√ Tugas Manager Personalia 2021 : Pengertian, Fungsi & Wewenang

Tugas Manager Personalia – Di dalam sebuah perusahaan tentunya banyak posisi atau jabatan penting. Di mana setiap posisi tersebut harus diduduki oleh orang yang tepat agar perusahaan bisa maju dan berkembang.

Salah satu posisi jabatan tersebut seperti misalnya HRD, manager, asisten manager, MANAGER KEUANGAN, manager pemasaran, manager personalia dan lain sebagainya. Posisi tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda-beda.

Nah pada kesempatan kali ini sendiri pilihprofesi.com akan menyampaikan informasi mengenai tugas-tugas dari salah satu posisi jabatan tersebut. Yang mana akan di bahas sendiri ialah tugas dari seorang manager personalia.

Mungkin bagi Anda sudah banyak yang tahu atau sudah pernah mendengar apa itu manager personalia. Sehingga bertanya-tanya akan tugas apa saja yang dikerjakan oleh seorang di posisi ini. Dan untuk lebih jelasnya, simak ulasan ini sampai akhir.

Tugas Manager Personalia

Apa Itu Manager Personalia?

Sebelum lanjut tahu akan tugas-tugasnya apa saja, Anda perlu tahu pengertian apa itu manager personalia. Sehingga nantinya akan lebih mudah dalam memahami kerja atau tugas-tugas yang diembannya.

Di mana pengertian apa itu manager personalia sendiri menurut beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda satu sama lainnya. Nah berikut beberapa pengertian manager personalia dari beberapa ahli:

1. T. Hani Handoko

Ia menyebutkan jika manager personalia sendiri ialah seorang manager dan sebagai manager harus dapat melaksanakan fungsi–fungsi dasar manajemen tanpa memperdulikan apapun hakekat fungsi operasional.

2. Dale Yolder

Manajemen sumber daya manusia (SDM) atau personalia adalah salah satu penyedia kepemimpinan dan pengarahan para karyawan dalam bekerja maupun hubungan kerja karyawan.

3. Prof. Edwin B Filippo

Ia menyebutkan jika manajemen personalia sendiri ialah sesuatu hal dari sebuah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia (SDM) untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi dan masyarakat.

4. Gary Dessler

Manajemen personalia disamakan dengan suatu fungsi-fungsi manajemen khususnya staffing yaitu salah satu bentuk dari penetapan jenis pegawai yang perlu diangkat, perekrutan calon pegawai, penyusunan prestasi kerja, penyuluhan pegawai, training dan pengembangan pegawai.

5. James A.F Stoner

Ia menyebutkan manajemen adalah salah satu proses dari sebuah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

6. Jhon Soeprihanto

Ia menyebutkan jika manajemen personalia merupakan suatu hal dari pengawasan terhadap fungsi-fungsi manajemen, pengadaan, penarikan, pengembangan dan pemberian kompensasi, pengintegrasian serta pemeliharaan, untuk membantu tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan.

7. Manulang

Ia menyebutkan jika manajemen personalia sendiri yakni sebuah bidang ilmu yang dapat dan hanya mempelajari tentang bagaimana cara memberikan suatu fasilitas untuk perkembangan, pekerjaan, dan juga rasa partisipasi pekerjaan di dalam suatu kegiatan atau aktivitas.

8. Malayu S.P.Hasibuan

Manajemen personalia yakni sebuah bidang ilmu serta seni mengatur hubungan serta peranan tenaga kerja agar efektif serta efisien dalam membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, maupun masyarakat.

9. Heidjrachman Ranupandojo & Suad Husnan

Manajemen personalia sendiri ialah salah satu bidang perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dari pengadaan, pemberian kompensasi, pengintegrasian serta pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud agar tujuan perusahaan tercapai.

10. Alex S. Nitisemito

Manajemen personalia yakni sebuah bidang ilmu seni dalam melakukan suatu perencanaan, pengorganisasian, serta pengawasan, sehingga proses kerja akan menjadi lebih efektif serta efisiensi personalia dapat ditingkatkan semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan.

Tugas & Wewenang Manager Personalia

Tugas Wewenang Manager Personalia

Setelah tahu akan pengertian apa itu manager personalia, maka inilah tugas-tugas serta wewenangnya. Dan untuk lebih jelas mengenai tugasnya, berikut simak ulasan ini sampai akhir.

  • Tugas pertama seorang manager personalia yaitu melakukan seleksi tenaga kerja sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Serta memastikan ternaga kerja yang direkrut berada di posisi tepat.
  • Tugas selanjutnya yaitu bisa merancang suatu anggaran tenaga kerja. Seperti misalnya mengenai gaji serta lain-lainnya.
  • Tugas dari seorang manager personalia berikutnya yaitu mampu membuat sebuah job description, job specification serta job analysis.
  • Mangaer personalia juga mampu mengurus, mendidik, serta mengembangkan SDM. Hal ini juga meliputi proses pendidikan dari SDM/calon tenaga kerja.
  • Tugas selanjutnya yaitu bisa mengurus segala hal tentang pensiun serta pemberhentian tenaga kerja dalam perusahaan.
  • Selain tugas-tugas di atas, manager personalia juga mampu untuk mengurus kesejahteraan para karyawan/tenaga kerja.
  • Tugas terakhir personalia juga dituntut mampu dalam menentukan SDM di dalam perusahaan.

Fungsi Manager Personalia

Fungsi Manager Personalia

Setelah tahu akan pengertian, tugas-tugas serta wewenang dari seorang manager personalia. Maka Anda juga perlu tahu akan fungsi-fungsi dari seorang yang menjabat menjadi manager personalia di dalam suatu perusahaan.

Fungsi Operasional

  • 1. Integrasi

Fungsi pertama seorang manager personalia yaitu menghasilkan kecocokan yang sesuai serta layak atas kepentingan perorangan, masyarakat serta organisasi.

  • 2. Kompensasi

Fungsi berikutnya yaitu sebagai jasa memadai/layak kepada personalia untuk sumbangan mereka kepada tujuan organisasi.

  • 3. Pemeliharaan

Fungsi berikutnya yaitu mampu memelihara usaha untuk menjaga keutuhan angkatan kerja yang memiliki kemauan dan kemampuan bekerja. Nantinya kemampuan serta kemauan bekerja karyawan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Seperti misalnya komunikasi manager dengan karyawan, kesehatan serta keselamatan kerja, keadaan jasmani (fisik) karyawan.

  • 4. Pemutusan Hubungan Kerja

fungsi selanjutnya manager personalia yaitu bisa untuk mendapatkan karyawan berkompeten serta bisa memutuskan hubungan kerja dan mengembalikannya ke dalam masyarakat.

Dengan begitu manager personalia bertanggung jawab untuk melaksanakan proses pemutusan hubungan kerja sesuai dengan persyaratan sudah ditentukan perusahaan.

  • 5. Pengadaan Tenaga kerja

Pengadaan tenaga kerja yang di maksudkan yaitu seorang manager personalia berfungsi untuk mampu mendapatkan karyawan dengan jumlah serta jenis yang tepat sesuai kebutuhan. Di mana ini berkaitan dengan cara perekrutan tenaga kerja.

  • 6. Pengembangan

Manager personalia juga berfungsi dalam mengembangkan kemampuan atau keterampilan karyawan dengan cara mengadakan pelatihan sehingga memiliki tujuan dan prestasi kerja secara tepat.

Fungsi Manajemen

  • 1. Perencanaan

Di mana manager personalia berfungsi sebagai penentuan terlebih dahulu atas program personalia yang akan membantu mencapai tujuan perusahaan.

  • 2. Pengarahan

Fungsi selanjutnya ini yaitu untuk dapat memperlancar tujuan perusahaan agar karyawan mau dan bisa bekerja sama secara efektif.

  • 3. Pengorganisasian

Manager personalia juga berfungsi untuk dapat mencapai tujuan yang menggambarkan secara sistematis tentang hubungan tugas, wewenang serta pertanggungjawaban.

  • 4. Pengorganisasian

Di maksud pengawasan di sini, manager personalia dapat melakukan pengamatan atas tindakan serta perbandingan dengan rencana dan mengoreksinya bila adanya penyimpangan.

Demikian informasi dapat pilihprofesi.com atas pengertian, tugas & wewenang, beserta fungsi dari seorang manager personalia. Semoga dengan adanya ulasan di atas mengenai tugas manager personalia bisa bermanfaat bagi semua.