√ Gaji Stuntman 2021 : Film Hollywod & Indonesia

Gaji Stuntman – Ada banyak profesi dengan penghasilan tertinggi, sedang maupun yang paling rendah. Sebuah profesi bisa menghasilkan cuan yang tinggi dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti faktor ekonomi wilayah, faktor ekonomi tempat kerja, faktor risiko dan lain sebagainya.

Aktor film, sinetron dan bintang iklan, hal yang pertama kali dipikirkan mungkin adalah penghasilan profesi tersebut yang sangat besar. Itu memang benar dan pemikiran seperti itu memang sebuah pemikiran yang wajar, mengingat sebuah film, sinetron dan iklan di buat dengan biaya yang tinggi.

Dibalik kesuksesan film dan membuat aktor serta aktris menjadi ciamik, tahukah Anda bahwasanya ada seorang stuntman yang sangat berpengaruh. Dimana biasanya seorang stuntman akan menggantikan aktor utama untuk melakukan berbagai adegan berbahaya penuh aksi.

Nah, seorang stuntman inilah yang sering kali muncul dalam adegan seperti lompat dari gedung tinggi, aksi kebut-kebutan, berkelahi dan lain sebagainya. Dengan risiko pekerjaan yang tinggi bahkan mempertaruhkan nyawa, kira-kira berapa gaji yang didapat oleh seorang stuntman? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Stuntman ?

Apa Itu Stuntman

Sebelum mengulas terkait gaji stuntman, ada baiknya Anda mengetahui tentang profesi yang satu ini. Stuntman atau lebih dikenal dengan sebutan pemeran pengganti adalah profesi yang ditujukan untuk menggantikan seorang aktor/aktris dalam film, sinetron maupun iklan untuk melakukan adegan berbahaya dan penuh risiko.

Seorang stuntman biasanya tampil di film-film action Hollywod, serta sinetron dan iklan di Indonesia. Orang yang sangat cocok bekerja sebagai seorang stuntman adalah orang yang memiliki passion tinggi dan suka dengan tantangan.

Pekerjaan sebagai seorang pemeran pengganti memiliki risiko amat besar dan bertaruh dengan nyawa. Dengan demikian, wajar saja jika stuntman dikategorikan sebagai PEKERJAAN DENGAN GAJI BESAR.

Tugas Stuntman

Tugas Stuntman

Kebanyakan seorang stuntman dibutuhkan dalam pembuatan film action yang berisi banyak adegan berbahaya. Lalu, apa saja tugas-tugas stuntman? Adapun tugas seorang stuntmant yaitu sebagai berikut ini.

  1. Menggantikan aktor utama ketika terlambat atau tidak hadir.
  2. Menampilkan keterampilan tertentu yang dapat membuat alur film menjadi lebih realistis dan terasa hidup.
  3. Melakukan adegan khusus dalam proses pembuatan film.
  4. Menggantikan aktor utama untuk melakukan adegan berbahaya seperti bertarung, kejar-kejaran mobil, melompat dari atas gedung, menggunakan senapan dan lain sebagainya.

Tugas utama seorang stuntman kebanyakan untuk melakukan adegan atau aksi yang tidak bisa diambil oleh pemeran utama dalam sebuah film. Stuntman bukanlah pekerjaan sembarangan, dimana setiap aksi harus diperhitungkan dengan matang.

Gaji Stuntman

Gaji Stuntman

Penghasilan stuntman bervariasi tergantung tingkat kesulitan dan risiko sebuah aksi. Selain itu, gaji stuntman film Hollywod dan film Indonesia juga berbeda.

Jadi bisa saja stuntman di Indonesia dan di luar negeri memiliki penghasilan yang berbeda jauh. Terlebih lagi, Hollywod merupakan pemroduksi film terbaik tentunya keuntungan yang didapat jauh lebih besar di bandingkan di Indonesia.

Meskipun demikian bukan berarti gaji stuntman di Indonesia kecil, nyatanya stuntman di Indonesi bisa menghasilkan penghasilan puluhan juta dalam sebulan. Adapun gaji stuntman film Hollywod dan Indonesia yaitu sebagai berikut.

Gaji Stuntman Indonesia

Gaji Stuntman Indonesia

Di Indonesia sendiri, seorang stuntman atau pemeran pengganti memiliki honor yang berbeda-beda tergantung production house. Besar kecilnya gaji stuntman juga tergantung distribusinya, apakah sinetron, iklan maupun film.

Distribusi iklan biasanya memberikan penawaran paling tinggi, dimana honor seorang pemeran pengganti untuk iklan sebesar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per hari. Sedangkan, untuk film gaji pemeran pengganti sekitar Rp 1 juta per hari, lebih rendah dari pada iklan karena pembuatan film durasinya cenderung panjang.

Untuk sinetron sendiri honor stuntman berada di kisaran Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu. Tarif tersebut bisa saja naik jika memang aksi yang dilakukan memiliki tingkat kesulitan dan risiko yang tinggi.

Gaji Stuntman Hollywod

Gaji Stuntman Hollywod

Di samping itu, untuk gaji pemeran pengganti di film Hollywod nilainya mencapai angka yang fantastis. Mengingat kebanyakan stuntman disewa untuk melakukan aksi-aksi di film action dengan risiko tinggi.

Honor stuntman di Amerika Serikat sendiri rata-rata mencapai angkan 70.000 USD atau sekitar Rp 1,02 miliar per tahun. Sedangkan untuk pemula, stuntman newbie biasanya akan mendapatkan bayaran sebesar 5.000 USD atau sekitar Rp 72,92 juta per tahun.

Untuk gaji tertinggi seorang stuntman bisa mencapai angka 250.000 USD atau sekitar Rp 3,64 miliar per tahun. Bahkan, ada seorang stuntman yang di bayar 150.000 USD atau Rp 2,18 miliar hanya untuk melakukan satu adegan yaitu melompat dari CN Tower di Kanada dengan ketinggian mencapai 533 meter.

Itulah informasi lengkap dari pilihprofesi.com terkait gaji stuntman Hollywod dan di Indonesia. Dengan gaji sebesar itu, apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang pemeran pengganti. Jika berminat, maka Anda perlu mengasah keterampilan dengan masuk ke sekolah stuntman. Demikian informasi dari kami, sekian dan semoga bermanfaat.