4 Cara Menjadi Perwira Kapal Sukses Terbaru 2020

Cara Menjadi Perwira Kapal – Menjadi seorang pelaut hebat mungkin jadi salah satu impian dari banyaknya orang. Apalagi jika pelaut tersebut memiliki posisi penting di kapal tersebut, seperti menjabat sebagai perwira.

Seperti yang anda ketahui sendiri jika menjadi seorang perwira itu sendiri memiliki sebuah tanggung jawab yang besar. Keinginan menjadi seorang perwira sendiri juga tidak terlepas dari gaji yang fantastis dan menggiurkan.

Mungkin faktor dari gaji besar tersebutlah yang akan membuat banyak orang memiliki cita-cita menjadi seorang perwira kapal. Nah pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai cara menjadi perwira kapal.

Dimana mungkin banyak juga muncul pertanyaan seperti ini didalam seorang pelaut atau calon para pelaut. Sehingga nantinya bisa menjadi perwira kapal yang sukses dan bisa bertanggung jawab atas tugas yang di embannya.

Cara Menjadi Perwira Kapal Terbaru

Cara Menjadi Perwira Kapal

Untuk anda yang penasaran akan sebuah cara menjadi seorang perwira kapal yang sukses, berikut ini akan disampaikan caranya di bawah. Jadi terus ikuti dan terus simak ulasan ini sampai akhir agar anda paham dan jelas mengenai cara jadi perwira kapal.

1. Memiliki Mentalitas Pelaut

Memiliki Mentalitas Pelaut

Untuk menjadi seorang pelaut atau perwira handal dan sukses sendiri yaitu harus memiliki jiwa mentalitas yang kuat dan memiliki kegigihan yang tinggi. Ini menjadi salah satu cara yang bisa menunjang keberhasilan anda ketika ingin menjadi seorang perwira kapal sukses.

Dimana mentalitas tersebut akan di uji dengan rintangan alam, seperti berbagai macam cuaca yang tidak bisa di tebak di tengah laut. Selain itu, sudah diketahui sendiri jika seorang pelaut tidak bisa pulang sehari dua hari namun beberapa bulan sekali, sehingga ini akan jauh dengan keluarga.

Nah jika mentalitas tersebut tidak kuat dan tidak di imbangi dengan semangat bekerja yang tinggi. Maka hal tersebut bisa membahayakan diri anda bahkan orang lain yang sama-sama menjadi pelaut di kapal yang sedang menjadi tempat berlayar anda.

2. Memahami Tugas & Tanggung Jawab

Memahami Tugas Tanggung Jawab

Selain mentalitas yang tinggi, cara jadi perwira yang sukses juga memerlukan sebuah tanggung jawab atau tugas dan kewajibannya sebagai perwira. Jika anda sudah bisa memahami dan menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, besar kemungkinan bisa menjadi perwira kapal yang sukses.

Memang jika ingin menjadi perwira handal dan sukses harus terlebih dahulu mengetahui mengenai tanggung jawabnya. Jika sudah bisa mengatahui bertanggungjawab sepenuhnya atas tugas perwira kapal, maka anda bisa menjadi pelaut atau perwira kapal yang profesional dan handal.

3. Siapkan Dokumen Pelaut

Siapkan Dokumen Pelaut

Setelah memenuhi cara dan syarat kedua, maka langkah selanjutnya anda hanya perlu melakukan sebuah perlengkapan dokumen yang diperlukan. Nah untuk menjadi perwira kapal di Indonesia sendiri memiliki 2 jenjang menjadi perwira yaitu:

Cara pertama, yaitu melengkapi dokumen dengan jalur SMK pelayaran seperti SMA/SMK dan lainnya, untuk durasi pendidikan sendiri SMK pelayaran yaitu 3 tahun namun dilanjutkan dengan prola 1 tahun kemudian ikut ujian dari Hubla. Jika sudah lulus nantinya anda akan mendapatkan ijazah dari Depdiknas dan ATT/ANT IV dari Dirjen perhubungan laut.

Cara kedua, yaitu lewat sebuah jalur akademi pelayaran, dimana masuk akademi pelayaran seperti STIP Jakarta, PIP Semarang serta lainnya yang menerima lulusan dari SMA/SLTA/SMK sederajat dan di ajar selama durasi pendidikan 8–14 semester. Setelah lulus dari akademi pelayaran tersebut maka akan mendapatkan ijazah dari Depdiknas dan ATT/ANT III dari Dirjen perhubungan laut.

Nah ijazah tersebutlah yang nantinya menjadi persyaratan dokumen yang perlu untuk mendaftar menjadi calon perwira kapal. Syarat tersebut harus di ikut sertakan jika anda ingin menjadi perwira kapal handal.

4. Lancar Berbahasa Asing

Lancar Berbahasa Asing

Untuk cara menjadi perwira kapal yang sukses dan handal sendiri, perlu di ingatkan yaitu memiliki sebuah kemampuan berbahasa asing yang baik terutama bahasa Inggris. Seperti yang anda ketahui sendiri jika berlayar tidak hanya di perairan Indonesia saja, melainkan perairan dunia.

Dengan begitu, penguasaan bahasa Inggris sendiri sangatlah penting untuk melancarkan diri anda menjadi perwira kapal yang handal dan sukses. Mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai cara menjadi perwira kapal yang handal dan memiliki gaji yang fantastis, salah satu contohnya saja gaji ABK kapal kargo saja tembus puluhan juta dalam sekali berlayar.