Gaji Pramugari Citilink 2022 : Bonus, Tugas & Syarat

Gaji Pramugari Citilink – Citilink merupakan salah satu perusahaan dalam jasa penerbangan dan merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia yang dibuat untuk pasar penerbangan bertarif rendah atau LCC (Low Cost Carrier).

Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 2001 dan sampai saat ini masih tetap beroperasi melayani penerbangan domestik dan luar negeri. Maskapai Citilink memiliki beberapa armada, diantaranya Airbus A320, Airbus A320neo, ATR 72-600 dan Boeing 737-500.

Tidak berbeda jauh dengan maskapai lainnya, Citilink juga terdapat pramugari atau bisa disebut juga dengan crew cabin. Dimana posisi pramugari menjadi salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati oleh orang, karena gaji pramugari memang tergolong besar.

Nah, untuk kalian yang sekiranya tertarik ingin menjadi pramugari Citilink, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi gaji pramugari Citilink yang akan kami sajikan secara lengkap dengan beberapa informasi lainnya.

Gaji Pramugari Citilink

Tugas Pramugari Citilink

Sebelum kami lanjutkan ke informasi gaji pramugari, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu apa saja tugas pramugari. Supaya kalian yang berminat menjadi pramugari mengetahui apa saja hal yang harus dikerjakan ketika menjadi seorang pramugari.

1. Memeriksa Kabin Pesawat

Tugas pertama seorang pramugari ialah memeriksa kabin pesawat, mulai dari memeriksa kelengkapan pesawat, seperti memeriksa kelengkapan tempat duduk penumpang dan mempersiapkan makanan yang nantinya akan disajikan kepada penumpang.

Selain itu, pramugari juga harus memeriksa kebersihan kabin pesawat itu sendiri, meskipun bagian kebersihan pada pesawat biasanya sudah ada sendiri. Akan tetapi, pramugari perlu memeriksa kembali kebersihan pesawat supaya tidak ada yang tertinggal.

2. Memberikan Informasi

Tugas selanjutnya adalah memberikan informasi, seperti misalnya cara penggunaan sabuk keselamatan, letak pintu darurat pada pesawat dan memberikan informasi seputar penerbangan yang sedang dilakukan yang biasanya disampaikan seorang pilot kepada pramugari.

3. Memberikan Pelayanan

Tugas terakhir adalah memberikan pelyanan kepada para penumpang, tugas ini merupakan tugas utama seorang pramugari. Karena seorang pramugari lah yang akan bertatap muka langsung dengan para penumpang pesawat tersebut.

Adapun beberapa pelayanan yang diberikan diantaranya adalah menyajikan makan, memberikan informasi seputar kabin pesawat apabila penumpang membutuhkan dan memberikan perlengkapan tidur untuk beberapa kelas penerbangan tertentu.

Gaji Pramugari Citilink

Setelah mengetahui apa saja tugas pramugari, lantas berapa gaji pramugari Citilink? Besarnya gaji pramugari Citilink untuk seorang pramugari junior bisa mencapai 6 juta rupiah, sedangkan untuk pramugari senior bisa mencapai 10 juta rupiah.

Namun gaji tersebut merupakan gaji pokok dan belum termasuk uang bonus. Sehingga jika total gaji pokok ditambahkan dengan bonus yang didapatkan, maka gaji pramugari Citilink tergolong cukup besar dibandingkan dengan gaji pramugari Lion Air.

Bonus Pramugari Citilink

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, untuk gaji pramugari sendiri bukan hanya gaji pokok, melainkan juga ada bonus. Adapun untuk uang bonus atau tambahan tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu uang terbang, uang makan dan uang RON.

1. Uang Terbang

Uang terbang merupakan uang tambahan yang dihitung berdasarkan jam kerja, umumnya uang terbang ini akan dihitung berdasarkan jam kerja. Dan uang terbang ini memiliki hitungan per jam. Sehingga semakin banyak jam terbang, maka akan semakin banyak uang terbang yang didapatkan.

2. Uang Makan

Uang makan merupakan uang tambahan atau bonus yang diberikan kepada pramugari setelah pramugari landing dan melanjutkan ke penerbangan berikutnya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh lokasi dan durasi menunggu setelah landing sampai penerbangan selanjutnya.

3. Uang RON

Uang RON (Remain Over Night) merupakan uang tambahan yang diberikan kepada pramugari apabila penerbangan selanjutnya dilakukan keesokan harinya atau pramugari tersebut perlu menginap. Selain mendapatkan bonus uang RON, pramugari juga mendapatkan fasilitas penginapan di Hotel berbintang.

Syarat Daftar Pramugari Citilink

Apabila kalian tertarik untuk menjadi pramugari Citilink, maka kalian bisa melakukan pendaftaran melalui website resmi Citilink. Namun kalian juga harus mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar sebagai pramugari Citilink.

Adapun syarat daftar pramugari Citilink adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal usia 18 tahun dan maksimal 25 tahun
  • Minimal tinggi badan 160 cm
  • Minimal pendidikan SMA/SMK untuk semua jurusan
  • Fasih berbahasa Inggris
  • Tidak menggunakan kacamata atau softlens.

Selain harus memenuhi kriteria yang telah kami sebutkan diatas, hal lainnya yang perlu dipersiapkan adalah kelengkapan dokumen sebagai syarat administrasi. Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • CV (Curriculum Vitae)
  • Pas foto (4×6)
  • Foto full body (4R)
  • Fotokopi KTP/KK

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi mengenai gaji pramugari Citilink yang sekiranya dapat Pilih Profesi berikan untuk kesempatan sekarang ini, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat bagi kalian.

Sumber Gambar: viva.co.id