6 Syarat Menjadi Sekretaris 2021 : Syarat Fisik & Resiko

Syarat Menjadi Sekretaris – Sekretaris? Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda semua. Menjadi salah satu profesi yang terbilang cukup diinginkan oleh banyak orang selain ASMAN, HRD atau posisi penting lainnya dalam perusahaan.

Bahkan bisa dikata jadi seorang sekretaris mendapat gaji tinggi. Tidak heran jika sedang ada rekrutman atau lowongan posisi menjadi sekretaris perusahaan maupun sekretaris pribadi antusiasnya cukup banyak.

Namun, untuk bisa menjadi seorang sekretaris dan memiliki gaji tinggi tersebut, para calon pelamar harus mengetahui secara umum syarat apa saja nantinya dibutuhkan. Karena seperti Anda ketahui sendiri sebelum menikmati hasilnya harus ada perjuangan terlebih dahulu.

Seperti misalnya perjuangan dalam pendaftaran dan melangkapi syarat-syarat dibutuhkan. Sehingga hal tersebutlah nantinya bisa menjadi jalan keberhasilan Anda saat daftar menjadi sekretaris.

Syarat Menjadi Sekretaris

Penasaran akan syarat dibutuhkan jadi sekretaris? Berikut akan disampaikan secara jelas dibawah ini. Jadi terus simak dan pahami pembahasan ini sampai akhir, sehingga Anda tahu syarat-syarat yang diperlukan.

Apa Itu Sekretaris?

Apa Itu Sekretaris

Sebelum berlanjut mengenai apa saja syarat diperlukan untuk bisa jadi seorang sekretaris, maka Anda harus tahu apa itu pengertian dari sekretaris. Di mana sekretaris adalah seorang pegawai atau karyawan yang diberikan tugas dan perkerjaan berhubungan dengan rasahia perusaaan.

Dan seorang sekretaris identik dengan pekerjaan kaum perempuan atau wanita. Tidak heran jika banyak sekretaris peusahaan atau sekretaris pribadi kebanyakan wanita, tidak menutup kemungkinan sekretaris itu juga bisa lak-laki.

Syarat Menjadi Sekretaris

Syarat Umum Jadi Sekretaris

Untuk syarat umum sendiri sebenarnya akan tergantung dengan perusahaan atau orang yang akan menggunakan tenaga dari sekretaris. Jadi tidak semua akan sama, namun secara umum syarat bisa jadi sekretaris sendiri seperti berikut.

1. Pintar & Pengetahuan Luas

Syarat pertama bisa jadi seorang sekretaris diperusahaan maupun sekretaris pribadi, maka calon sekretaris dituntut untuk memiliki kepintaran dan pengetahuan luas. Karena seperti Anda ketahu sendiri jika sekretaris akan bertemu dengan orang (klien) baru dari berbagai latar belakang.

2. Menguasai Bahasa Secara Baik

Lalu masih berkesinambungan dengan syarat pertama, syarat selanjutnya ini seorang sekretaris harus memiliki penguasan bahasa yang baik (bahasa Indonesia, Inggris ataupun lainnya). Karena nantinya sekretaris akan bertemu orang (klien) dari mana saja dengan penguasaan bahasa berbeda.

3. Disiplin

Syarat berikutnya jika Anda berniatan untuk jadi seorang sekretaris, maka harus memiliki jiwa disiplin tinggi. Disiplin di sini banyak cakupannya, dari disiplin dalam pekerjaan, waktu dan keperluan lain yang masih berkaitan dengan pekerjaan di dalam perusahaan atau dengan atasannya.

4. Memiliki Pribadi Baik

Memiliki pribadi baik tentu menjadi syarat mutlak selanjutnya untuk bisa jadi sekretaris di perusahaan atau sekretaris pribadi. Karena pihak perusahaan dan atasan tentu saja menginginkan sekretaris dengan pribadi baik, ramah dan sopan.

5. Memiliki Keahlian & Ketrampilan

Keahlian dan ketrampilan mungkin jadi syarat selanjutnya yang musti Anda miliki untuk bisa jadi sorang sekretaris. Karena seperti Anda ketahui sendiri tugas sekretaris sangatlah banyak. Dengan begitu, kemampuan multitasting nantinya sangat diperlukan untuk menggeluti pekerjaan satu ini.

6. Memiliki Pendidikan Sesuai

Sedangkan untuk syarat pendidikan sendiri, untuk bisa jadi sekretaris tidak menentu. Hal itu kembali kepada perusahaan atau atasan yang memerlukannya. Walaupun pendidikan SMA, jika pengalaman luas dan memiliki kriteria masuk maka bisa saja untuk langsung bekerja.

Syarat Fisik Menjadi Sekretaris

Syarat Fisik Menjadi Sekretaris

Sedangkan untuk syarat fisik sendiri, setiap perusahaan maupun atasan memiliki ketentuan berbeda. Namun yang jelas, syarat fisik sekretaris tersebut harus memiliki penampilan menarik dan energik.

Lalu untuk syarat fisik tinggi badan berapa? Hal seperti itu akan kembali kepada pihak perusahaan, ada perusahaan yang memberlakukan ketentuan sekretaris wanitanya memiliki tinggi badan 155 cm, 160 cm dan ada pula yang 165 cm.

Jadi untuk syarat fisik sendiri, setiap perusahaan akan memberlakukan ketentuan berbeda. Jadi, sebelum mulai untuk mendaftarkan diri untuk bisa jadi sekretaris, maka ketahui dahulu mengenai syarat-syarat diperlukannya.

Resiko Menjadi Sekretaris

Resiko Menjadi Sekretaris

Jika sudah tahu akan syarat-syarat dibutuhkan, Anda juga perlu tahu resiko apa nantinya didapatkan saat sudah menjadi sorang sekretaris. Dan berikut beberapa resiko sering dikeluhkan oleh seorang sekretaris perusahaan maupun sekretaris pribadi:

  • Sering dikira dan dipandang sebelah mata.
  • Kadang sering dituntut berpenampilan dengan pakaian seksi.
  • Banyak pekerjaan, bahkab kerap tidak terduga waktunya (tidak tentu).
  • Tugas banyak, seperti kearsipan yang harus diselasaikan saat itu juga.
  • Dituntut memahami dan mengetahui bahasa.
  • Dibuat pusing dengan urusan perpajakan perusahaan.
  • dan resiko lain.

Seperti itulah informasi dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua, mengenai syarat-syarat menjadi seorang sekretaris. Semoga dengan adanya syarat jadi sekretaris di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi semua.