Cara Membuat Lamaran Via Email Yang Baik Dan Benar 2020

Cara Membuat Lamaran Via Email – Mungkin bekerja adalah tuntutan dari sebuah kehidupan yang mewajibkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, semua orang pasti ingin hidup dengan serba keberadaan maka dari itu dengan bekerja apa yang kita inginkan akan segera terwujud apa adanya. Semua orang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhannya untuk membeli makanan dan memenuhi kebutuhan di keluarganya seperti mengurus anak,  belanja kebutuhan sehari-hari. Dan ini dapat menjadi gambaran bagi anak lulusan SMA atau SMK baru yang pastinya ingin sekali mempunyai uang dari hasil kerja keras sendiri pastinya ingin sekali mempunyai pekerjaan, dengan begitu anda harus membuat sebuah lamaran.

Untuk mendapatkan pekerjaan anda semua pastinya memperlukan surat lamaran, dengan lamaran yang telah dibuat dan dikirimkan ke perusahaan atau bos-bos yang akan menjadi tempat kita bekerja. Supaya sebelum menerima menjadi seorang karyawan dapat melihat data diri atau yang biasa kita sebut dengan biodata, rekam jejak sebelum mendaftarkan diperusahaan yang akan anda bekerja itu sangat penting dan juga dapat mengetahui pengalaman apa saja yang dimiliki sebelum bekerja diperusahaan ini.

Untuk itu dengan membuat lamaran itu sangat penting saat akan mendaftarkan diri untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan begitu ada dua jenis surat lamaran kerja yaitu dengan tulis tangan dan yang online atau mengirimnya dengan email. email sendiri adalah singkatan dari electronik mail yang merupakan surat atau pesan elektronik yang dapat mengirim pesan dari jarak jauh, hanya dengan mengandalkan koneksi jaringan internet yang memadai.

Semakin maju dan berkembangnya teknologi di zaman sekarang menjadikan berbagai pelamar kerja dapat melamarkan dirinya secara online dengan mudah, yaitu dengan cara mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email tadi. Dengan begitu anda tidak tidak perlu membuat lamaran pekerjaan seperti biasnya yang anda tulis dengan tangan anda hanya perlu melengkapi atau menyiapkn dokumen-dokumen yang diperlukan saja yang telah di scan.

Cara Membuat Lamaran Via Email dan Cara Mengirim

Cara Membuat Lamaran Via Email

Dengan begitu belum banyak orang yang mengetahui tentang cara membuat lamaran lewat email bagi yang belum terus simak dan baca artikel ini agar anda mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk membuat lamaran, jelas membuat lamaran kerja lewat email sangat jelas berbeda dengan membuat lamaran kerja secara konvensional atau tulis tangan. Salah satu yang membedakannya adalah cara pengirimannya yaitu dengan cara elektronik beda dengan yang tulis tangan anda hanya perlu mengirimkan lamaran lewat pos dengan hanya menuliskan alamat yang akan dituju di amplop surat yang akan dikirim.

Selain itu berkas yang dilampirkan juga berbeda yaitu dengan discan terlebih dahulu dan dibuat PDF  sebelum dikirim, jika berkas yang dibutuhkan sudah terisi semua maka dapat kirimkan lewat email dengan tujuan perusahaan yang akan anda lamar tersebut. Beginilah cara membuat lamaran via email,  yang terutama dibutuhkan adalah email pribadi anda yang masih aktif yang dapat untuk mengirimkan lamaran kerja tadi.

Siapkan berkas

  1. Berkas adalah hal utama yang sangat penting dalam melakukan pendaftaran pekerjaan dan berkas yang diperlukan itu adalah berupa CV atau daftar riwayat yang berisi biodata yang meliputi nama lengakap, tempat tanggal lahir, status pernikahan, agama. Serta pengalaman bekerja, pendidikan terakhir, nomor hp, email yang masih aktif tersebut, alamat domisili dan juga keahlian apa yang dimiliki.
    Jadi berkas yang sudah disiapkan dan lengkap maka harus di scan terlebih dahulu dengan menggunakan mesin scanner jika anda punya jika tidak datang ke warnet terdekat, sehingga semua berkas yang kita punya sudah memiliki format soft copy.
  2. Adapun dokumen lain yang harus disiapkan dan sudah discan seperti kartu identitas (KTP atau SIM yang masih berlaku), pas foto, ijazah pendidikan terakhir, transkrip nilai, SKCK (Surat Keterangan Catatan kepolisian) jika anda sudah mempunyai SKCK tetapi sudah tidak aktif anda dapat memperpanjang SKCK di polsek setempat, surat keterangan sehat dari dokter (opsional), sertifikat yang dimiliki (jika punya), NPWP (jika ada) dan dokumen lainnya. Pastikan gambar yang diskan mempunyai resulasi yang tinggi agar mudah untuk dibaca tulisannya.
  3. Kemudian satukan CV dan dokumen yang sudah di scan dalam satu file di microsoft word, pastikan ukuran kurang dari 500KB biasanya gambar jika ingin jelas juga memiliki file yang cukup besar.
    Surat lamaran pekerjaan yaitu sebagai formalitas saja dalam proses rekrutmen, isi dari suratnya berupa tentang posisi yang sedang dibutuhkan.

Email Yang Aktif Yang Bersifat pribadi

Biasanya email yang digunakan adalah Gmail.com. Mengirim dengan email sendiri sangat penting karena setelah anda dipastikan diterima oleh pihak yang anda daftar, anda akan mendapatkan informasi atau panggilan kerja lewat email yang anda gunakan untuk mendaftar tadi.

Alamat Email Perusahaan Yang Akan Dituju

Alamat email yang akan dituju sangat penting dengan begitu apa yang sudah kita buat tadi jelas mau ditujukan kemana dan kepada siapa.

Cara Mengirim Email Lamaran Kerja

  1. Login masuk akun Gmail anda.
  2. Langsung klik compose untuk mengirim email.
  3. Kemudian pada kolom kepada / to langsung isi saja alamat email perusahaan yang akan dituju.
  4. Pada subject email biasanya mengisikan posisi yang akan dilamar, biasanya perusahaan sudah memberikan kode berupa angka yang dibutuhkan pada saat pembukaan lowongan.
  5. Isikan pada badan email dengan kalimat permohonan lamaran pekerjaan.
  6. Kemudian lampirkan berkas yang sudah anda siapkan tadi, yaitu yang sudah berupa file.
  7. Kemudian klik tombol send untuk mengirim lamaran.
  8. Jika sudah terkirim anda hanya tunggu dari pihak HRD merespon lamaran yang anda kirimkan.

Itulah beberapa cara membuat lamaran via email dan cara mengirimkannya juga semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin membut lamaran untuk mendaftarkan diri di suatu perusahaan.