5 Cara Kerja di Luar Negeri 2020 : Syarat & Prosedur

Cara Kerja di Luar Negeri – Bagi anda masyarakat Indonesia khususnya tentu saat bekerja berharap bisa memiliki gaji yang cukup untuk kehidupan sehari-hari. Namun bagaimana dengan beberapa orang yang lebih memilih bekerja di luar negeri dari pada di Indonesia?

Alasan pertama yang paling sering muncul adalah gaji yang diperoleh ketika kita bekerja di luar negeri jauh lebih banyak dan besar apabila di bandingkan dengan gaji di Indonesia pada beberapa sektor. Nah faktor inilah yang mendorong masyarakat memiliki tekad yang cukup besar bekerja di luar negeri.

Anda tidak perlu khawatir lagi karena beberapa negara memang aman dan ramah bagi TKI atau Tenaga Kerja Indonesia sehingga beberapa negara menjadi favorit tujuan para TKI bekerja seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, dan lain sebagainya. Apabila anda memiliki keinginan bekerja di luar negeri harus memiliki tekad.

Bagi anda yang sudah memiliki tekad yang bulat untuk bekerja di luar negeri beberapa cara dan persyaratan serta dokumen wajib di penuhi agar anda dapat bekerja di luar negeri dengan aman serta di lindungi oleh negara. Apa saja cara kerja di luar negeri lengkap dengan syarat dan prosedurnya.

Cara Kerja di Luar Negeri Paling Lengkap

Cara Kerja di Luar Negeri Paling Lengkap

Mungkin bagi sebagian orang, banyak yang berminat bekerja di luar negeri dengan harapan mampu memiliki gaji yang cukup. Hal tersebut di buktikan dengan adanya peningkatan TKI dari tahun ke tahun. Selain alasan gaji, beberapa orang ingin bekerja di luar negeri untuk menambah pengalaman. Nah, bagi anda yang masih bingung bagaimana cara kerja di luar negeri tidak perlu kawatir karena kami akan menyajikan informasi lengkap di bawah ini.

Cara Kerja di Luar Negeri

Cara Kerja di Luar Negeri

1. Cara Kerja di Luar Negeri Melalui Perusahaan

Cara ini merupakan cara utama yang terbilang nyaman karena pihak perusahaan siap untuk memandu dan membantu proses relokasi pekerjaan anda. Hal pertama yang harus di lakukan adalah melamar langsung ke perusahaan di negara tujuan atau anda bisa mencoba melamar ke cabang perusahaan yang berada di Indonesia.

Hal tersebut mudah di lakukan karena sebelumnya anda sudah mendapatkan kelengkapan secara administratid dari perusahaan, salah satu contohnya adalah surat kontrak dan keterangannya, kemudian anda hanya perlu mengurus dokumen guna pengurusan visa kerja.

2. Cara Kerja di Luar Negeri Melalui Program Magang

Untuk anda yang baru saja lulus kuliah dan ingin melanjutkan bekerja di luar negeri ataupun anda yang masih berusia dibawah 30 tahun, program ini memang membuka kesempatan besar bagi anda. Beberapa perusahaan membuka kesempatan magang untuk pekerja asing. Dan terdapat pertukaran pekerja yang bisa membuat anda bekerja di luar negeri untuk beberapa waktu singkat.

3. Cara Kerja di Luar Negeri Melalui Lembaga Penyalur

Nah, bagi anda yang ingin bekerja di luar negeri bisa mencoba mendaftar melalui lembaga penyalur yang resmi dan telah terdaftar di Indonesia. Sehingga nantinya anda akan dibekali dengan pelatihan, pengetahuan serta hal-hal penting lainnya sebelum mulai bekerja di negara orang lain. Hal tersebut penting di lakukan untuk TKI dan TKW yang ingin bekerja di luar negeri.

Syarat Bekerja di Luar Negeri

Syarat Bekerja di Luar Negeri

1. Harus mendapatkan izin dari pihak keluarga

Syarat pertama yang harus di perhatikan oleh anda yang ingin bekerja di luar negeri adalah mendapatkan izin dari keluarga, faktor ini memang sangat penting karena nantinya dapat mempengaruhi keberhasilan dan kesuksesan anda di negara orang lain.

2. Memiliki tekad dan kemampuan yang kuat

Ketika anda sudah mendapatkan restu dari keluarga, jangan lupa untuk memastikan dan memiliki tekad dan kemampuan yang kuat untuk bisa bekerja di luar negeri. Apalgi kita tahu bahwa beberapa kebiasaan dan budaya di luar negeri sangat berbeda dengan budaya yang ada di Indonesia. Ketika anda sudah memiliki tekad yang kuat maka pekerjaan apapun bisa di lakukan dengan baik dan penuh semangat.

3. Persiapkan Biaya

Ketika syarat di atas sudah terpenuhi dengan baik maka langkah berikutnya persiapkan biaya untuk pergi ke negara tujuan anda. Seperti yang sudah anda ketahui ketika bekerja di luar negeri bukanlah sehari atau dua hari, maka biaya tersebut perlu anda butuhkan sebelum menerima gaji dari perusahaan sebelumnya.

4. Siap secara mental

Bekerja di luar negeri juga butuh kesiapan mental yang matang dari setiap orang yang ingin bekerja di luar negeri. Seperti yang kita ketahui mulai dari biaya hidup, budaya dan kebiasaan sangat berbeda dengan Indonesia. Maka dari itu anda di tuntut untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar hal inilah di butuhkan mentap yang baik dan kesiapan matang dari masing-masing orang.

5. Tubuh dalam keadaan yang sehat

Biasanya ketika anda berpindah dari suatu tempat ke tampat yang lain pasti merasakan hal berbeda mulai dari cuaca, suhu udara dan lain sebagainya. Nah, karena kita hidup di negara tropis yang cenderung lebih hangat. Sehingga ketika anda bekerja di luar negeri khususnya yang memiliki suhu dingin anda di tuntut untuk selalu sehat. Anda juga wajib memastikan bahwa dalam keadaan sehat atau tidak sedang sakit keras.

Dokumen Yang Harus di Siapkan Untuk Bekerja di Luar Negeri

Dokumen Yang Harus di Siapkan Untuk Bekerja di Luar Negeri

  • Surat Kelahiran/Akte Kelahiran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah Pendidikan atau Sertifikat Kometensi
  • Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Surat Izin dari suami/istri/orang tua/wali
  • Memiliki kartu kuning
  • Memiliki pasport dan visa

Memang banyak cara yang bisa anda pilih untuk dapat bekerja di luar negeri. Kami tekankan bahwa pastikan ketika anda ingin bekerja ke luar negeri harus melalui lembaga yang resmi sehingga nantinya keselamatan anda di negara orang lain dapat terjamin apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Kami juga memiliki informasi tambahan mengenai gaji TKI Singapura terlengkap dengan rincian gaji yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya.