Besaran Gaji Dosen UGM & Tunjangan Terbaru 2020

Gaji Dosen UGM – Profesi dosen mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda semua, apa lagi terbilang menjadi salah satu profesi yang terpandang di kalangan masyarakat Indonesia. Jadi tidak heran banyak sekali peminat atau banyak orang memiliki cita-cita menjadi dosen.

Memiliki tugas menjadi pendidik profesional dimana menyebarluaskan ilmu pengetahuan di berbagai bidang kepada para mahasiswa atau masyarakat. Menjadikan dosen selalu memiliki kemampuan tersendiri untuk bisa menyampaikan informasi tersebut secara jelas.

Selain itu gaji dosen yang terbilang tinggi juga menjadi salah satu  faktor banyaknya orang yang berkeinginan menjadi dosen. Nah pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan informasi mengenai cara gaji dosen di salah satu perguruan tinggi Indonesia yaitu gaji dosen UGM.

Universitas Gajah Mada atau lebih di kenal dengan UGM sendiri merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang sangat populer. Pastinya banyak yang sudah tahu mengenai universitas yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Gaji Dosen UGM & Tunjangan Terbaru

Gaji Dosen UGM Tunjangan Terbaru

Nah bagi anda yang penasaran akan sebuah gaji dosen di Universitas Gajah Mada tersebut, berikut akan pilihprofesi.com sampaikan dibawah ini. Untuk jelasnya lagi simak terus ulasan berikut ini sampai akhir agar anda benar-benar memahaminya.

Gaji Dosen UGM

Gaji Dosen UGM

Bicara soal gaji dosen universitas negeri sendiri pastinya kebanyakan para dosen atau pendidik profesionalnya sudah diangkat sebagai PNS. Sehingga gaji nantinya juga akan sama seperti kebanyakan PNS lainnya yang dilihat dari golongan PNS tersebut apa, jika semakin tinggi golongan maka akan semakin besar gajinya.

Hal tersebut juga berlaku pada gaji dosen di UGM ini, tidak hanya itu saja gaji dosen tersebut juga akan berbeda satu sama lainnya. Nah bayaran dosen UGM sendiri di angka 2 sampai 4 juta setiap bulannya, itu hanya gaji pokoknya saja belum di tambah dengan hal-hal lain seperti tunjangan.

Di angka tersebut setiap golongan berbeda-beda satu sama lainnya, gaji tersebut bisa bertambah jika dosen yang telah mengabdi dengan waktu yang cukup lama. Hal itu menjadikan dosen baru dan lama akan memiliki besaran gaji yang berbeda satu sama lainnya walaupun golongannya sama.

Tunjangan Dosen UGM

Tunjangan Dosen UGM

Setelah mengetahui mengenai sebuah angka gaji pokoknya, anda juga harus mengetahui mengenai tunjangan yang di dapat oleh seorang dosen UGM tersebut. Nah tunjangan-tunjangan ini lah nantinya jika di tambahkan dengan gaji pokok dosen menjadikan memiliki gaji yang besar.

Apa saja saja tunjangan tersebut? Berikut tunjangan-tunjangan yang di dapat oleh dosen UGM seperti:

1. Tunjangan Kehormatan

Tunjangan yang akan memperbesar gaji dosen tersebut antara lain tunjangan kehormatan, dimana tunjangan ini sebenarnya hanya diberikan khusus kepada dosen yang memiliki jabatan akademik profesor. Besaran tunjangan ini sendiri yaitu dua kali dari gaji pokok dosen bersangkutan sesuai golongan.

2. Tunjangan Khusus

Tunjangan selanjutnya yang bisa menambah besaran bayaran dosen UGM yaitu tunjangan khusus, tunjangan ini akan diberikan kepada dosen yang ditugaskan secara khusus oleh pemerintah untuk mengabdi di daerah lain. Besaran tunjangan ini sendiri sebesar satu kali gaji pokok golongan, nantinya tunjangan tersebut akan di berikan ketika dosen tersebut telah menyelesaikan tugasnya.

3. Tunjangan Profesi

Tunjangan profesi ketiga ini nantinya akan diberikan pada dosen yang telah memiliki sertifikat dimana telah memenuhi seluruh persyaratan di dalam undang-undang, tunjangan ini nantinya akan diberikan pada dosen PNS maupun non-PNS.

Dosen PNS memiliki jabatan profesi nantinya akan diberikan tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok PNS sesuai golongan. Sedangkan dosen non PNS sendiri, tunjangan ini akan diberikan berdasarkan penyetaraan tingkat serta masa kerja dan akademik yang bersangkutan.

Selain beberapa tunjangan tersebut gaji dosen juga akan bertambah dengan adanya tugas tambahan dosen yang menjabat posisi lain di universitas tersebut, seperti menjadi Rektor, Dekan, Pembantu Rektor, Pembantu Dekan, Ketua Sekolah Tinggi, dan lainnya. Nantinya tunjangan tersebut memiliki besaran yang tidak sama antara satu dengan lainnya.

Tidak hanya itu saja dosen yang melakukan sebuah penelitian dan berhasil, kemudian mempublikasikan hasil penelitian tersebut juga akan bisa menambah besaran gaji tadi. Selain itu menjadi dosen pembimbing dan menjadi pembicara di sebuah seminar juga akan memberikan uang tambahan.

Itulah informasi gaji dosen yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua, yang jelas gaji tersebut tidak jauh berbeda dengan gaji dosen lain seperti gaji dosen Undip, UI dan lainnya. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.