12 Prospek Kerja Teknik Mesin Terbaru 2020

Prospek Kerja Teknik Mesin – Memiliki sebuah kegemaran atau suka dibidang hitung-hitungan di dunia permesinan, mungkin melanjutkan sekolah tinggi di teknik mesin menjadi pilihan yang tepat. Karena nantinya akan menyalurkan sebuah kemampuan anda di bidang yang sejalur.

Tidak hanya menyalurkan dibidang yang tepat saja, nantinya jika berlanjut pendidikan di perguruan tinggi teknik mesin memiliki prospek kerja yang cukup banyak. Apalagi jika melanjutkan di perguruan tinggi ternama, terkenal bagus dan banyak menciptakan lulusan terbaik seperti teknik mesin ITB, UI dan lainnya.

Teknik mesin menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi di Indonesia yang banyak sekali di cari dan selalu diminati ini memang menjadi salah satu jurusan terbaik. Banyak sekali lulusan teknik mesin yang sukses dan menjadi orang-orang hebat.

Nah pada kesempatan kali ini sendiri pilihprofesi.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai prospek kerja teknik mesin. Walaupun pekerjaan hampir sama seperti jodoh dimana tidak tau kemana namun dari banyaknya lulusan teknis mesin memiliki prospek seperti berikut.

Prospek Kerja Teknik Mesin Terlengkap & Terbaru

Prospek Kerja Teknik Mesin

Penasaran akan sebuah prospek kerja dari lulusan teknis mesin? Berikut akan disampaikan dibawah ini sampai jelas. Jadi terus simak dan ikuti terus ulasan berikut ini sampai akhir agar anda mengetahui mengenai prospeknya apa saja.

1. Perusahaan dan Industri

Perusahaan dan Industri

Prospek kerja dari teknik mesin yang pertama yaitu pastinya menjadi salah seorang engineer di berbagai perusahaan pengolahan bahan mentah hingga barang jadi. Apalagi saat ini Indonesia menjadi negara yang terbilang banyak perusahaan besar yang siap menampung para lulusan teknik mesin seperti Unilever, Yamaha Indonesia, Astra dan masih banyak lainnya.

2. Industri Bioteknologi

Industri Bioteknologi

Prospek selanjutnya bisa saja masuk di Industri Bioteknologi selain di industri permesinan (otomotif) seperti diatas, hal tersebut akibat setiap lulusan memiliki kemampuan yang berbeda. Berbagai alat bioteknologi seperti farmasi, kedokteran, dan lainnya saat ini sangat dibutuhkan sekali dalam kehidupan, dalam segi bayaran pada bidang perindustrian ini bisa mendapatkan gaji di angka 7 – 10 jutaan.

3. Pertambangan

Pertambangan

Demi memperlancar proses pengambilan tambang dan juga memperoleh hasil terbaik, sumber daya manusia yang dibutuhkan juga harus yang terbaik dan salah satunya hadir dari lulusan teknik mesin. Di Indonesia sendiri memiliki beberapa perusahaan pertambangan yang terbilang besar seperti Pertamina, Freeport, dan Chevron.

4. Designer Mekanik

Designer Mekanik

Seorang dengan lulusan teknik sendiri memiliki sebuah prospek kerja yang terbilang cukup banyak dan salah satunya bisa masuk di designer mekanik. Dimana nantinya akan memberikan sebuah design-design mesin baru yang bisa digunakan sebagai pembaharuan dari model-model mesin lama, tentuntya gaji sebagai design ini terbilang cukup tinggi.

5. Dosen

Dosen

Selain beberapa prospek diatas, ada juga seorang dengan lulusan teknik mesin yang berkeinginan menjadi dosen. Nantinya dosen ini bisa masuk di perguruan tinggi negeri maupun swasta, apalagi seorang dosen teknik mesin sendiri saat ini terbilang cukup sedikit jika dilihat dari saingan persentasenya.

6. Guru

Guru

Sama halnya seorang dosen, prosepek kerja dari lulusan teknik mesin juga bisa menjadi seorang guru di sekolah menengah kejuruan. Hal tersebut karena sekolah kejuruan sendiri sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan otomotif yang siap menampung para lulusan SMK untuk langsung bekerja.

7. Wirausaha/Pengusaha

Wirausaha Pengusaha

Memiliki sebuah teknik dan kemampuan/berbekal lulusan teknik mesin, menjadikan seorang dengan lulusan teknik mesin bisa menjadi wirausaha dengan cara mendirikan lapangan pekerjaan sendiri baik yang berhubungan langsung dengan teknik mesin maupun tidak seperti membuka industri mobil/motor (bengkel), atau perhotelan dan lain-lainnya.

8. Instansi Pemerintah

Instansi Pemerintah

Mungkin salah satu prospek kerja yang menjadi tujuan para mahasiswa teknik mesin sendiri yaitu bisa masuk di instansi pemerintah. Dimana nantinya bisa masuk di departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah seperti lain IPTN dan BPPT, sehingga dapat dipastikan jika gaji yang didapatkan cukup menggiurkan.

9. Petugas PLN

Petugas PLN

Tidak hanya oleh para orang yang ahli dibidang kelistrikan saja, PLN ternyata bisa juga diisi oleh orang-orang dengan lulusan teknik mesin. Prospek kerjanya sendiri juga banyak lulusan teknik mesin yang bekerja menjadi pegawai di perusahaan listrik negara.

10. PNS

PNS

Lulusan teknik mesin juga banyak yang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), menjadikan PNS salah satu prospek yang cukup bagus. Dimana jika minat menjadi PNS maka nantinya hanya perlu daftarkan diri sesuai posisi diinginkan, dengan begitu gaji didapatkan juga fantastis tergantung dengan golongan PNS apa yang diembannya.

11. Jurnalis

Jurnalis

Tidak harus memiliki sebuah jurusan komunikasi saja, seorang jurnalis juga bisa datang dari lulusan apa saja salah satunya teknik mesin. Prospek kerjanya sendiri nanti biasanya akan menjadi jurnalis di dunia otomotif dan semacamnya yang masih berhubungan dengan mesin.

12. Peneliti

Peneliti

Menjadi seorang periset di badan lembaga pemerintah juga bisa menjadi prospek kerja yang cukup menggiurkan dan itu bisa dilakukan oleh para lulusan teknik mesin. Hal tersebut ditunjang dengan banyaknya perusahaan industri di Indonesia yang memerlukan periset handal untuk menguji dan mengetahui mengenai hasil produknya.

Itulah yang bisa pilihprofesi.com sampaikan mengenai prospek kerja teknik mesin dimana nantinya bisa bekerja menjadi seorang teknisi handal. Hal tersebut sangat menguntungkan jika anda sampai bisa menjadi seorang teknisi pesawat, hal tersebut karena GAJI TEKNISI PESAWAT cukup fantastis. Mungkin itu saja yang bisa disampaikan semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkannya.