13 Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api 2021 : Daftar & Biaya

Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api – Profesi pramugari kereta api, kini semakin diminati oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan, menjadi pramugari kereta api akan mendapatkan banyak keuntungan yang menjanjikan.

Selain itu, menjadi pramugari kereta tentunya sangat menyenangkan karena bisa berwisata sambil bekerja. Ditambah lagi dengan menjadi pramugari, anda akan mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan yang akan sangat bermanfaat.

Untuk menjadi pramugari kereta api, terbilang sangat mudah. Anda bisa mendaftarkan diri secara online di situs resmi PT. Kereta Api Indonesia. Namun sebelum mendaftar menjadi pramugari, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat yang perlu disiapkan cukup ringan, anda hanya perlu memenuhi persyaratan administrasi dan menyiapkan dokumen persyaratan. Lantas apa saja syarat menjadi pramugari kereta tersebut? Simak selengkapnya pada artikel pilihprofesi berikut ini.

Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api

Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api

Sebenarnya tidak banyak, persyaratan yang dibutuhkan. Namun, syarat ini sangatlah penting, karena yang akan menentukan apakah anda pantas menjadi pramugari KAI atau tidak.

Syarat ini akan dijadikan bahan pertimbangan pihak KAI untuk menentukan orang yang cocok menjadi pramugari kereta api. Adapun syarat-syarat yang diperlukan meliputi :

  1. Pria/Wanita usia maksimal 27 tahun.
  2. Berpenampilan menarik, tidak berkacamata dan tidak memakai behel.
  3. Tinggi badan minimal pria 170 cm dan wanita 160 cm.
  4. Pendidikan minimal SMA/SMK Sederajat.
  5. Dapat berbahasa asing dengan baik dan lancar.
  6. Berperilaku baik.
  7. Single (belum menikah).
  8. Menyiapkan CV atau Resume (Surat Lamaran Kerja).
  9. Foto postcard seluruh badan.
  10. Kartu Identitas Diri : KTP/SIM
  11. Ijazah pendidikan terakhir.
  12. Surat Keterangan Sehat dari klinik/rumah sakit/puskesmas.
  13. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Cara Menjadi Pramugari Kereta Api

Setelah semua persyaratan pendaftaran di atas telah siap, selanjutnya anda bisa langsung melakukan pendaftaran. Cara daftar pramugari kereta api dilakukan melalui situs recruitment.kai. Untuk lebih jelasnya, simak caranya di bawah ini.

1. Kunjungi Situs Recruitment.kai.id

Kunjungi Situs Recruitment.kai .id

Langkah yang pertama yaitu kunjungi situs recruitment.kai.id. Pada halaman utama, silahkan klik “Registrasi” di sisi kanan atas.

2. Lakukan Registrasi Akun

Lakukan Registrasi Akun

Setelah itu, lengkapi kolom registrasi dengan benar dan mudah diingat. Form registrasi yang harus di isi, meliputi No. KTP, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Email, Username & Password. Pastikan username dan password mudah di ingat dan tidak diketahui oleh siapapun kecuali anda.

3. Kirim Verifikasi ke Email

Kirim Verifikasi ke Email

  • Setelah form registrasi sudah diisi semuanya, klik “Kirim Verifikasi ke Email“.
  • Kemudian, buka email yang anda gunakan untuk mendaftar.
  • Silahkan copy, kode aktivasi akun anda.

4. Tekan Link di Email

Tekan Link di Email

Setelah itu, klik link di atas kode aktivasi akun. Link tersebut biasanya ditulis berwarna biru dan diawali dengan tulisan “https://recruitment.kai.id“.

5. Lakukan Verifikasi

Lakukan Verifikasi

Kemudian, akan muncul aplikasi dan paste-kan kode aktivasi akun anda di kolom yang disediakan. Lalu, klik “Verifikasi“.

6. Login User

Login User

Setelah melakukan verifikasi, silahkan klik “Login” dan masukkan username serta password akun anda. Jangan lupa untuk memasukkan kode yang tertera. Jika sudah, klik “Login

7. Lengkapi Semua Biodata

Lengkapi Semua Biodata

Langkah berikutnya, silahkan lengkapi semua biodata dengan benar. Jika semuanya telah diisi, klik “Save“.

8. Upload Foto

Upload Foto

Kemudian, silahkan upload foto dengan format JPG atau JPEG. Pastikan file size kurang foto maksimal 2 MB. Foto harus yang terbaru dengan pose formal.

9. Isi Data Pendidikan

Isi Data Pendidikan

Selesai upload foto, berikutnya silahkan isi data pendidikan yang anda miliki mulai dari tingkatan SLTA sampai pendidikan akhir yang dimiliki. Bila sudah, klik “Next“.

10. Upload Dokumen

Upload Dokumen

Berikutnya, silahkan upload dokumen persyaratan dengan format PDF. Pastikan ukuran file size maksimal 2 MB dan jenis dokumen serta file dokumen yang di upload sesuai.

Untuk mengupload dokumen, silahkan pilih jenis dokumen yang akan diupload. Lalu, tekan file upload, klik “Save“.

11. Lowongan Recruitment

Lowongan Recruitment

Silahkan cari lowongan pramugari dengan cara buka menu lowongan. Pilih recruitment. Pastikan lowongan pekerjaan pramugari up to date. Lalu, klik “View More“.

12. Cara Apply Lowongan

  • Baca secara seksama seluruh informasi terkait kriteria dan jenis pekerjaan yang ditentukan.
  • Kriteria pekerjaan dapat dilihat di bagian job profil.
  • Tentukan lokasi dan formasi yang anda inginkan.

Tentukan lokasi dan formasi yang anda inginkan.

  • Pastikan lokasi dan formasi sudah diisi. Jika sudah klik “Apply“.

Pastikan lokasi dan formasi dudah diisi. Jika sudah klik Apply

13. Konfirmasi Pendaftaran

Konfirmasi Pendaftaran

Langkah yang terakhir, silahkan konfirmasi pendaftaran anda. Tekan “YA” jika sudah yakin dan tekan “Tidak” jika belum, maka akan kembali ke halaman sebelumnya.

Biaya Pramugari Kereta Api

Biaya Pramugari Kereta Api

Sejatinya, menjadi pramugari kereta api memang membutuhkan proses yang panjang agar benar-benar menjadi pramugari yang profesional dengan wawasan yang luas. Untuk menjadi pramugari membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk menjadi pramugari meliputi.

Biaya Pendaftaran

PT. Kereta Api Indonesia tidak membebankan biaya pendaftaran. Dengan kata lain pendaftaran menjadi pramugari kereta api tidak dikenai biaya alias gratis.

Biaya Pendidikan Pramugari

Meskipun tidak dikenai biaya pendaftaran, namun calon pramugari harus melakukan pendidikan di sekolah pramugari terlebih dahulu. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan pramugari kereta tidaklah murah.

Lantas berapa biaya sekolah pramugari kereta api? Biaya yang dibutuhkan berkisaran Rp. 15 juta sampai Rp. 45 juta dengan masa pendidikan 1 sampai 4 bulan.

Keuntungan Pramugari Kereta Api

Keuntungan Pramugari Kereta Api

Menjadi seorang pramugari kereta api memang memiliki banyak keuntungan. Selain mendapatkan GAJI yang sangat menggiurkan, pramugari kereta juga akan mendapatkan pendidikan dan pengalaman yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan pekerjaan lainnya.

Profesi pramugari juga menjadi pekerjaan yang mengasikan, karena pramugari bisa bekerja sambil berwisata. Selain itu, masih banyak keuntungan lainnya yang bisa di dapat oleh seorang pramugari. Adapun keuntungan tersebut, sebagai berikut.

  1. Menjadi seorang pramugari, anda bisa berwisata sambil bekerja. Pasalnya seorang pramugari kereta api akan melakukan perjalanan dan berkunjung serta singgah sementara hingga mendapatkan fasilitas yang nyaman dan lengkap.
  2. Gaji yang didapat besar dengan jaminan kesehatan dan tunjangan serta jenjang karier yang jelas.
  3. Mendapat wawasan dan pengetahuan untuk mengatasi penumpang kereta yang tiba-tiba sakit.
  4. Dibekali caranya mengevakuasi penumpang dan apapun yang harus dilakukan ketika kereta api mengalami keadaan darurat.
  5. Diberi pengetahuan bagaimana cara memadamkan api yang baik dan benar.
  6. Mendapatkan pengalaman berpenampilan perfect dan profesional.

Itulah beberapa syarat menjadi pramugari kereta api lengkap dengan cara daftar, biaya dan keuntungan pramugari kereta api yang dapat pilihprofesi.com sajikan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mendaftar semoga dapat diterima menjadi pramugari kereta api.