10 Tugas Marketing Bank 2021 : Tanggung Jawab & Kisaran Gaji

Tugas Marketing Bank – Bekerja di bank mungkin banyak diinginkan oleh para pencari kerja. Namun sayangnya persaingan ketat sesama pelamar membuat calon pelamar harus senantiasa bekerja keras agar bisa menduduki salah satu posisi jabatan itu sendiri.

Dan salah satu posisi yang kerap banyak peminat saat ada rekrutmen pegawai baru di bank yaitu dibagian marketing. Itu dibuktikan jika ada pembukaan lowongan tidak hanya ratusan, namun bisa sampai ribuan yang mendaftarkan dirinya.

Nah, bagi Anda yang berminat untuk menjadi seorang marketing di bank. Alangkah baiknya untuk mengetahui tugas apa saja yang nantinya akan dikerjakan, sehingga setelah berhasil diterima Anda bisa langsung paham akan tugasnya.

Untuk Anda yang belum tahu akan tugas marketing bank itu apa saja, pembahasan kali ini pilihprofesi.com akan sampaikan tugas-tugasnya secara lengkap. Sehingga Anda para calon pelamar kerja di bank terutama posisi marketing bisa untuk mengetahuinya.

Tugas Marketing Bank Tanggung Jawab Kisaran Gaji

Jika ingin lebih jelas akan apa itu tugas marketing bank beserta informasi penting lainnya, berikut akan disampaikan dibawah ini. Jadi, terus simak dan ikuti pembahasannya sampai akhir.

Apa Itu Marketing?

Apa Itu Marketing

Agar nantinya lebih paham dan jelas mengenai tugas dari seorang marketing bank, alangkah baiknya Anda juga perlu tahu pengertian marketing itu sendiri. Di mana marketing adalah bentuk upaya memperkenalkan sebuah produk kepada pelanggan.

Dengan begitu, pengertian apa itu marketing bank sendiri ialah bentuk upaya dilakukan oleh pegawai bank dalam memperkenalkan produk bank. Aktivitas dilakukan sendiri seperti promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk.

Selain itu, marketing juga berperan bagi perkembangan sebuah bisnis perusahaan (Bank). Kesuksesan, kemajuan dan berkembangnya perusahaan salah satu bentuk kinerja marketing yang bagus.

Tugas Marketing Bank

Tugas Marketing Bank

Setelah tahu apa itu pengertian dari marketing, maka lanjut ke pembahasan utama yaitu mengenai tugas dari seorang yang memiliki jabatan marketing di bank. Ada cukup banyak tugas yang harus dikerjakan, seperti misalnya:

  • Memastikan pemberian pelayanan sebaik mungkin pada konsumen.
  • Memastikan selalu memiliki jalinan hubungan baik terhadap para konsumen dengan perusahaan.
  • Membuat strategi promosi agar produk dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat.
  • Mencari informasi dan melakukan evaluasi terhadap keluhan masyarakat (nasabah) terhadap kekurangan dan kelebihan produk bank yang dikeluarkan.
  • Menetapkan harga jual produk yang pas agar dapat mendapatkan keuntungan lebih.
  • Mengatur penjualan produk yang nantinya akan di distribusikan agar bisa mendapatkan keuntungan.
  • Menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar (pihak bersangkutan, konsumen atau pasar).
  • Mensosialisasikan produk yang dimiliki kepada masyarakat. Terutama produk-produk baru agar dapat lebih dikenal.
  • Merencanakan sebuah produk yang akan di jual pasar.
  • Perencanaan proses distribusi agar produk bisa sampai di pasaran atau konsumen dalam bentuk utuh. Dilakukan untuk meminimalisir kekecewaan atau komplain dari konsumen/nasabah.

Tanggung Jawab Marketing Bank

Tanggung Jawab Marketing Bank

Tidak hanya tugas saja, Anda juga perlu tahu akan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Karena tugas dan tanggung jawab marketing nantinya akan berkesinambungan satu sama lain. Dan untuk tanggung jawabnya sendiri ada seperti:

  • Melakukan research produk terjual untuk menentukan jumlah produksi.
  • Memahami keinginan harapan konsumen.
  • Memberikan pelayanan terbaik konsumen.
  • Membimbing sales perusahaan (bank) untuk lebih aktif, efektif dan kompetitif dalam pemasaran atau promosi produk.
  • Membuat strategi pemasaran produk agar bisa diterima konsumen.
  • Menentukan harga produk sesuai dengan pasaran.
  • Merencanakan dan mewujudkan strategi perencanaan produk. Dari desain hingga hal lain dari produk.

Kisaran Gaji Marketing Bank

Kisaran Gaji Marketing Bank

Untuk kisaran gaji dari seorang marketing bank sendiri terbilang cukup tinggi, per bulannya seorang marketing bisa mendapatkan gaji di angka Rp 2 – 3 jutaan. Tentu itu sebuah angka yang cukup besar.

Untuk GAJI MARKETING STAFF MANDIRI, BNI, BRI, BCA, BTPN, Bukopin, Panin dan lainnya diberikan gaji Rp 2,5 juta per bulannya. Itu gaji pokok, belum ditambah dengan tunjangan-tunjangan lainnya. Misalkan ditambah dengan tunjangan tentu akan lebih besar lagi.

Kiranya itu saja yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda mengenai tugas dan informasi lainnya seputar marketing bank. Semoga dengan adanya informasi tugas seorang marketing tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.