√ Gaji Pendamping PKH 2021 : Uang Insentif, Tugas & Syarat

Gaji Pendamping PKH – Program Keluarga Harapan atau bisa disebut dengan PKH mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang Indonesia. Karena PKH menjadi salah satu program kesejahteraan yang diberikan oleh pemerintah.

Nantinya PKH akan diberikan kepada warga yang sudah terdaftar, di mana bantuan diberikan setiap 3 bulan sekali. Besaran bantuan PKH juga akan berbeda satu sama lain, seperti misalnya lansia dan anak usia dini jelas berbeda.

Namun kali ini pilihprofesi.com sendiri bukan akan membahas mengenai besaran dari dana bantuan PKH itu sendiri. Melainkan akan membahas mengenai besaran sebuah gaji maupun honor dari seorang pendamping PKH.

Mungkin banyak dari Anda yang penasaran akan gaji yang diterimanya, apalagi seperti sudah berhembus kabar jika pendamping PKH memiliki bayaran cukup menggiurkan. Lantas berapa gaji tersebut?

Gaji Pendamping PKH Uang Insentif Tugas Syarat

Jika Anda penasaran akan besaran gaji seorang pendamping PKH, maka berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Dengan begitu, Anda perlu simak pembahasan ini sampai akhir agar tahu besaran gajinya.

Apa Itu PKH?

Apa Itu PKH

Jika Anda masih belum tahu apa itu sebenarnya PKH, maka wajib untuk mengetahui pengertian PKH itu sendiri. Agar nantinya saat ada ke pembahasan mengenai gaji Anda sudah paham dan jelas.

Di mana pengertian PKH (Program Keluarga Harapan) adalah suatu program pemberian bantuan sosial bersyarat dari pemerintah kepada keluarga miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. PKH sendiri pertama kali di uji coba di tanah air yaitu pada tahun 2007.

Yang mana tujuan PKH sendiri yaitu untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dan pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial. Dengan begitu, adanya PKH keluarga yang masuk kategori miskin nantinya dapat menerima bantuan tunai dari pemerintah.

Tugas Pendamping PKH

Tugas Pendamping PKH

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai gaji atau honor dari seorang pendamping PKH. Lebih baik Anda mengetahui tugas apa saja yang nantinya dikerjakan oleh seorang pendamping PKH.

Di mana tugas serta tanggungjawab dari pendamping PKH secara umum yaitu melaksanakan tugas pendampingan kepada RTSM/KSM peserta PKH. Itu menjadi salah satu tugas utama dari seorang pendamping PKH.

Dengan begitu, secara ringkas pendamping PKH yaitu sebagai fasilitator, mediator dan advokator. Jika saat pelaksanaan, pendamping PKH melakukan pelanggaran, maka bisa dilaporkan ke dinas sosial setempat untuk diproses.

Hal itu, menjadikan pendamping PKH harus perlu paham atas ketentuan yang telah diberlakukan. Sehingga nantinya tidak akan diberhentikan akibat melanggar sebuah ketentuan yang sudah ada.

Gaji Pendamping PKH

Gaji Pendamping PKH

Berbicara mengenai gaji, upah maupun bayaran sendiri, seorang pendamping PKH di setiap daerah akan mendapatkan gaji yang berbeda satu sama lain. Seperti misalnya gaji pendamping PKH Jawa Timur, Jawa Tengah dan lainnya akan berbeda.

Namun secara umum honor maupun gaji yang didapat yaitu berkisar di angka Rp 3 – Rp 3,4 juta. Bisa dikatakan gaji tersebut cukup tinggi dan dan besar, namun kembali ke dengan tanggung jawab dan tugas yang diembannya.

Jika melihat gaji tersebut, bisa dikatakan gaji pendamping PKH tidak jauh berbeda dengan GAJI MAGANG BINA BNI atau GAJI PEGAWAI BANK BRI di bagian teller. Yang mana gaji bulannnya di kisaran angka Rp 3 jutaan.

Uang Insentif Pendamping PKH

Uang Insentif Pendamping PKH

Selain mendapatkan gaji di atas, seorang pendamping PKH juga bisa diperbesar lagi uang diterima dengan tunjangan atau uang insentif. Di mana uang insentif ini sebesar Rp 300 – Rp 400 ribu yang akan diberikan setiap 3 bulan sekali.

Sebenarnya uang insentif ini untuk kelangsungan biaya operasional, namun dengan adanya pandemi COVID-19 uang insentif di alih fungsikan untuk membeli kuota internet. Nah, besaran uang insentif ini sendiri juga seperti gaji, setiap daerah akan berbeda-beda.

Syarat Menjadi Pendamping PKH

Syarat Menjadi Pendamping PKH

Jika Anda berminat untuk menjadi seorang pendamping PKH maka perlu diketahui mengenai syarat apa saja yang nantinya diperlukan. Berikut beberapa syarat untuk menjadi seorang pendamping PKH:

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Syarat pertama untuk bisa menjadi seorang pendamping maupun koordinat PKH yaitu harus memiliki KTP dengan domisili sama dengan daerah rekrutmen pendamping PKH. Atau dalam artian merupakan warga aktif dari daerah bersangkutan.

Tidak Bersangkutan dengan Parpol

Syarat kedua untuk bisa menjadi seorang pendamping PKH yaitu tidak bersangkutan dengan partai politik (Parpol). Baik itu kader maupun anggota didalam partai politik, bahkan panitia pemilu saja tidak diperbolehkan.

Kiranya seperti itu saja yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai gaji, bayaran, upah maupun honor dari seorang pendamping PKH. Mungkin banyak dari Anda yang penasaran, semoga adanya informasi gaji di atas bisa menjawab rasa penasaran Anda.