20 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Terlengkap 2021

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji – Ketika berhalangan hadir pada saat gajian, baik itu karena sakit atau ada kepentingan mendadak, maka kalian bisa meminta bantuan orang terpercaya untuk mengambil gaji kalian. Namun, agar gaji bisa diambil oleh orang yang dimintai bantuan, kalian perlu melampirkan surat kuasa pengambilan gaji.

Surat kuasa pengambilan gaji, nantinya bisa digunakan untuk mengambil gaji yang diwakili oleh teman atau keluarga. Dengan demikian maka kalian tetap bisa menerima gaji meskipun tidak bisa datang langsung ke tempat kerja.

Meskipun mengambil gaji di ruangan HRD atau personalia merupakan cara lama, mengingat saat ini penerimaan gaji sudah semakin mudah, lantara setiap karyawan sudah memiliki nomor rekening bank. Akan tetapi masih banyak perusahaan yang menggunakan cara lama dalam pengambilan gaji.

Oleh sebab itu, masih banyak karyawan yang mencari informasi dan referensi mengenai contoh surat kuasa pengambilan gaji. Adapun contoh contoh surat kuasa pengambilan gaji, silahkan simak penjelasan lengkap dari pilihprofesi di bawah ini.

Pengertian Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Pengertian Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Surat kuasa pengambilan gaji adalah penyataan secara tertulis yang menunjukan bahwa kalian memberikan izin atau persetujuan kepada seseorang yang telah ditunjuk dan tertulis pada surat kuasa untuk mengambil gaji.

Surat kuasa ini juga hanya dibuat ketika kalian dalam kondisi dan atau ada urusan lain seperti sakit, ada jadwal kunjungan dokter yang tidak bisa ditunda, sedang dinas keluar kota dan lain sebagainya.

Fungsi Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Fungsi Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Surat kuasa memiliki perasan sangat penting dalam dunia administrasi. Dimana dengan memiliki surat kuasa, maka kalian bisa mewakilkan posisi kalian kepada orang terpercaya untuk melakukan berbagai keperluan administrasi sesuai dengan apa yang ditulis dalam surat kuasa.

Fungsi dari surat kuasa pengambilan gaji ialah agar gaji yang diberikan perusahaan tempat bekerja, dapat diambil secara langsung oleh orang lain yang telah ditunjuk dan tertulis dalam surat kuasa.

Struktur Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Struktur Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Dalam menyusun surat kuasa pengambilan gaji, ada beberapa struktur yang harus ada dalam surat kuasa tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Judul Surat Kuasa

Ketika membuat surat kuasa pengambilan gaji, pastikan kalian menyertakan judul serta nomor surat. Hal ini bertujuan untuk membedakan surat kuasa dengan surat biasa lainnya.

2. Identitas Pemberi Kuasa

Selain itu, kalian juga wajib mencantumkan identitas lengkap pemberi kuasa yaitu nama lengkap kalian sendiri sesuai dengan kartu identitas.

3. Identitas Penerima Kuasa

Selain nama pemberi kuasa, dalam surat kuasa pengambilan gaji juga harus tercantum identitas penerima kuasa mulai dari nama, alamat, tempat tanggal lahir hingga nomor KTP.

4. Informasi Berupa Keperluan

Selain itu, diharuskan juga untuk mengisi keterangan serta tujuan pada surat kuasa pengambilan upah tersebut. Sertakan juga keterangan periode gaji serta institusi tempat mengambil gaji.

5. Tanggal & Waktu Pembuatan

Sertakan pula tanggal dan waktu pembuatan. Ini bertujuan untuk menghindari adanya manipulasi ataupun kesalahan.

6. Materai

Materai akan meningkatkan kekuatan hukum. Tanpa adanya materai, beberapa perusahaan tidak bersedia memproses permohonan penarikan gaji.

7. Tanda Tangan

Struktu yang terakhir yaitu tanda tangan. Pastikan kalian menyertakan tanda tangan pemberi maupun penerima kuasa diatas meterai.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Nah, sebagai referensi dan gambaran kalian dalam membuat surat kuasa pengambilan gaji, maka kalian bisa langsung melihat adapun download contoh-contoh surat kuasa di bawah ini. Dimana di bawah ini akan kami sajikan contoh surat kuasa penarikan upah sesuai jenis gaji masing-masing.

1. Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan

Berikut kami sajikan contoh beserta download contoh surat kuasa untuk mengambil gaji pensiunan.

2. Surat Kuasa Pengambilan Gaji karena Resign

2. Surat Kuasa Pengambilan Gaji karena Resign

3. Contoh Surat Pengambilan Gaji Karyawan

4. Surat Kuasa Pengambilan Gaji karena Sakit

5. Surat Kuasa Pengambilan Gaji di Bank

6. Contoh Surat Pengambilan Gaji Karena Dinas ke Luar Kota

6. Contoh Surat Pengambilan Gaji Karena Dinas ke Luar Kota

7. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji di PT

7. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji di PT

8. Contoh Surat Pengambilan Gaji Gantungan

8. Contoh Surat Pengambilan Gaji Gantungan

9. Surat Kuasa Pengambilan Gaji Diwakilkan

9. Surat Kuasa Pengambilan Gaji Diwakilkan

10. Contoh Surat Pengambilan Gaji Honor Guru

10. Contoh Surat Pengambilan Gaji Honor Guru

Nah, itulah beberapa contoh surat kuasa pengambilan gaji yang dapat pilihprofesi.com sajikan. Dalam dunia pekerjaan, ada berbagai surat-surat yang memiliki berbagai manfaat, selain SURAT KETERANGAN PENGHASILAN, surat kuasa untuk mengambil upah juga dibutuhkan pada kondisi tertentu. Demikianlah informasi dari kami, semoga ulasan di atas bermanfaat.