√ Tugas Account Officer 2021 : Pengertian & Tanggung Jawab

Tugas Account Officer – Bekerja di perusahaan mungkin jadi salah satu impian bagi sebagian orang. Apalagi saat ini cukup banyak posisi atau jabatan yang bisa diduduki dan salah satunya jabatan jadi account officer atau biasa disebut AO.

Mungkin sudah tidak asing lagi jabatan ini di sebuah perusahaan, apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. Seperti misalnya perbankan, koperasi, lembaga keuangan atau sejenisnya.

Di sisi lain, minat cukup banyak untuk bisa menjadi account officer juga bisa dikatakan karena gaji yang diberikan cukup tinggi. Sebut saja GAJI ACCOUNT OFFICER BANK BNI, bisa mencapai 6 jutaan per bulannya.

Namun sebelum menikmati gaji besar dan tinggi tersebut, terlebih dahulu Anda harus tahu apa saja tugas-tugas dari seorang account officer. Karena dengan tahu tugas-tugasnya, maka setelah berhasil dan diterima bisa untuk apa saja yang harus dikerjakan.

Tugas Account Officer

Pengertian Account Officer

Pengertian Account Officer sendiri berasal dari dua kata bahasa inggris yaitu Account dan Officer. Di mana Account memiliki arti Akun. Di maksud akun sendiri bisa memiliki artian berupa nasabah/klien dalam dunia finansial dan perbankan.

Sedangkan Officer memiliki arti petugas maupun orang yang menanganinya. Jadi account officer bisa diartikan secara harfiah yaitu seseorang/petugas yang kesehariannya mengurusi segala hal yang berkaitan dengan klien.

Berbicara mengenai tugas dan tanggung jawab dari account officer sendiri sepertinya banyak yang sudah menget mengetahuinya. Di mana semua secara umum akan dengan mudah ditemukan di perusahaan finansial.

Seperti misalnya di bank, leasing, koperasi, dan lembaga keuangan dan perusahaan sejenis lainnya. Tentunya dari Anda sudah tidak asing atau bahkan tahu akan posisi jabatan satu ini.

Tugas Account Officer

Tugas Tugas Account Officer

Lalu apa tugas seorang yang memiliki jabatan account officer? Tentunya hal ini perlu Anda ketahui apalagi jika ingin mendaftar kerja di posisi ini, tentunya wajib tahu tugas-tugasnya apas saja nantinya. Berikut beberapa tugasnya:

1. Berkoordinasi dengan Marketing

Tugas pertama seorang AO sendiri ialah selalu senantiasa berkoordinasi dengan marketing untuk lebih mempermudah pekerjaannya. Dengan begitu unsur efektivitas serta efisiensi kerja harus diterapkan dalam ranah usaha apapun.

2. Memberikan Penjelasan

Tugas kedua seorang account officer yaitu memberikan penjelasan atas produk yang dimilikinya kepada konsumen/klien yang tidak mengerti atau memahami. Dengan begitu account officer harus benar memahami benar akan produk dari perusahaan yang menjadi tempat kerjanya.

3. Memberikan Solusi pada Konsumen

Apa bila terdapat konsumen yang menemukan masalah, baik itu dari segi pengajuan, pembayaran maupun pelunasan. Maka seorang AO harus menjalankan tugas untuk memberikan solusi terbaik serta jalan keluar baik dan menguntungkan kedua belah pihak

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Tugas account officer selanjutnya yaitu pihak konsumen harus benar-benar bisa menjaga hubungan secara baik. Dalam menjalin hubungan ini sendiri cukup beragam, baik itu dari menghubungi secara langsung maupun secara online lewat panggilan telepon.

5. Pengenalan Produk pada konsumen

Masih berhubungan dengan tugas kedua, tugas selanjutnya dari seorang AO ini mengenai pengenalan atas produk yang dimilikinya kepada konsumen. Jika perusahaan ada produk baru maka perlu untuk memberikan pengenalan pada setiap konsumen.

6. Analisa Kelayakan Konsumen

Account officer juga memiliki tugas untuk menganalisa calon konsumen yang mengajukan pinjaman atau kredit. Sehingga nantinya account officer bisa terjun langsung kelapangan untuk bius mengetahui biografi dari calon konsumen itu sendiri.

7. Membuat Catatan Laporan

Tugas berikutnya dari seorang account officer yaitu membuat catatan laporan, baik itu harian, mingguan, maupun bulan atas hasil dari analisa setiap konsumennya. Di mana laporan ini menjadi bukti nantinya kepada perusahaan jika sewaktu-waktu membutuhkannya.

Tanggung Jawab Account Officer

Tanggung Jawab Account Officer

Setelah tahu akan pengertian dan tugas-tugas dari seorang account officer, maka Anda juga perlu tahu tanggung jawab dari account officer. Ada beberapa tanggung jawabnya dan berikut tanggung jawab tersebut:

  • Memastikan produk perusahaan dapat terdistribusi serta diperkenalkan secara baik.
  • Memastikan jika konsumen, nasabah, maupun pelanggan memahami atas produk yang diambil dari perusahaan.
  • Memastikan konsumen mendapatkan solusi atas permasalahan yang bersangkutan dengan produk atau hal yang masih terkait dengan perusahaan.
  • Memastikan hubungan dengan konsumen agar tetap terjaga secara baik.
  • Selalu menjaga kredibilitas serta nama baik dari perusahaan.

Itulah beberapa informasi yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai pengertian, tugas-tugas dan tanggung jawab seorang account officer. Semoga dengan adanya informasi tugas di atas dapat bermanfaat.