√ Tugas Manajer Keuangan 2021 : Fungsi & Tanggung Jawab

Tugas Manajer Keuangan – Manajemen keuangan memang harus selalu ada di dalam usaha kecil atau besar milik Anda. Dengan adanya manajemen keuangan yang baik maka usaha Anda bisa berjalan dengan baik.

Hal itu sama saja setiap usaha yang dijalankan memerlukan manajer keuangan yang cerdas dan pemikiran luas. Agar nantinya pengembangan bisnis atau usaha yang dijalankan dapat memenuhi target tujuan.

Namun pada pembahasan kali ini sendiri pilihprofesi.com akan sampaikan mengenai tugas-tugas dari seorang yang memiliki posisi sebagai manajer keuangan. Tentunya banyak orang yang mempertanyakan akan tugas itu sendiri.

Bahkan mungkin salah satunya Anda yang bertanya seperti itu, jadi untuk lebih jelas mengenai tugas-tugasnya apa saja? Berikut akan disampaikan secara lengkap, jadi untuk simak terus ulasan ini sampai akhir.

Tugas Manajer Keuangan

Apa Itu Manajer Keuangan?

Sebelum menuju ke pembahasan mengenai tugas dari manajer keuangan, Anda terlebih dahulu untuk tahu apa itu pengertian dari manajer keuangan. Dan berikut pengertian dari manajer keuangan itu sendiri secara umum.

Manajer keuangan ialah salah satu posisi jabatan disalah satu tempat kerja. Lebih tepatnya tempat kerja/perusahaan yang bergerak di bidang finansial seperti perbankan, koperasi, lembaga keuangan, tidak lain juga perusahaan umum lainnya.

Di mana manajer keuangan sendiri ialah seseorang yang bertanggung jawab atas membuat strategi untuk investasi dana dan mengatur berkas-berkas dari transaksi tersebut. Jadi posisi satu ini bisa dikatakan cukup penting di dalam sebuah perusahaan.

Tugas Manajer Keuangan

Tugas Tugas Manajer Keuangan

Lantas apa saja tugas dari seorang manajer keuangan? Tentunya banyak yang penasaran dan bertanya akan tugas-tugas itu sendiri. Ternyata ada cukup banyak tugas yang harus dikerjakan nantinya oleh seorang manajer keuangan sama seperti TUGAS ACCOUNT OFFICER di mana tidak hanya memiliki satu atau dua tugas saja. Berikut beberapa tugasnya:

1. Bekerja Sama dengan Manajer Lain

Tugas pertama yang diemban yaitu senantiasa mampu bekerja sama dengan manajer lain. Kemampuan bekerja sama inilah yang nantinya membantu tempat kerja untuk berkembang dan meminimalisir kegagalan kerja serta keuangan. Hal itu membuat, manajer keuangan harus selalu komunikatif dengan rekan lainnya.

2. Bertanggung Jawab dari Berbagai Keputusan Pembiayaan

Manajer keuangan juga bertugas untuk senantiasa bertanggung jawab atas keputusan pembiayaan operasional telah dilakukan. Di mana hal ini harus dilakukan dengan perhitungan tepat dan tidak boleh semena-mena tanpa adanya perhitungan.

3. Menjalankan Keuangan

Manajer keuangan tentunya dituntut untuk menjalankan tugas seperti namanya yaitu soal keuangan. Di mana manajer keuangan harus bisa memajukan keuangan dari perusahaan tempat bekerjanya. Jangan sampai dana hilang begitu saja dan merugikan.

4. Membuat Perencanaan Keuangan

Tugas selanjutnya yaitu mampu membuat sebuah perencanaan umum keuangan perusahaan. Seperti contohnya membuat perencanaan keuangan dalam periode tertentu, seperti 1 bulan atau 1 tahun keuangan dari perusahaan. Dengan begitu, manajer keuangan harus memiliki kemampuan menyusun perencanaan.

5. Mengambil Keputusan Investasi

Selain tugas-tugas di atas, ada juga tugas lainnya seperti membantu menjalankan perusahaan dengan mengambil keputusan investasi yang akan dilakukan. Pengambilan keputusan investasi inilah peran manajer keuangan harus mempertimbangkan secara baik-baik.

6. Menghubungkan Perusahaan dengan Pasar Keuangan

Manajer keuangan juga bertugas untuk bisa menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan. Hal ini jangan sampai perusahaan itu sendiri tidak berkembang serta tidak mampu bersaing dalam persaingan kerja. Dengan begitu manajer keuangan perlu memiliki inovasi-inovasi terbarunya.

7. Menjalankan Roda Perusahaan

Tugas berikutnya dari seorang manajer keuangan yaitu mampu menjalankan seefisien dan seefektif mungkin sesuai tujuannya. Sehingga roda perusahaan tetap berjalan dan bisa bersaing dengan lainnya.

Fungsi Manajer Keuangan

Fungsi

Setelah tahu akan tugas-tugas dari seorang manajer keuangan, Anda juga perlu tahu fungsi dari manajer keuangan itu sendiri. Berikut beberapa fungsi dari manajer keuangan:

1. Auditing (Pemeriksa Keuangan)

Manajer keuangan juga memiliki fungsi sebagai audit internal atas keuangan dari perusahaan agar tidak adanya penyalahgunaan dana.

2. Budgeting (Anggaran Keuangan)

Manajemen keuangan harus bisa menjalankan anggaran sesuai maksimal dan seefesien mungkin sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Controlling (Pengelolaan Keuangan)

Manajer keuangan juga berfungsi menjadi pengendali keuangan dalam melakukan evaluasi, perbaikan serta sistem keuangan.

4. Planning (Perencanaan Keuangan)

Manajer keuangan juga berfungsi sebagai orang yang memiliki perencanaan atas keuangan perusahaan, seperti misalnya perencanaan rugi laba dan kas.

5. Reporting (Pelaporan Keuangan)

Untuk fungsi manajer keuangan yang terakhir yaitu sebagai pelaporan keuangan, yaitu selalu menyediakan laporan informasi keuangan dari suatu perusahaan.

Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Tanggung Jawab

Tidak hanya tugas dan fungsinya saja, tanggung jawab manajer keuangan juga perlu untuk dipahami. Dan ada beberapa tanggung jawab dari seorang manajer keuangan di dalam perusahaan seperti:

  • Bertanggung jawab dalam menjaga pengelolaan pajak.
  • Memastikan jalannya efisiensi kerja.
  • Mengelola fungsi akuntansi yang ada secara baik.
  • Mengkoordinasikan pengontrolan dana.
  • Menjaga arus kas, utang dan piutang agar tetap stabil.
  • Merencanakan dan mengembangkan sistem keuangan agar tetap berjalan.
  • Bertanggung jawab atas pengambilan keputusan yang berkaitan dengan investasi.
  • dan beberapa lainnya.

Demikian informasi mengenai tugas-tugas, fungsi dan tanggung jawab dari seorang manajer keuangan yang pilihprofesi.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi tugas-tugas di atas dapat bermanfaat bagi semua.