30 Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia Terbaru 2020

Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia – Melanjutkan pendidikan tinggi mungkin menjadi salah satu impian dari banyaknya orang di Indonesia ini. Tidak terkecuali anda yang menginginkan masuk di jurusan dan kampus terkenal terbaik di Indonesia.

Salah satu jurusan terbaik sendiri ada pada jurusan teknik mesin, dimana kampus atau perguruan tinggi yang ada prodi teknik mesin pastinya sangat banyak di minati sekali. Hal tersebut karena jurusan teknik mesin akan sangat berpengaruh sekali nantinya di dunia kerja.

Nah pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan jurusan teknik mesin terbaik yang ada di Indonesia. Barang kali anda ingin melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan teknik mesin yang ada dan masih bingung mau menentukan dimana.

Banyak sekali kampus dengan jurusan teknik mesin di Indonesia dan memiliki label terbaik dan terpopuler, salah satunya yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada dan masih banyak lainnya. Sehingga anda memiliki banyak pilihan nantinya ketika akan menentukan melanjutkan dimana.

Beberapa Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Bagi anda yang penasaran mengenai jurusan teknik mesin mana saja yang menjadi terbaik, berikut akan pilihprofesi.com sampaikan di bawah ini. Jadi terus simak dan pahami mengenai teknik mesin mana saja yang menjadi terbaik di Indonesia.

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

Jurusan terbaik pertama yaitu jatuh pada Institut Teknologi Bandung atau biasa di sebut dengan ITB. Menjadi salah satu bagian dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), menjadikan program studi teknik mesin ITB sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

Pada program studi teknik mesin ITB sendiri akan mempelajari mengenai konversi energi yang berkonsentrasi pada dunia permesinan seperti mesin-mesin seperti motor bakar, sistem termal, dan mesin fluida. Tidak hanya itu saja, pada prodi ini juga akan mendapatkan ilmu mengenai perancangan mesin yang efisien, dari gambar teknik, dan masih banyak lainnya.

2. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

Sama seperti ITB, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Jadi institut ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia, jadi tidak perlu ragu jika anda ingin melanjutkan pendidikan tinggi tekniknya di sini.

Untuk jurusan teknik mesin ITS mempunyai tiga bidang studi yaitu Konversi Energi, Desain, dan Teknik Produksi. Nantinya anda hanya perlu menentukan akan memilih program studi yang mana, lebih di sarankan sesuaikan dengan kemampuan yang telah dimilikinya.

3. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Teknik mesin UI juga menjadi salah satu jurusan teknik terbaik, dimana program studi ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Sehingga tidak perlu di ragukan mengenai kualitas dan apa yang di berikan kepada para mahasiswanya.

Tidak hanya itu, teknik mesin UI juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari ASEAN University Network (AUN) pada tahun 2008 di bawah departemen teknik sipil. Itu membuktikan jurusan mesin di UI menjadi yang terbaik di Indonesia.

4. Universitas Gajah Mada

Universitas Gajah Mada

Teknik mesin Universitas Gajah Mada juga menjadi salah satu jurusan terbaik selanjutnya yang sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Dengan begitu nantinya anda bisa mempertimbangkan jika ingin masuk ke jurusan mesin.

Teknik mesin di UGM sendiri sudah mempunyai laboratorium lengkap, ruang kelas modern, perpustakaan, dan fasilitas lain dimana mendukung dalam proses pendidikan dan penelitian. Dengan begitu jurusan teknik mesin di UGM sudah menciptakan SDM handal yang berprestasi.

5. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret

Sama seperti universitas atau institut diatas, dimana jurusan tekniknya sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Jadi tidak heran jika setiap tahunnya universitas ini sangat banyak sekali peminatnya, itu menunjukan jika universitas ini menjadi yang terbaik di Indonesia.

6. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang

Memiliki sebuah misi dimana mengembangkan pengetahuan terhadap bidang teknik mesin, dimana di jurusan teknik mesin sendiri menciptakan mahasiswa dengan lulusan terbaik dimana nantinya siap untuk bekerja di Industri.

Tidak heran jika jurusan teknis mesin di sini menjadi salah satu jurusan terbaik, hal itu sudah di buktikan dengan banyaknya mahasiswa yang berprestasi di bidang mesin. Selain itu jurusan teknik mesin ini juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

7. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta

Jurusan teknik mesin terbaik selanjutnya jatuh pada jurusan teknik mesin di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dimana seperti yang sudah anda ketahui sendiri jika UNY menjadi perguruan tinggi atau kampus terbaik yang ada di Indonesia.

Nah jurusan teknik di UNY ini juga masuk menjadi salah satu jurusan teknik terbaik di Indonesia. Hal tersebut juga telah di buktikan dengan banyaknya lulusan dari teknik mesin UNY yang sukses di dunia permesinan dan memegang jabatan penting di sebuah perusahaan.

8. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro

Selanjutnya jurusan teknik mesin terbaik ada di Universitas Diponegoro, dimana tidak perlu di ragukan lagi mengenai jurusan di teknik mesin di sini. Dari kampus atau perguruan tingginya saja sudah menjadi yang terbaik di Indonesia.

Hal tersebut juga sudah di buktikan dengan banyaknya para lulusan teknik mesin UNDIP yang sukses dan berhasil menjadi orang penting di perusahaan permesinan. Dengan begitu tidak usah ragu jika ingin masuk ke jurusan teknik mesin di UNDIP.

Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia Lainnya

Nah selain beberapa jurusan teknik mesin di atas yang pilihprofesi.com sampaikan. Berikut beberapa daftar terbaik di Indonesia dari jurusan mesin yang ada dan pastinya sudah teruji ataupun sudah membuktikannya dengan menciptakan sumber daya manusia dengan kemampuan teknik mesin terbaiknya.

  • 9. Universitas Brawijaya
  • 10. Universitas Negeri Padang
  • 11. Universitas Negeri Malang
  • 12. Universitas Negeri Medan
  • 13. Universitas Negeri Surabaya
  • 14. Universitas Islam Indonesia
  • 15. Universitas Muslim Indonesia
  • 16. Universitas Hassanuddin
  • 17. Universitas Syiah Kuala
  • 18. Universitas Gunadarma
  • 19. Universitas Udayana
  • 20. Universitas Pancasila
  • 21. Universitas Andalas
  • 22. Universitas Pasundan
  • 23 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • 24. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • 25. Universitas Tarumanegara
  • 26. Universitas Kristen Petra
  • 27. Universitas Pendidikan Indonesia
  • 28. Universitas Trisakti
  • 29. Universitas Sumatera Utara
  • 30. Universitas Negeri Malang

Mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai beberapa jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan saat ingin masuk dan melanjutkan pendidikan tingginya. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda saat ingin masuk ke jurusan teknik mesin di kampus/perguruan tinggi mana.

Selain itu jurusan teknik mesin tersebut juga berada di perguruan tinggi populer, seperti jurusan di UNAND atau Universitas Andalas yang menjadikan teknik mesin di sana menjadi yang terfavorit. Tidak hanya di UNAND saja, banyak juga perguruan tinggi yang lainnya.