Surat Paklaring Untuk Karyawan 2020 : Fungsi & Persyaratan

Surat Paklaring РSetiap karyawan pada sebuah perusahaan tentu wajib mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang berlaku. Salah satunya adalah masa kerja atau masa kontrak. Bagi perusahaan manufactur, elektronik dan lainnya rata-rata sudah memberlakukan sistem kontrak pada karyawannya, khususnya untuk bagian operator produksi.

Berbicara mengenai masa kontrak, tahukah kalian jika setelah menyelasaikan masa kontraknya karyawan berhak menerima surat keterangan kerja dari perusahaan. Surat tersebut memiliki banyak fungsi bagi karyawan, salah satunya adalah untuk melamar pekerjaan di tempat atau perusahaan lainnya.

Kemudian bagi karyawan memperoleh surat keterangan kerja atau surat Paklaring dari perusahaan ternama tentu bisa dengan mudah memperoleh pekerjaan di tempat lain. Disamping itu, surat keterangan kerja tersebut juga menjadi syarat utama untuk melakukan klaim tabungan hari tua pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Proses pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan wajib melampirkan surat Paklaring, kartu BPJS dan beberapa syarat penting lainnya. Jika semua persyaratan sudah lengkap, kalian bisa datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Saldo jaminan hari tua yang telah dikumpulkan selama masa kontrak di perusahaan sebelumnya bisa menjadi modal untuk mencari atau bahkan membangung usaha sendiri.

Surat Paklaring Untuk Karyawan : Fungsi & Persyaratan

Surat Paklaring Untuk Karyawan Fungsi dan Persyaratan

Sampai disini apa kalian semakin penasaran mengenai apa itu surat keterangan kerja, apa saja fungsi hingga bagaimana cara membuat surat Paklaring. Baiklah, jika demikian langsung saja kita beralih ke pembahasan. Berikut ini telah kami sajikan jawaban lengkap mengenai semua pertanyaan kalian seputar surat Paklaring.

Surat Paklaring

Surat Paklaring

Paklaring merupakan surat keterangan yang menyatakan jika karyawan tersebut sudah tidak bersangkutan lagi dengan perusahaan. Surat ini juga hanya bisa diberikan oleh perusahaan melalui HRD. Sedangkan untuk waktu pemberian surat tersebut setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing tergantung dari kontrak yang berlaku.

Fungsi Surat Paklaring

Fungsi Surat Pakalaring

Surat keterangan memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi pencari kerja, salah satunya untuk mencari pekerjaan lagi setelah lepas kontrak dari perusahaan sebelumnya. Perlu diketahui semakin bonafit perusahaan yang tertera di surat keterangan kerja maka kemungkinan untuk memperoleh perusahaan impian semakin besar. Selain itu, Paklaring juga memiliki fungsi lain sebagai berikut :

Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan besar tentu memiliki tabungan hari tua pada program BPJS Ketenagakerjaan. Nah, untuk mencairkan dana tabungan tersebut kalian memerlukan beberapa syarat utama seperti KTP, Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan surat keterangan kerja sebagai bukti kalian sudah lepas kontrak dengan perusahaan.

Mencari Pekerjaan

Seperti telah kami sebutkan diatas, semakin besar atau bagus perusahaan yang membuatkan paklaring tersebut maka semakin mudah juga untuk diterima di perusahaan lain. Oleh karena itu, apabila kalian sedang menjalani masa kontrak di perusahaan ternama seperti Toyota, Daihatsu, Denso dan lainnya kami sarankan untuk bersungguh-sungguh. Karena Paklaring dari perusahaan-perusahaan tersebut bisa menentukan masa depan kalian.

Beasiswa Jalur Profesional

Selain itu, apabila rekam jejak kalian di perusahaan memiliki nilai bagus, surat Paklaring bisa digunakan sebagai pengajuan proses beasiswa jalur profesional. Seperti apa proses pengajuannya ? mengenai hal tersebut silahkan tanya pada HRD atau lainnya di perusahaan kalian.

Pengajuan Dana Pinjaman

Fungsi Paklaring yang terakhir adalah sebagai persyaratan pengajuan dana pinjaman ke Bank. Pinjaman yang bisa diajukan menggunakan surat Paklaring antara lain KTA ( Kredit Tanpa Agunan ), KKB ( Kredit Kendaraan Bermotor ) dan Kredit Pemilikan Rumah ( KPR ). Selain Paklaring, kalian juga wajib menyertakan slip gaji beberapa bulan terakhir jika ingin mengajukan kredit pinjaman tersebut.

Syarat Memperoleh Surat Keterangan Kerja

Syarat Utama Memperoleh Surat Keterangan Kerja

Lalu apa saja persyaratan untuk memperoleh surat Paklaring ? syarat utamanya tentu sudah memasukki masa habis kontrak pada perusahaan terkait. Selain itu, ada beberapa syarat lain bagi karyawan yang ingin mendapatkan Paklaring. Antara lain sebagai berikut :

  • Telah menyelesaikan masa kontrak sesuai perjanjian.
  • Tidak pernah bermasalah selama masa kontrak.
  • Tidak dikeluarkan oleh perusahaan.
  • Tidak terkena ( PHK ).
  • Telah menandatangani surat perjanjian kontrak waktu tertentu ( PKWT ).

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Dalam membuat surat keterangan kerja atau Paklaring kita perlu memperhatikan berbagai hal, salah satunya struktur surat atau format penulisan. Untuk strukturnya mungkin tidak beda jauh dengan surat resmi pada umumnya. Namun untuk format penulisannya wajib menggunakan bahasa yang baku dan sesuai EYD.

Selain itu, data diri karyawan juga harus tertulis di surat Paklaring dengan jelas. Kemudian di bagian isi, jelaskan rekam jejak karyawan pada saat menjalani masa kerja dan jangan lupa untuk menuliskan masa kerja awal hingga akhir sesuai dengan surat PKWT ( perjanjian kontrak waktu tertentu ).

Itulah informasi seputar surat keterangan kerja dari kodebpjs.com. Diatas telah kami sajikan mengenai definisi, fungsi hingga syarat utama agar bisa memperoleh surat Paklaring. Selain itu, bagi para HRD atau petinggi perusahaan bisa menyimak tata cara membuat surat keterangan kerja pada ulasan diatas.