√ Gaji Pengawas Proyek Per Bulan Setiap Wilayah 2021

Gaji Pengawas Proyek – Pengawas kontruksi atau proyek merupakan penyedia jasa perseorangan atau badan usaha yang mempunyai keahlian profesional di bidang pengawasan jasa proyek kontruksi dari awal pelaksanaan pekerjaan hingga selesai.

Di Indonesia sendiri, ada banyak orang yang berprofesi sebagai pengawas proyek. Bahkan profesi ini cukup diminati oleh banyak orang, terutama untuk mereka yang memang hobi dan suka dengan pekerjaan yang berkaitan dengan kontruksi.

Tugas pengawas proyek ini hampir serupa dengan TUGAS ARSITEK, dimana tugas utamanya yaitu mengawasi dan mengevaluasi pekerjaan kontruksi. Lantas, berapa sih kira-kira gaji yang diterima oleh pengawas proyek per bulan di Indonesia?.

Berbicara soal pekerjaan memang tak pernah jauh dari yang namanya gaji atau upah pekerja. Nah, untuk informasi gaji pengawas proyek per bulan sendiri, bisa kalian ketahui nilainya dengan menyimak ulasan mendalam dari pilihprofesi di bawah ini.

Gaji Pengawas Proyek

Gaji Pengawas Proyek

Menyinggung sal gaji pengawas proyek memang tidak memiliki ketentuan pasti, dimana nominalnya bisa berapapun. Itu berbanding dengan terbalik dengan BESARAN GAJI ARSITEK yang nilainya bisa ditentukan secara pasti dengan hanya sedikit perbedaan.

Berbagai faktor, bisa mempengaruhi besar kecilnya penghasilan seorang pengawas proyek. Bisa saja faktor tingkat UMK maupun UMR wilayah, faktor risiko kerja ataupun faktor lain seperti kinerja, kualitas, kecepatan, keahlian dan lain sebagainya.

Umumnya, seorang pengawas proyek bisa menghasilkan setidaknya Rp. 24 juta dalam satu tahun dan itu pun berada di wilayah dengan nilai UMK dan UMR yang rendah. Adapun perkiraan terkait gaji pengawas proyek di Indonesia yaitu sebagai berikut.

Gaji Rata-Rata Per Bulan

Gaji Rata Rata Per Bulan

Untuk gaji rata-rata pengawas proyek di Indonesia yaitu sekitar Rp. 3.250.000 – Rp. 4.950.000 per bulan. Dalam setahun, gaji yang diperoleh pengawas kontruksi sekitar Rp. 59.400.000 atau sekitar Rp. 30.462 per jam.

Sedangkan untuk pengawas pemula upah yang diterima berada di kisaran Rp. 39.000.000 per tahun. Sementara, bagi yang sudah berpengalaman dan pengawas profesional bisa mendapatkan upah sekitar Rp. 100.980.000 per tahun atau sekitar Rp. 8.415.000 per bulan.

Meskipun demikian, di beberapa wilayah dengan nilai UMK dan UMR rendah, seorang pengawas proyek bisa meraup penghasilan sekitar 2,5 juta per bulan. Dari sini bisa disimpulkan bahwasanya besar kecilnya penghasilan pengawas proyek bisa berpengaruh oleh nilai UMK dan UMR wilayah ia bekerja.

Gaji Tertinggi Per Wilayah

Gaji Tertinggi Per Wilayah

Berikut akan kami singgung gaji pengawas kontruksi di beberapa wilayah Indonesia dengan nilai tertinggi. Adapun beberapa kota dengan gaji tertinggi di Indonesia untuk posisi pengawas kontruksi yaitu sebagai berikut.

  • Bandung : Rp. 5.336.000
  • Jakarta : Rp. 4.565.000
  • Tangerang : Rp. 4.047.000
  • Surabaya : Rp. 3.871.000

Itulah sejumlah wilayah di Indonesia dengan gaji tertinggi untuk profesi pengawas kontruksi. Nah, pengawas proyek di setiap wilayah mungkin akan mendapatkan upah yang berbeda-beda.

Karena memang ada banyak faktor yang dapat menentukan besaran gaji sebuah profesi dan untuk posisi pengawas sendiri nilai UMK dan UMR setiap wilayah menjadi faktor utama penentu tingkat nilai penghasilan yang diperoleh.

Tugas Pengawas Proyek

Tugas Pengawas Proyek

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi penghasilan pengawas proyek yaitu kinerja dan pengalaman. Jika seorang pengawas proyek memiliki kinerja yang baik, profesional dan berpengalaman kemungkinan besar pengguna jasa bisa memberikan upah lebih tinggi dan bahkan bisa mendapat uang tambahan dari kontraktor.

Oleh sebab itu, untuk lebih meningkatkan kerja lapangan, ada baiknya untuk menguasai dan memahami setiap tugas. Berikut adalah tugas-tugas pengawas proyek.

  1. Mengevaluasi dan memonitoring realitas fisik serta finansial untuk menilai efisiensi sekaligus efektifitas secara kuantitatif apakah sudah sesuai rencana kerja atau belum.
  2. Meneliti serta mengevaluasi kondisi proyek dan memberikan saran atau pengarahan, apabila terdapat permasalahan yang berpengaruh terhadap kemajuan proyek.
  3. Menginformasikan temuan-temuan di lapangan serta memberikan saran konstruktif kepada manajemen.
  4. Memeriksa dan memastikan kualitas struktur, keamanan secara umum dan kesesuaian dengan kode dan spesifikasi.
  5. Menguji fasilitas atau instalasi untuk memastikan dampak terhadap lingkungan.

Nah, itulah informasi seputar gaji pengawas proyek yang dapat pilihprofesi.com sajikan. Dengan mengetahui, informasi penghasilan pengawas proyek tentunya itu bisa menjadi acuan penghasilan yang akan diperoleh jika ingin bekerja sebagai pengawas proyek. Sekian, semoga informasinya bermanfaat.