Nakhoda Artinya, Tugas, Cara & Syarat Terbaru 2020

Nakhoda Artinya – Nakhoda? Mungkin sebagian dari anda sudah tahu mengenai apa itu nakhoda. Namun tentunya juga masih ada yang belum paham mengenai nakhoda dan bertanya-tanya hal tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan informasi mengenai nakhoda artinya apa sampai syarat jadi seorang nakhoda. Dengan begitu semoga pembahasan artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Nakhoda sendiri ialah salah satu profesi atau pekerjaan seseorang yang berhubungan dengan kapal. Tentunya sudah banyak dari teman, keluarga, atau saudara atau bahkan anda sendiri yang memiliki cita-cita menjadi seorang nakhoda.

Hal tersebut banyak alasannya, dari GAJI NAKHODA yang bisa dikatakan cukup besar. Sampai ada juga yang dari kecil sudah mengidamkan atau memiliki cita-cita menjadi nakhoda perusahaan kapal ternama.

Nakhoda Artinya, Tugas, Syarat Jadi Terbaru

Nakhoda Artinya Tugas Syarat Jadi Terbaru

Sebelum mewujudkan hal tersebut alangkah baiknya anda mengetahui artinya atau pengertian nakhoda, tugas dan tanggung jawab, beserta syarat diperlukan saat ingin jadi seorang nakhoda kapal. Nah untuk lebih jelasnya, simak terus ulasan ini sampai akhir agar anda paham betul.

Nakhoda Artinya

Nakhoda Artinya

Nakhoda ialah pekerjaan seorang yang menjadi pemimpin kapal, dimana istilah kapten juga digunakan bagi nakhoda yang pernah mengawal sebuah kapal saat berlayar. Nakhoda juga disebut juga sebagai perwira laut, dimana memegang komando tertinggi di atas kapal niaga atau kapten kapal.

Menurut UU No 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran, nakhoda sendiri ialah salah seorang dari awak kapal yang menjadi pemimpin tertinggi di kapal. Sehingga nantinya para awak kapal atau anak buah kapal harus mengikuti arahan yang diberikan atau diserukan oleh nakhoda.

Tugas & Tanggung Jawab Nakhoda

Tugas Tanggung Jawab Nakhoda

Untuk tugasnya sendiri nakhoda memiliki tugas yang sudah diatur oleh undang-undang. Jadi undang-undang tersebut sudah mengatur tugasnya, berikut beberapa tugas seorang nakhoda, seperti:

  • Sebagai pemegang kewibawaan umum
  • Sebagai pemimpin kapal
  • Sebagai penegak hukum
  • Sebagai pegawai pencatatan sipil
  • Sebagai notaris

Sedangkan untuk tanggung jawabnya, nakhoda ada beberapa tugas atau tanggung jawab yang perlu laksanakan dan sudah menjadi kewajibannya.

  • Melengkapi kapal secara sempurna.
  • Mengawaki kapal secara layak sesuai prosedur atau ketentuan.
  • Membuat kapal layak berlaut (seaworthy).
  • Bertanggung jawab atas keselamatan pelayaran baik itu ABK dan seluruh penumpangnya.
  • Bertanggung jawab atas keamanan muatannya.
  • Patuh terhadap perintah pengusaha kapal selama tidak menyimpang dari peraturan perundang-undangan berlaku.

 Syarat Jadi Nakhoda

Syarat Jadi Nakhoda

Setelah mengetahui tentang artinya, tanggung jawab dan tugas seorang nakhoda anda juga tentunya penasaran mengenai syarat beserta cara daftarnya. Untuk syaratnya sendiri seperti :

  • Sudah lulus pendidikan formal jadi nakhoda.
  • Penguasaan bahasa asing mahir terutama bahasa Inggris.
  • Dokumen pelaut seperti paspor, dan beberapa dokumen dibutuhkan lainnya.
  • Sertifikat kompetensi jadi nakhoda.

Setelah persyaratan tersebut di dapatkan maka anda sudah bisa mulai untuk mendaftarkan diri anda ke perusahaan kapal yang sedang membuka perekrutan seorang nakhoda. Caranya siapkan dokumen persyaratan yang diperlukan dan langsung temui perusahaan kapal yang membuka perekutan tersebut.

Itulah informasi yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai apa itu artinya nakhoda, tanggung jawab dan tugas nakhoda, beserta syarat jadi nakhoda. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan berguna untuk anda yang bertanya-tanya dan penasaran mengenai apa itu nakhoda.