10 Cara Nego Gaji Efektif & Dirasa Ampuh Terbaru

Advertisements

Cara Nego Gaji – Mencari sebuah pekerjaan mungkin sudah menjadi kewajiban semua orang, dengan begitu melamar berbagai perusahaan atau tempat kerja bisa menjadi salah satu opsi untuk bisa mendapat sebuah gaji. Gaji yang besar pastinya akan menjadi impian oleh banyak orang atau para pelamar pekerjaan.

Dengan begitu selalu negosiasi gaji pada saat untuk melakukan sebuah interview di tempat kerja yang ada daftarkan diri. Nantinya besaran gaji akan di tentukan dengan negosiasi, negosiasi menjadi salah satu hal musti wajib di bicarakan pada saat anda mulai untuk melakukan sebuah tahap awal bekerja.

Bicara negosiasi gaji sendiri mungkin tidak jarang orang melakukan hal ini dan lebih baik diam walaupun besaran gaji yang didapatnya sudah diketahui pada saat mendaftarkan dirinya. Namun ada juga para pelamar kerja atau para seorang karyawan yang bernegosiasi gaji untuk ditambah maupun dinaikkan.

Advertisements

Namun bagaimana cara nego gaji yang efektif dan bisa dikatakan ampuh, sehingga kenaikan gaji akan diberikan oleh tempat bekerja anda. Sehingga nantinya dalam bekerja akan terasa nyaman dan tidak terdapat suatu ganjalan dihati mengenai besaran gaji yang di terimanya.

Tips Atau Cara Nego Gaji Terbaru

Cara Nego Gaji

Advertisements

Nah pada kesempatan bahagia kali ini pilihprofsesi.com akan sampaikan informasi mengenai cara atau tips jitu untuk bisa bernegosiasi gaji pada tempat kerja atau calon tempat anda bekerja. Nah berikut beberapa tips yang efektif agar anda bisa diberikan gaji sesuai yang diminta:

1. Cari Tahu Informasi Tentang Gaji

Cari Tahu Informasi Tentang Gaji

Cara atau tips pertama yang bisa dilakukan sebelum melakukan sebuah negosiasi gaji di tempat bekerja atau calon tempat bekerja yaitu dengan cara mencari informasi mengenai besaran gaji yang diberikan oleh pihak tempat bekerja tersebut. Dengan sudah mengetahui informasi gaji, nantinya anda sudah bisa memberikan sebuah penilaian mengenai besaran gaji yang diberikan oleh pihak tempat bekerja atau gaji yang akan di terima oleh anda.

2. Minta Gaji Yang Diminta

Minta Gaji Yang Diminta

Cara kedua agar bisa berjalan lancar pada saat negosiasi gaji yaitu dengan menyebut langsung besaran gaji yang diminta, namun dalam hal ini terlebih dahulu anda sudah paham dan mengetahui mengenai besaran gaji yang nantinya diberikan oleh pihak tempat bekerja. Pada poin cara kedua ini pastikan permintaan atau negosiasi ini terbilang wajar dan tidak terlalu tinggi, sehingga masih bisa dipertimbangkan nantinya.

3. Percaya Diri

Percaya Diri

Percaya diri memang salah satu sifat baik yang harus ada di setiap diri manusia, dalam negosiasi mengenai upah/bayaran sendiri juga memerlukan sebuah sifat percaya diri ini. Percaya diri dalam bernogosiasi sendiri bermaksud agar anda tidak merasa bingung dan gugup pada saat melakukan sebuah permintaan kenaikan gaji di tempat bekerja.

4. Kualitas dan Bersikap Profesional

Kualitas dan Bersikap Profesional

Dalam sebuah negosiasi sendiri anda juga harus memiliki sebuah kualitas kinerja agar kenaikan gaji atau negosiasi gaji akan terwujud sesuai impian hati, sebuah sikap profesional juga akan membuat negosiasi akan berjalan lancar. Tidak boleh anda dalam bernegosiasi dengan HRD atau bahkan pimpinan tempat bekerja, anda justru membawa-bawa sebuah permasalahan kehidupan, terutama dalam segi keuangan.

5. Bicara Dengan Sopan

Bicara Dengan Sopan

Memang bicara dengan nada sopan membuat siapa saja akan tersentuh hatinya, dengan begitu cara satu ini juga harus dilakukan pada saat bernegosiasi. Selain itu jangan juga terburu-buru dalam membicarakan gaji yang diminta, biarkan saja obrolan mengenai sebuah kenaikan gaji tersebut terjadi secara mengalir dengan sendirinya.

6. Jangan Sampai Salah Bicara

Jangan Sampai Salah Bicara

Berbicara dengan baik dan selalu memiliki obrolan pembicaraan juga akan menjadikan negosiasi gaji bisa berjalan lancar. Jangan sampai dalam bernegosiasi gaji ini anda melakukan sebuah blunder dengan mengeluarkan kata-kata yang tidak bisa membuat gaji anda dinaikkan.

Salah satunya kata itu yaitu “Terserah”, jangan sampai pada saat di tanya oleh HRD tempat bekerja anda selalu memberikan sebuah jawaban yang tidak akan menemukan titik terang tersebut. Jadi sekali lagi kata terserah sangat dihindari sekali dalam proses negosiasi.

7. Pertimbangkan Fasilitas & Tunjangan

Pertimbangkan Fasilitas Tunjangan

Jika pada saat negosiasi gaji tidak didapatkan jangan berkecil hati, anda bisa bicarakan pada fasilitas dan tunjangan-tunjangan yang diberikan oleh pihak tempat bekerja. Anda bisa meminta kenaikan pada sektor tunjangan atau fasilitasnya, jadi jangan berpedoman pada kenaikan gaji saja.

8. Jangan Patah Semangat

Jangan Patah Semangat

Memang sebuah negosiasi gaji di tempat bekerja atau calon tempat bekerja bukan perkara yang mudah dan bisa didapatkan secara leluasa, terdapat beberapa hal yang mungkin bisa mengakibatkan penolakan gaji tersebut seperti lama kerja/ pengalaman dan hasil kinerja yang diberikan. Jangan merasa gagal ataupun malu pada saat bernegosiasi mengalami penolakan, anda bisa mengajukan lagi pada beberapa waktu kedepan.

9. Ambil Keputusan

Ambil Keputusan

Jika semua cara-cara diatas sudah buntu dan tidak menemukan titik terang dalam urusan gaji, maka anda dapat mengambil keputusan terbaik. Namun sebelum menentukan keputusan tersebut anda harus terlebih dahulu untuk memikirkannya secara matang-matang, agar tidak terjadi sebuah penyesalan nantinya.

10. Berdoa

Berdoa

Cara terakhir mungkin menjadi cara yang wajib untuk anda lakukan pada saat bernegosiasi soal gaji. Caranya yaitu berdoa agar semuanya bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan, memang semua urusan apapun dapat berjalan lancar dengan meminta bantuan sang pencipta.

Itulah beberapa cara atau tips agar pada saat bernegosiasi gaji akan berjalan sesuai harapan yang bisa pilihprofesi.com sampaikan. Semoga cara diatas bisa anda praktekan dan juga terapkan ketika anda melamar sebuah kerja dan menentukan sebuah besaran gajinya. Sebagai catatan, hasil kinerja baik juga salah satu faktor yang akan semakin memudahkan dalam urusan anda bernegosiasi gaji.

Advertisements