9 Cara Jadi Kasir yang Baik, Benar dan Tidak Menyebalkan

Advertisements

Cara Jadi Kasir – Mungkin bekerja apa saja saat ini tidak perlu diresahkan, yang terpenting melakukan usaha dan hasil nantinya akan menyesuaikan. Nah salah satu profesi atau pekerjaan yang banyak di impikan oleh orang Indonesia selain menjadi PNS juga menjadi seorang kasir di toko.

Hal ini juga sudah dibuktikan dengan banyaknya orang yang mendaftar jadi kasir ketika ada sebuah lowongan pekerjaan di sebuah toko. Hal tersebut karena mungkin gaji menjadi kasir tersebut terbilang cukup tinggi, apa lagi jika toko tersebut terbilang cukup besar dan selalu ramai.

Nah namun pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com bukan akan membahas mengenai gaji yang didapat oleh seorang kasir toko, melainkan mengenai cara jadi kasir yang baik, benar, dan tidak terlihat menyebalkan. Ini menjadi salah satu hal harus diperhatikan sebelum anda berniatan untuk menjadi seorang kasir.

Advertisements

Cara tersebut harus dipenuhi atau dilengkapi karena kasir merupakan sosok orang dalam toko yang nantinya akan bertemu langsung dengan pelanggan, konsumen, atau pembeli untuk melakukan sebuah transaksi. Sehingga dengan begitu banyak sekali hal yang harus diperhatikan untuk jadi kasir yang baik.

Tips atau Cara Jadi Kasir yang Baik dan Benar

Tips atau Cara Jadi Kasir yang Baik dan Benar

Advertisements

Yang jelas mengapa kasir sangat banyak di minati, karena gaji setiap bulannya terbilang lumayan cukup tinggi. Contoh saja gaji karyawan Indomaret bagian kasir gajinya bisa mencapai di angka 2 juta keatas bahkan lebih, mungkin itu yang membuat kasir sangat di minati saat pembukaan rekrutmen pada bagian kasir.

Cara Jadi Kasir yang Baik

Cara Jadi Kasir yang Baik

Nah untuk anda penasaran mengenai cara jadi kasir yang baik berikut akan pilihprofesi.com sampaikan cara atau tipsnya dibawah ini. Jadi terus simak ulasan berikut sampai akhir agar anda mengetahuinya.

Melakukan Proses Penjualan dan Penerimaan Pembayaran

Kasir sendiri merupakan ujung tombak di minimarket/toko dimana ia akan bertatapan secara langsung dengan pelanggan dimana nantinya akan melakukan transaksi/pembayaran. Kasir harus memiliki sikap sopan dan ramah serta di tuntut untuk berpenampilan menarik. Selain itu, seorang kasir juga harus pandai berkomunikasi dengan pelanggan/konsumennya agar suasana agak sedikit hangat.

Mencatat Setiap Transaksi

Mencatat setiap transaksi dengan konsumen/pelanggan juga dibutuhkan ketelitian dalam mencatat setiap transaksi baik yang dilakukan secara manual maupun yang dilakukan dengan digital. Hal tersebut agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang berakibat dengan kerugian konsumen atau perusahaan itu sendiri.

Respon Cepat

Selain itu respon cepat juga menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang kasir yang hebat, hal tersebut agar nantinya para pelanggan/konsumen akan terasa nyaman dan di utamakan.

Memberikan Informasi Pada Pelanggan

Untuk pelanggan terkadang menanyakan akan harga dari barang, ketersediaan bahkan informasi mengenai tanggal kadaluarsa dari barang tersebut pada kasir. Maka, pengetahuan tentang suatu produk dan kemampuan komunikasi yang baik, sopan dan ramah sangat penting.

Kasir juga harus harus memiliki sikap jujur dan sopan agar pelanggan merasa nyaman dan senang karena rasa ingin tahunnya bisa terjawab. Selain itu nantinya juga tidak ada ruginya ketika memberikan informasi tersebut.

Melayani Transaksi

Selain beberapa hal diatas kasir juga nantinya akan melakukan melakukan tugas seperti, dituntut untuk dapat melakukannya secara multi-tasking. Sehingga sembari melakukan packing, kasir sembari mengajaknya untuk ngobrol atau melayani konsumen yang sedang bertanya, hal tersebut agar waktu yang dihabiskan konsumen saat menunggu menjadi tidak terasa lama dan suasana akan hangat.

Melakukan Pengecekan Barang Sebelum di Serahkan

Selepas atau sesudah melakukan pemberian uang pembayaran belanjaan oleh konsumen nantinya akan mendapatkan belanjaan tersebut. Kasir harus mengecek apakah semua barang dari konsumen atau pelanggan masuk ke dalam kantong belanjaannya.

Jangan sampai ada barang belanjaan yang tertinggal saat melayani atau packing, dimana nantinya akan membuat rugi pelanggan/konsumen akibat barang kurang. Sehingga kasir harus selalu kerja dengan ketelitian yang tinggi.

Bertanggung Jawab Atas Transaksi Penjualan

Mencatat setiap transaksi penjualan juga menjadi salah satu tugas dimana harus di laksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh kasir. Jika ada transaksi yang salah misalnya uang di laci kurang pada saat akan tutup shift, maka kasir akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kekurangan uang tersebut.

Menyetorkan Uang Transaksi Penjualan

Seorang kasir juga nantinya harus segera mungkin untuk langsung menyetorkan uang hasil penjualan kepada atasannya beserta laporan atau bukti transaksi yang sudah di catat tadi. Tidak hanya itu, melakukan hal ini juga pada saat pergantian shift ke kasir berikutnya.

Bertanggung Jawab Atas Laporan Keuangan

Hal terakhir yang harus dilakukan oleh kasir yaitu menghindari kesalahan yang fatal dan sesegera mungkin dilakukan pencegahan sehingga risiko kerugian akan lebih kecil. Jadi jika semua hal diatas di lakukan dengan benar mungkin semuanya bisa berjalan dengan aman, lancar dan tidak ada masalah berarti seperti kekurangan uang saat hitung-hitungan laporan keuangan baik saat ganti sift atau laporan ke atasan.

Mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai cara jadi kasir yang baik dan benar, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna untuk semua. Jadi jika berkeinginan untuk menjadi kasir yang baik maka lakukan beberapa hal diatas secara benar-benar.

Advertisements