemasangan tali kapal. Di mana Anda harus melihat dan memperhatikan arah angin cuaca, jika salah dan meleset sedikit saja maka dapat menjadikan masalah.

Selain itu kemampuan dari seorang tukang pasang tali kapal juga akan dibuktikan saat pelabuhan dalam kondisi ramai. Hal tersebut akan membuat tukang tali kapal harus bekerja lebih teliti dan extra lagi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berbicara mengenai gaji sendiri, para tukang kapal juga akan dibedakan menjadi dua yaitu yang bersertifikat dan tidak memiliki sertifikat. Berikut rincian dari kedua penghasilan tukang kapak itu sendiri.

Gaji Tukang dengan Sertifikat

Gaji Tukang dengan Sertifikat

Tukang pasang tali kapal yang sudah memiliki sertifikat atau bisa dikatakan sudah profesional memang akan memiliki gaji lebih fantastis dan sangat menggiurkan. Para tukang pasang tali kapal tersebut dapat menerima penghasilan Rp 19 juta sebulannya.

Kabar kurang tidak enaknya, di Indonesia belum banyak tukang pasang tali kapal bersertifikat. Sehingga banyak perusahaan-perusahaan yang ada mengimpor tenaga kerja ini dari luar negeri untuk bisa memenuhi kebutuhan pelayarannya.

Gaji Tukang Tanpa Sertifikat

Gaji Tukang Tanpa Sertifikat

Sedangkan untuk tukang tali pasang kapal yang tidak memiliki sertifikat, masih bisa dikatakan memiliki gaji cukup tinggi. Yang mana bisa mendapatkan gaji berkisar dari Rp 6 juta lebih setiap bulannya, sehingga masih bisa dikata gaji tersebut terbilang tinggi.

Angka-angka tersebut bisa dikatakan jika bekerja di pelabuhan-pelabuhan besar atau yang notabene memiliki rutinitas cukup padat. Untuk pelabuhan kecil sendiri terkadang hanya digaji sebesar UMR atau UMP dari daerah pelabuhan itu berada.

Mungkin itulah informasi yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai gaji dari salah satu profesi di pelayaran. Dan bisa dikatakan gaji fantastis tersebut sebanding dengan kinerja dan risiko yang nantinya bisa didapatkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.