10 Syarat Menjadi Dosen 2021 : Kedokteran, Matematika & Lainnya

Syarat Menjadi Dosen – Menjadi salah satu pendidik profesional yang memiliki tugas utama mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui penelitian, pendidikan dan pengabdian. Dosen, tentunya sudah tidak asing bagi Anda semua.

Bahkan banyak orang-orang di Indonesia yang memiliki cita-cita menjadi dosen di universitas atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal itu bisa karena sudah tertanam jiwa untuk menjadi dosen dari masih duduk di bangku pendidikan atau bisa juga karena faktor gaji dosen yang dikenal besar.

Sebut saja GAJI DOSEN UGM, setiap bulannya bisa menerima uang sampai jutaan rupiah dan belum termasuk tunjangan-tunjangan lainnya. Yang mana jika digabung dengan tunjangan tersebut, maka gaji dosen bisa bertambah besar lagi.

Namun, sebelum bisa menikmati gaji besar dan tinggi tersebut, terlebih dahulu Anda harus melewati proses yang panjang. Dari melengkapi syarat-syarat diperlukan, cara mendaftar dan seleksi-seleksi lainnya yang tentunya memerlukan waktu.

Syarat Menjadi Dosen

Nah, pada kesempatan kali ini sendiri pilihprofesi.com akan sampaikan informasi mengenai syarat untuk menjadi dosen profesional di Indonesia. Jadi, untuk Anda yang penasaran akan syarat apa saja yang diperlukan, berikut akan disampaikan secara lengkap.

Syarat Menjadi Dosen

Lalu apa saja syarat-syarat jadi dosen itu sendiri? Ada beberapa syarat musti dilengkapi oleh Anda untuk bisa lebih jadi dosen. Berikut beberapa syarat umum tersebut:

1. Berkelakukan Baik & Bebas dari Tindak Pidana

1. Berkelakukan Baik Bebas dari Tindak Pidana

Syarat jadi dosen pertama adalah bebas dari tindak pidana. Ini menjadi menjadi salah satu syarat umum dan wajib bagi calon dosen. Dengan begitu, untuk daftar menjadi dosen Anda akan diminta lengkapi SKCK.

Syarat ini bertujuan untuk menghindarkan dosen dari adanya tindakan kriminal yang bisa mencoreng nama baik universitas. Tidak hanya itu, universitas tempat kerja namun dunia pendidikan.

2. Coba Kesempatan Menjadi Asdos

2. Coba Kesempatan Menjadi Asdos

Syarat jadi dosen kedua adalah memilih dan mengambil kesempatan untuk menjadi Asisten Dosen (Asdos). Ini bertujuan untuk melatih kebiasaan nantinya saat sudah mendaftar menjadi dosen, selain itu mengetahui tugas dosen.

3. Coba Menjadi Guru Les

3. Coba Menjadi Guru Les

Selain menjadi asisten dokter, calon dosen juga bisa memenuhi syarat mengajar nantinya dengan mencoba menjadi guru les. Maka dengan terbiasanya memberikan materi kepada seorang (siswa) nantinya saat sudah menjadi dosen sudah memiliki karakter.

4. Kuliah dengan Benar

4. Kuliah dengan Benar

Syarat selanjutnya untuk bisa jadi dosen yaitu saat menempuh pendidikan/kuliah (S1) harus benar-benar dimanfaatkan. Karena dengan lulus cepat dan ilmu didapat, maka langkah atau step pendidikan selanjutnya akan semakin cepat juga untuk diteruskan.

5. Memiliki Satu Artikel Jurnal

5. Memiliki Satu Artikel Jurnal

Syarat jadi dosen selanjutnya yaitu adalah memiliki satu artikel jurnal, ini biasanya berlaku bagi Anda yang ingin menjadi dosen di PTN. Siapkan jurnal, sehingga saat dibutuhkan sudah melengkapi salah satu syarat jadi dosen.

6. Niat Tulus

6. Niat Tulus

Selain syarat-syarat di atas, untuk bisa menjadi dosen profesional seorang calon dosen harus memiliki niat tulus dari hati. Karena jika sudah memiliki niat tulus, maka saat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai dosen akan terasa nyaman.

7. Perhatikan Skor TOEFL

8. Sehat Jasmani Rohani

Syarat jadi dosen berikutnya yaitu skor TOEFL harus di atas 500. Ini juga bisa menjadi salah satu syarat lain wajib lain yang harus dipenuhi. Untuk skor TOEFL sebagai syarat Dosen PTN minimal 500, ELTS minimal 5.5. Sedangkan PTS skor TOEFL minimal 500 tanpa minimal skor ELTS.

8. Sehat Jasmani & Rohani

8. Sehat Jasmani Rohani

Syarat menjadi dosen berikutnya tentu saja harus sehat jasmani dan rohani, ini juga menjadi syarat wajib. Dengan begitu biasanya saat akan melamar, calon dosen diminta untuk melengkapi surat keterangan sehat dari dokter.

9. Siap Kuliah S2 (Magister)

9. Siap Kuliah S2 Magister

Masih berkesinambungan dengan syarat ke empat di atas, menjadi dosen seperti sudah Anda ketahui sendiri yaitu perlu untuk melanjutkan S2 untuk mendapatkan gelar magister. Jika sudah mendapatkan gelar ini, maka langkah menjadi dosen akan semakin termudahkan.

10. Teliti & Mampu Berdiskusi

10. Teliti Mampu Berdiskusi

Syarat kesepuluh untuk bisa jadi dosen yaitu memiliki kepribadian yang teliti dalam berbagai aspek seperti misalnya menjalankan tugas dan mengatur waktu. Tidak hanya itu saja, kemampuan berdiskusi dengan berbagai orang juga nantinya sangat berguna.

Catatan : Untuk syarat setiap universitas biasanya akan ada perbedaan, antara syarat menjadi dosen UT dan PTN akan berbeda. Selain itu, syarat menjadi dosen kedokteran dan matematika berbeda. Dengan begitu, pastikan terlebih dahulu syarat dengan universitas apa yang akan didaftar nantinya.

Selain itu, calon dosen juga perlu melengkapi seperti kualifikasi akademik, memiliki kompetensi dan biasanya dituntut mampu menguasai bahasa asing yang bagus (bahasa Inggris). Antara syarat dan kualifikasi-kualifikasi itu nantinya akan sangat berkesinambungan untuk bisa menjadi dosen profesional.

Mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com mengenai syarat-syarat umum untuk bisa menjadi seorang dosen profesional di Indonesia. Semoga adanya syarat-syarat jadi dosen di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan, terutama bagi calon dosen.