√ Gaji Desain Interior Per Bulan 2021 : Indonesia & Luar Negeri

Gaji Desain Interior – Desainer? atau orang yang memiliki kemampuan untuk merancang sesuatu. Siapa sangka gaji yang didapat per bulannya terbilang tinggi dan cukup menggiurkan.

Tidak heran jika banyak sekali anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah bercita-cita masuk universitas jurusan desain interior. Baik itu desainer grafis, fashion, industri, mebel atau interior.

Lalu berapa sebenarnya gaji per bulan yang didapatkan? Jika penasaran, pada pembahasan ini pilihprofesi.com akan sampaikan informasi gaji dari desain interior. Mungkin banyak yang sudah tahu tugasnya namun belum mengenai gajinya.

Yang mana tugas utama dari seorang desain interior yaitu mendesain interior agar bisa menjadi ruangan yang memiliki nilai estetis. Nilai ini sendiri sesuai dengan permintaan dari klien.

Gaji Desain Interior Per Bulan Indonesia Luar Negeri

Nah, jika penasaran besaran gaji per bulannya, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Dengan begitu, bagi Anda yang ingin tahu penghasilan dari desain interior bisa simak pembahasan ini sampai akhir.

Apa Itu Desain Interior?

Apa Itu Desain Interior

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai penghasilan dari seorang desain interior, alangkah baiknya Anda tahu apa itu desain interior. Dimana desain interior adalah salah satu cabang seni rupa yang fokus terhadap perancangan ruang dalam suatu bangunan.

Selain itu, banyak juga orang yang menganggap jika desainer interior sama dengan dekorator interior. Nantinya desain interior akan memproses penyusunan dan penciptaan elemen interior agar menjadi kesatuan yang berikatan dan memiliki nilai estetis.

Gaji Desain Interior

Gaji Desain Interior

Kembali ke pembahasan utama mengenai gaji, bayaran atau uang di terima oleh seorang desain interior. Bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan GAJI ARSITEK, selain itu antara gaji desain interior Indonesia dan luar negeri akan memiliki gaji per bulan yang berbeda satu sama lain.

Desain Interior Indonesia

Untuk desain interior di Indonesia sendiri penghasilan atau uang yang di terima per bulan (4-6 juta) atau menurut data survei rata-rata yaitu Rp 3.877.140. Atau bisa dikatakan setiap tahun akan menerima uang Rp 54,7 jutaan.

Itu hanya gaji rata-rata saja, yang jelas gaji bisa lebih besar maupun kecil dari angka tersebut. Selain itu, standar gaji juga di setiap daerah atau wilayah akan berbeda satu sama lain.

Seperti misalnya gaji desain interior Surabaya, Jakarta, Bekasi dan daerah lainnya akan berbeda. Jadi angka tersebut hanya rata-rata saja, selain itu rumitnya interior juga bisa mempengaruhi gaji.

Desain Interior Luar Negeri

Jika melihat rata-rata gaji desain interior Indonesia, penghasilan akan jauh lebih kecil dari pada desainer interior di luar negeri. Sebut saja gaji desain interior di Singapura, desain interior pemula saka bisa menerima gaji Rp 13 juta per bulan.

Sedangkan di desain interior bisa Amerika Serikat dapat mencapai Rp 40 juta per bulan. Dengan begitu, gaji desain interior di luar negeri memiliki penghasilan yang jauh lebih besar dari pada desain interior di tanah air.

Peran & Tanggung Jawab Desain Interior

Peran Tanggung Jawab Desain Interior

Selain mengetahui penghasilan yang di terima oleh desainer interior, Anda juga perlu tahu peran dan tanggung jawab dari seorang desain interior. Berikut beberapa peran dan tanggung jawab yang di embannya:

  • Mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan fungsi dan kualitas dari ruang interior.
  • Mampu membuat gambar maupun foto karya-karya desain sesuai dengan permintaan klien.
  • Menjalankan pelayanan jasa berhubungan dengan ruang interior secara profesional. Seperti misalnya penyusunan program ruang, analisis desain, perencanaan ruang, estetika serta pengawasan pekerjaan berkala di lapangan.
  • Menyediakan dan mempersiapkan gambar dan dokumen pelaksanaan desain interior.
  • Siap dan harus berkoordinasi dengan kontraktor mengenai proses dan perubahan interior yang akan terjadi (perubahan sesuai prinsip dan tujuan desain).

Catatan : Memiliki biaya kuliah tinggi dan waktu kuliah lama, menjadikan seorang desainer interior di gaji tinggi. Penghasilan bisa berupa gaji per bulan jika desainer bekerja di perusahaan atau per proyek jika mendirikan perusahaan (CV) sendiri.

Mungkin seperti itulah informasi yang dapat pilihprofesi.com sampaikan mengenai gaji, bayaran, penghasilan atau pendapatan per bulan dari seorang desainer interior. Semoga adanya info penghasilan desain interior di atas dapat bermanfaat.