15 Tugas Marketing Executive 2021 : Tanggung Jawab & Ketrampilan

Tugas Marketing Executive – Bekerja di perusahaan memang kerap banyak dicita-citakan oleh sebagian orang sedari masih menduduki bangku sekolah. Bahkan salah satunya mungkin itu adalah Anda.

Hal itu bisa dikarenakan iming-iming pemberian gaji besar atau juga banyak yang berpikiran kerja di kantoran itu enak. Sebenarnya semua pekerjaan sama dan memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya.

Dan salah satu posisi di perusahaan yang kerap banyak peminatnya yaitu posisi atau jabatan menjadi marketing executive. Posisi ini bisa dikatakan posisi cukup penting dalam perusahaan.

Karena berkembang dan majunya perusahaan sangat terpengaruh atas kinerja serta tugas yang dikerjakannya. Lantas apa saja sebenarnya tugas-tugas dari marketing executive itu sendiri?

Tugas Marketing Executive Tanggung Jawab Ketrampilan

Ya, terkadang cukup banyak pertanyaan seperti itu ditanyakan oleh orang-orang. Dengan begitu, pilihprofesi.com akan sampaikan secara lengkap mengenai informasi tugas-tugasnya dibawah ini. Jadi terus simak pembahasan berikut sampai akhir.

Apa Itu Marketing Executive?

Apa Itu Marketing Executive

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai tugas apa saja yang harus dikerjakan oleh seorang dengan jabatan marketing executive (ME). Anda tahu terlebih dahulu harus tahu pengertian apa itu marketing executive.

Yang mana marketing executive sendiri adalah salah satu posisi atau jabatan seorang di dalam perusahaan. Di mana tugas utamanya yaitu memasarkan produk perusahaan.

Sehingga setiap marketing executive dituntut paham akan produk dari perusahaannya. Karena setiap produk atau hasil dari setiap perusahaan akan berbeda satu sama lain.

Tugas Marketing Executive

Tugas Marketing Executive

Jika sudah tahu pengertian apa itu marketing executive, selanjutnya kembali ke pembahasan utama yaitu mengenai tugas dari marketing executive. Apa saja tugasnya? Penasaran? Berikut beberapa diantara tugas dari marketing executive:

1. Promosi Produk

Tugas pertama adalah mempromosikan produk dari perusahaan, di mana ada banyak cara dapat dipakai untuk memasarkan produk. Seperti misalnya mempromosikan secara langsung atau lewat media sosial.

Dengan begitu, seorang marketing executive harus benar-benar paham akan produk yang akan dipasarkan tersebut. Sehingga nantinya ada konsumen yang bertanya bisa menjelaskan secara lengkap.

2. Mencapai Target Penjualan

Seorang marketing executive, memiliki tugas dan tanggung jawab besar atas pencapaian target penjualan setiap hari, minggu atau bulan atas produk perusahaannya.

Target itu sendiri tidak hanya berbicara mengenai kuantitas produk yang dapat dipasarkan. Melainkan juga waktu pelaksanaan hingga tingkat kepuasan konsumen atas produknya.

3. Membuat Rencana Pemasaran

Tugas selanjutnya dari ME yaitu dituntut membuat rencana atau strategi atas produk dari perusahaannya. Apalagi jika produk atau pasar memiliki banyaknya pesaing, tentu marketing executive harus kreatif.

Jika pemasaran menarik dan memiliki daya tarik terhadap konsumen tinggi, maka bisa dikatakan tugas ME sangatlah bagus. Hal itu bisa menunjang perusahaan akan semakin maju.

4. Memasarkan Hasil Produk

Setelah berhasil memberikan promosi, seorang marketing executive juga bertugas untuk memasarkan hasil produknya. Sebenarnya tugas ini masih berkesinambungan dengan poin pertama.

Yang jelas, saat promosi tersebut seorang marketing executive harus memiliki kemampuan untuk bisa mengambil hati dan keyakinan konsumen. Maka bisa di kata memasarkan produk juga akan sukses dalam memasarkannya.

5. Mencari Konsumen

Tugas selanjutnya yaitu berupa pencarian konsumen atau pelanggan. Semakin banyak konsumen, maka tugas marketing executive bisa dibilang berhasil.

Hal ini kembali kembali ke poin-poin sebelumnya, jika keempat poin di jalankan secara benar maka bukan tidak mungkin

6. Menjaga Hubungan Baik

Marketing executive juga bertugas untuk selalu menjaga hubungan dengan baik kepada setiap konsumen maupun pelanggan. Sehingga keyakinan dan kepuasan akan selalu terjamin, dengan begitu produk perusahaan juga akan terjamin.

7. Melakukan Riset

Tidak hanya memasarkan, mencari komsumen dan memberikan promosi saja. Marketing executive wajib melakukan riset terhadap sesama produk dari perusahaan lain, sehingga nantinya mengetahui kelemahan dan kelebihannya.

Dengan begitu, hasil riset tersebut bisa menjadi pertimbangan atau perbandingan dengan produk perusahaan marketing executive bekerja. Sehingga bisa mengevaluasi kekurangan atas produknya.

8. Negosiasi dengan Konsumen

Selain tugas-tugas di atas, seorang ME juga memiliki tugas khusus yaitu untuk bisa bernegosiasi dengan pelanggan atau konsumen. Bernegosiasi ini sendiri memiliki artian, menarik konsumen untuk bisa menggunakan produk perusahaannya.

Tanggung Jawab Marketing Executive

Tanggung Jawab Marketing Executive

Setelah tahu akan tugas yang harus dikerjakan, maka Anda juga harus tahu apa saja tanggung jawab dari seorang marketing executive. Dan berikut beberapa tanggung jawabnya:

  • Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pemimpin sebaik mungkin.
  • Memastikan target tercapai.
  • Membina hubungan baik dengan para konsumen/pelanggan.
  • Menjaga stabilitas penjualan, hal ini nantinya akan berpengaruh atas target produknya.
  • Menjalankan rencana pemasaran dengan matang mungkin.
  • Selalu memperluas area pasar dan tentu saja konsumen.
  • Tanggung jawab terbesar marketing executive adalah menjaga nama baik perusahaan.

Ketrampilan & Skill Marketing Executive

Ketrampilan Skill Marketing Executive

Tidak hanya tahu akan tugas dan tanggung jawabnya saja, namun Anda juga perlu tahu akan ketrampilan dan skill diperlukan oleh marketing executive. Hal ini berguna untuk meningkatkan kemajuan dari perusahaan.

  • Bisa mengikuti perkembangan jaman.
  • Mampu bernegosiasi.
  • Mampu menulis dengan baik, agar bisa lebih luas dalam memasarkan produk melalui media masa.
  • Memiliki kemampuan bekerja dengan tim maupun individu.
  • Memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri dan mengatasi stress.
  • Memiliki kepercayaan diri tinggi (public speaking).
  • Memiliki komunikasi baik.
  • Menguasai teknologi digital. Karena untuk saat ini era digital memang sangat penting.
  • Teliti. Terutama hal yang berkaitan dengan pekerjaan.
  • Tidak mudah menyerah.

Kisaran Gaji Marketing Executive

Kisaran Gaji Marketing Executive

Setelah tahu akan tugasnya, Anda juga perlu tahu mengenai gaji, bayaran, upah atau uang yang harus diterima oleh seorang STAFF MARKETING ini di dalam perusahaan. Dan bisa dibilang, gaji marketing executive akan berbeda antar perusahaannya.

  • Marketing executive umum : Rp 2,5 – Rp 5 / bulan.
  • Marketing executive perusahaan bonafit : Rp 5 – Rp 8 / bulan.
  • Marketing executive perusahaan multinasional : Rp 40 – Rp 55 / bulan.

Syarat Umum Menjadi Marketing Executive

Syarat Umum Menjadi Marketing Executive

Bagi Anda yang memiliki niat untuk daftar jadi marketing executive di suatu perusahaan. Berikut informasi mengenai syarat umum yang kerap dijadikan sebagai persyaratan untuk menduduki posisi ini.

  • Pria/wanita
  • Usia maksimal 30 tahun.
  • Pendidikan terakhir, lulusan SMA, SMK, sederajat.
  • Memiliki penampilan menarik.
  • Memiliki interpersonal skill.
  • Bisa bekerja sesuai target.
  • Bisa bekerja untuk tim atau individu.
  • Jujur dan disiplin.

Kiranya itu saja yang dapat pilihprofesi.com sampaikan mengenai tugas-tugas dari seorang marketing executive dan beberapa info lainnya. Semoga adanya informasi sekilas mengenai tugas di atas bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.