5 Kedudukan Profesi Guru Dalam Islam Terbaru 2020

Kedudukan Profesi Guru Dalam Islam – Guru mungkin menjadi salah satu profesi yang sangat dikagumi dan banyak pula orang memiliki cita-cita menjadi seorang GURU. Hal tersebut karena guru bisa dikatakan menjadi salah satu profesi mulia dan terhormat.

Guru itu sendiri memiliki universal tidak terbatas yang ada di sekolah formal, namun di sekolah guru bermakna sebagai seseorang yang mengajarkan dan memberikan ilmunya. Berbagai macam guru saat ini sudah dapat mudah untuk di temui di sekolah-sekolah.

Namun pada pembahasan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan informasi mengenai kedudukan profesi guru dalam islam. Memang didalam islam seorang guru akan mendapatkan keutamaan atau bisa dikatakan lebih dimuliakan.

Lalu kenapa profesi guru diposisikan sebagai profesi yang mulia? Hal tersebut karena guru merupakan seorang dimana di karuniai ilmu oleh Allah SWT. Dimana (guru) tersebut hanya perantara manusia yang mendapatkan, memperoleh serta menuju kebaikan di dunia dan akhirat dengan ilmunya.

Kedudukan Profesi Guru Dalam Islam Terbaru

Kedudukan Profesi Guru Dalam Islam

Dengan menetapkan profesi guru pada posisi sangat mulia, hal itu islam menyuruh umatnya untuk menuntut ilmu sejak kecil sampai meninggal. Itulah sebabnya setiap guru harus amanah agar memberikan ajaran ilmu yang benar, dan berikut kedudukan guru di dalam islam.

1. Mendapat Derajat Lebih Tinggi

Seorang guru atau pengajar juga nantinya akan dinaikkan derajatnya. Karena seorang dengan profesi guru yang baik dan berlandaskan pada nilai pengajaran islam akan selalu mengajarkan ilmu bernilai kebaikan dan bermanfaat dengan cara berdakwah menurut islam.

2. Memiliki Ilmu Bermanfaat

Seorang yang berprofesi sebagai guru dalam islam nantinya juga akan memiliki kedudukan dimana mengerti dan memahami secara detail mengenai bidang pengajaran yang akan diajarkan. Dengan begitu seorang guru akan senantiasa memiliki ilmu bermanfaat dan nantinya disebarluaskan pada orang yang membutuhkan.

3. Mendapat Pahala Besar

Memelihara ilmu yang nilai lebih mulia dan lebih baik dari harta kekayaan tentunya juga akan memberikan nilai pahala yang berlimpah. Bahkan ilmu terpelihara dan diamalkan sama dengan pahala bersedekah, jika tidak memiliki harta untuk disedekahkan, maka menyedekahkan ilmu akan sama saja nilainya.

4. Menjaga Diri

Dengan memiliki ilmu, seorang guru akan merasa ilmu tersebut menjadi benteng dalam menjaga dirinya. Dengan berbekal ilmu tersebut tentunya seorang guru akan bisa membedakan antara hal baik dan buruk, sehingga hal ini dapat menjaga diri untuk tidak berbuat kemaksiatan.

5. Memperoleh Kebaikan Berlimpah

Dalam Hadist HR Bukhori dan muslim dijelaskan jika seorang guru derajatnya lebih baik dari pada harta kekayaan yang melimpah. Hal ini semakin menegaskan jika kedudukan seorang guru memiliki posisi sangat penting dan tidak hanya perkara mengenai ilmu saja yang diberikan.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan pilihprofesi.com mengenai kedudukan profesi guru di dalam islam, dimana kedudukannya sangat mulia dan terhormat sekali. Semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi semua yang belum mengetahuinya.