Gaji Youtube 1000 Subscriber Berapa Si?

Advertisements

Gaji Youtube 1000 Subscriber – Gaji seorang youtuber mungkin akhir-akhir ini menjadi salah satu yang banyak di perbincangkan. Di luar masuk akal memang gaji seorang yotuber, gajinya terbilang cukup fantastis dan bisa mengalahkan gaji seorang CEO atau bahkan direktur perusahaan Krakatau Steel.

Namun sebelum sesukses ini pastinya para youtuber juga merasakan perjuangan untuk bisa mencapai kesuksesan di tingkat seperti yang di impikan sekarang. Sebut saja youtuber Indonesia yang saat ini sedang naik daun adalah Atta Halilintar dan juga Ria Ricis dengan gaji cukup besarnya.

Namun pada pembahasan kali ini Pilihprofesi akan membahas mengenai gaji youtube dari 1000 subscriber. Mungkin banyak sekali yang bertanya mengenai hal ini, mengingat gaji fantastis yang diterima oleh para youtuber karena mereka sudah memiliki banyak pengikut atau subscriber.

Dahulunya sebelum sesukses seperti sekarang pastinya para youtuber juga mengalami masa pahit dan getirnya. Setelah kesabaran dan kerja keras menjadikan hasil yang memuaskan, serta benar dengan istilah hasil memang tidak akan menghianati proses dan usaha.

Advertisements

Besaran Gaji Youtube 1000 Subscriber

Besaran Gaji Youtube 1000 Subscriber

Advertisements

Nah sebelum berlanjut mengenai dari mana si kok bisa youtube bisa membayarkan sebesar itu setiap bulannya. Dari manakah uang tersebut?

Penghasilan atau Gaji Youtuber Indonesia

Penghasilan atau Gaji Youtuber Indonesia

Penghasilan youtube ada yang menyebutkan bahwasanya penghasilan youtuber kasarnya mendapatkan 1 USD untuk per 1000 views. Sebenarnya angka tersebut juga tidak bisa di jadikan patokan, karena itu hanya berlaku untuk pasar AS saja serta jika video anda telah ditonton 1000 kali namun tidak mendapatkan sebuah klik ke iklan, maka tidak akan mungkin rasanya mendapatkan 1 USD.

Selain itu konten juga sangat berpengaruh terhadap kepada gaji yang bisa di dapatkan oleh anda setiap bulannya. Sebagai contoh saja klik pada konten pembahasan mengenai smartphone akan jauh lebih tinggi dari pada, klik dengan konten yang kurang memiliki pasar seperti video puisi dan sejenisnya. Dengan begitu semakin besar atau mahal harga klik menjadikan gaji anda juga akan semakin besar pula.

Mungkin di antara banyak para youtuber yang mengeluhkan bahwa jumlah views videonya sudah cukup banyak bahkan mencapai angka puluhan ribu. Namun pendapatan atau gaji yang di terimanya masih di angka belasan dollar atau bahkan bisa dibawah angka 10 dollar. Kenapa bisa begitu ya?

Mungkin hal itu terjadi dikarenakan di Indonesia memiliki Effective Cost Per Mille yang cukup rendah dari pada di negara lain. Di negara Amerika Serikat bayaran per 1000 views nya bisa tembus sampai 1 sampai 7 USD, hal itu jauh lebih mahal dari pada youtuber di Indonesia.

Di negara Indonesia ini sendiri, perhitungan kasarnya yaitu anda bisa mendapatkan sekitar 7000 rupiah per 1000 views. Jika begitu, video atau konten yang anda buat bisa sampai mendapat 1 juta views, pendapatan uangnya bisa sampai 550 USD atau sekitar 7 jutaan.

Besaran tersebut hanya sebuah perkiraan, sehingga lebih realistis dibandingkan 1 USD per 1000 views dan angka tersebut bisa diperoleh berdasarkan dua faktor penting dalam penayangan iklan yaitu CPM (Cost per Mille) dan CPC (Cost per Click).

Bayaran Biaya 1000 views dan Biaya per Klik

Biaya per seribu tayang sendiri ialah uang yang dihasilkan dari 1000 view ke video atau konten anda, untuk youtuber Amerika sendiri biaya per seribunya bisa mencapai 2 USD. Sedangkan untuk pasar Indonesia sendiri biaya per seribu biasanya berada di angka 0,5 USD untuk per 1000 views, bisa di katakan hanya Rp 7.000 per 1000 tayangan.

Untuk biaya per klik sendiri uang yang dihasilkan per klik iklan pada video di channel anda, untuk youtuber Indonesia sendiri di angka Rp 5.000 saja. Dan pada seribu tayangan anda biasanya hanya mendapatkan 3 klik saja, mungkin itu juga berpengaruh terhadap penghasilan atau gaji anda dari channel yang di buat.

Mengetahui Penghasilan Youtuber

Bagi anda pasti bertanya-tanya dan penasaran pada para youtuber sukses kok bisa membeli ini itu, dengan harga yang terbilang diluar nalar atau mahal. Dibalik rasa penasaran anda, semua barang-barang bermerk yang bisa dibeli oleh youtuber pastinya merupakan hasil dari youtube tersebut. Untuk bisa menyimpulkan dan bisa mengetahui berapa si penghasilannya, anda bisa langsung saja cek di socialblade.com, semua bisa diketahui didalamnya dari grade, estimasi penghasilan perbulan bahkan pertahun.

Gaji 1000 Subsriber

Gaji 1000 Subsriber

Setelah mengetahui besaran dari biaya seribu tayangan dan per kliknya anda bisa menyimpulkan sendiri besaran gaji yang di dapatkan oleh para youtuber. Memang youtube tidak seperti dahulu, dimana pada tahun 2016 sebelum terdapat sebuah penerapan baru, untuk daftar diterima monetisasi youtube hanya dengan 1.000 view pun sudah diterima dan bisa menghasilkan.

Namun setelah ada peraturan baru yang di terapkan mulai 10 Desember tahun lalu, menyatakan bahwa para youtuber harus atau wajib sudah 4000 jam tayang dan 1000 subscriber baru bisa dinyatakan diterima maupun di tolak. Untuk penghasilannya sendiri belum bisa di cairkan jika masih di bawah 1000 subscriber. Untuk gajinya sendiri anda sudah bisa mengetahuinya atau menghitungnya setelah mengetahui beberapa hal diatas sebelumnya. Oleh karena itu anda bisa perkirakan penghasilan channel anda sendiri.

Nah itu dia beberapa besaran gaji dan juga penghasilan youtuber itu dari mana saja yang bisa Pilihprofesi sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.

Advertisements