Daftar Gaji Guru SD : PNS dan Honorer Terlengkap 2020

Gaji Guru SD – Menjadi seorang guru memang salah satu pekerjaan paling mulia. Selain itu, di Indonesia khususnya profesi sebagai guru menjadi salah satu pekerjaan paling di incar. Apalagi ketika sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS, tentu saja hal ini menjadi dambaan setiap orang.

Setiap orang tua pasti banyak yang menginginkan anaknya menjadi guru atau seorang PNS. Karena memang pada dasarnya semua orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya. PNS yang di anggap mampu menjamin biaya kehidupan sehari-hari dan masa tua, salah satu alasan inilah banyak orang yang ingin menjadi PNS.

Seorang PNS tidak hanya menerima gaji pokok saja, melainkan ada banyak tunjangan-tunjangan lain yang bisa di terima oleh seorang PNS. Salah satunya adalah tunjangan sertifikasi, uang makan, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan gaji guru SD Honorer?.

Pada dasarnya semua guru SD baik PNS ataupun Honorer semua akan mendapatkan gaji, hanya saja porsinya yang berbeda. Guru SD honorer akan tetap mendapatkan gaji dan juga tunjangan. Sama halnya dengan gaji dosen tetap non PNS meskipun bukan PNS namun tetap mendapatkan gaji pokok dan tunjangan.

Daftar Gaji Guru SD PNS dan Honorer Terlengkap

Daftar Gaji Guru SD PNS dan Honorer Terlengkap

Jika anda masih tertarik menjadi seorang guru, ada baiknya mengetahui besaran nilai gaji yang nantinya akan diterima. Menjadi seorang guru bisa di bilang tugas paling mulia. Apabila anda ingin menjadi seorang guru PNS harus melakukan usaha lebih keras lagi. Namun, selain itu anda juga bisa menjadi guru honorer di SD. Bagi anda yang penasaran berapaka gaji guru SD PNS dan Honorer, langsung saja simak artikel di bawah ini.

Daftar Gaji Guru SD PNS dan Honorer

Daftar Gaji Guru SD PNS dan Honorer

1. Gaji Guru PNS

Bagi guru yang sudah berstatus PNS yaitu artinya guru ASN dimana gajinya sudah di atur oleh negara. Bagi anda yang ingin menjadi seorang guru PNS tentunya harus memenuhi beberpa syarat dan ketentuan. Gaji seorang guru PNS tergantung dari golongannya. Berikut ini gaji PNS berdasarkan golongan secara lengkap :

  • Guru PNS Golongan I Rp 1.486.000.
  • Guru PNS Golongan II Rp 1.926.000.
  • Guru PNS Golongan III Rp 2.456.700.
  • Guru PNS Golongan IV Rp 2.899.500.

Gaji di atas merupakan gaji pada saat awal menjadi PNS. Gaji di atas belum termasuk lama masa kerja. Dan belum termasuk juga dengan tunjangan-tunjangan lainnya.

2. Gaji Guru SD PNS + Sertifikasi

Jumlah tunjangan guru PNS yaitu sebesar gaji pokok, kemudian gaji pokok tersebut mengacu pada golongan pegawai negeri sipil yang bersangkutan. Berikut ini jumlah gaji guru PNS + Sertifikasi :

  • Guru PNS Golongan I Rp 1.486.000.
  • Guru PNS Golongan II Rp 1.926.000.
  • Guru PNS Golongan III Rp 2.456.700.
  • Guru PNS Golongan IV Rp 2.899.500.

3. Gaji Guru SD Honorer

Selain guru PNS, ada pengajar lain di SD yaitu guru honorer. Guru Honorer merupakan guru yang belum di angkat menjadi seorang PNS. Namun namanya sudah terdaftar sebagai guru tetap di sekolah tersebut.

Jumlah gaji seorang guru honorer bisa di bilang berfariasi karena semua itu tergantung bagaimana pemerintah daerah. Ada guru yang di gaji kurang lebih sekitar Rp 400.000 per bulan. Ada juga guru honorer yang di gaji mulai dari Rp 500.000-Rp 1.000.000 per bulannya.

4. Gaji Guru SD Sukarela

Selain guru PNS dan honorer. Di Sekolah Dasar biasanya ada guru sukarela. Guru sukarela adalah seorang guru yang sukarela mengajar di suatu SD. Sama sepertin namanya seorang guru sukarela gajinya tidak dapat di pastikan berapa nominalnya. Semua itu tergantung dari keikhlasan guru tersebut untuk mengabdi kepada negara.

Demikian informasi tentang gaji guru yang ada di Sekolah Dasar baik guru PNS, Honorer, atau Sukarela mereka tetap memiliki gaji namun dengan porsi yang berbeda-beda. Jika anda ingin menjadi seorang guru dengan status PNS maka tentunya harus mengikuti beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.