√ Gaji Ground Staff Bandara 2021 : Syarat & Cara Daftar

Gaji Ground Staff Bandara – Sama halnya dunia pelayaran, di dunia penerbangan juga bisa dikatakan memiliki daya tarik tersendiri untuk melanjutkan jenjang karir. Karena di dunia penerbangan cukup banyak profesinya.

Profesi-profesi itu sendiri seperti ada pilot, co pilot, mechanic/teknisi, engineer, marshaller, FOO, staff penerbangan dan lainnya. Yang mana profesi-profesi tersebut cukup banyak peminatnya, itu dibuktikan saat sedang ada rekrutmen.

Mungkin salah satu faktornya yaitu datang dari gaji yang diberikan oleh pihak perusahaan terbilang menggiurkan. Apalagi jika sampai berhasil menempati posisi penting dari perusahaan atau maskapai yang sedang membuka rekrutmen.

Nah pada pembahasan kali ini pilihprofesi.com akan sampaikan informasi dari gaji ground staff bandara. Mungkin banyak yang bertanya mengenai gaji di posisi atau jabatan ini, terutama bagi Anda yang ingin mendaftarkannya.

Gaji Ground Staff Bandara

Apa Itu Ground Staff Bandara?

Ground staff bandara sendiri merupakan salah satu profesi yang ada di dunia penerbangan. Di mana ground staff bisa juga disebut sebagai dengan pasasi, staff penerbangan, ground handling, staff airlines, staff bandara atau bisa dijuluki juga sebagai pramugara/pramugari darat.

Tugas Ground Staff Bandara

Tugas Ground Staff Bandara

Seorang yang memiliki jabatan ground staff sendiri akan bekerja di bandara. Nantinya ground staff akan bertanggung jawab penuh atas keseluruhan kegiatan yang ada di bandara.

Dengan begitu ground staff harus dapat melayani penumpang baik sebelum keberangkatan pesawat atau Pre Flight Service atau setelahnya After Flight Service. Sehingga peranan dari ground staff sangatlah penting.

Selain itu ada tugas-tugas lainnya yang harus dikerjakan oleh seorang ground staff secara umum, seperti:

1. Boarding Gate

Ground staff yang ada di bagian ini memiliki tugas di depan pintu boarding dan di dalam ruangan boarding. Nantinya ground staff akan memantau penumpang yang melakukan penerbangan.

Ground staff akan mengecek kembali boarding pass setiap penumpang dan mencocokkannya dengan identitas dimiliki. Selain itu juga akan mengawasi penumpang agar tetap berada di dalam ruangan tanpa ada penumpang tertinggal.

2. Checking Counter

Pada checking counter ground staff sendiri memiliki tugas untuk mencetak boarding pass. Semua penumpang yang telah tertera nomor tempat duduk, jadwal, nama, ruangan boarding serta kode sesuai dengan identitas yang digunakan akan di checking.

3. Lost and Found

Pada bagian nantinya ground staff akan bertugas pada terminal kedatangan dan melakukan pengecekan bagasi penumpang setelah melaksanakan penerbangan. Ground staff ini akan mencocokkan barang barang bawaan penumpang dan mengembalikannya.

4. Services

Ground staff bandara pada bagian ini nantinya harus mendampingi dan melayani setiap penumpang yang memiliki kebutuhan khusus. Pendampingan ini sendiri dimulai dari bandara hingga masuk ke dalam pesawat.
Tidak hanya diberikan pada orang berkebutuhan khusus saja, pada anak-anak kecil orang sakit juga menjadi tanggung jawabnya. Mungkin ground staff bagian ini harus memiliki kesabaran extra.

5. Ticketing

Pada bagian ground staff ticketing (penjual tiket) nantinya akan bertugas melayani penumpang mengenai issued ticket. Tidak hanya itu, tugas dikerjakan pada posisi ini ialah melayani pesanan tiket baik on the spot, via telepon, media sosial, atau lainnya.

6. Transfer Desk

Transfer desk menjadi bagian dari ground staff bandara yang melayani serta membantu penumpang yang sedang transit di bandara. Penumpang dimaksud sendiri yaitu yang sedang turun dari pesawat dan akan melanjutkan perjalanan dengan pesawat lainnya.

Syarat Menjadi Ground Staff Bandara

Syarat Menjadi Ground Staff Bandara

Nah jika Anda berminat menjadi ground staff bandara dan berniatan untuk mendaftarkan diri. Ada beberapa syarat tertentu sesuai dengan kebijakan dari perusahaan atau maskapai. Namun secara umum syaratnya itu sendiri seperti berikut:

  • Belum menikah.
  • Berat badan proporsional.
  • Berkelakuan baik dan menarik.
  • Bisa berkomunikasi dengan baik.
  • Dapat bahasa asing baik lisan atau tertulis (Bahasa Inggris).
  • Pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat.
  • Sehat jasmani & rohani.
  • Tidak ada catatan tindakan kejahatan yang melanggar hukum.
  • Tidak buta warna.
  • Tinggi badan = 158 cm wanita & 165 cm pria.
  • Wanita/pria memiliki usia minimal 18 tahun.

Cara Menjadi Ground Staff Bandara

Cara Menjadi Ground Staff Bandara

Cara untuk menjadi ground staff bandara sendiri nantinya Anda hanya perlu memastikan jika perusahaan/maskapai sedang ada lowongan maupun rekrutmen diposisi ground staff. Dengan begitu ikuti terus informasinya di internet.

Karena pada umumnya informasi rekrutmen atau pendaftaran lebih aktif di website resmi dari perusahaan. Jadi jika sedang ada rekrutmen langsung saja untuk lakukan pendaftaran dengan persyaratan yang sudah menjadi ketentuannya.

Ini juga menjadi hal yang tidak mudah di mana nantinya calon ground staff bandara akan banyak melakukan tes. Semoga Anda para calon ground staff bandara dapat lolos dan bisa mulai bekerja nantinya.

Tips Lolos Interview Menjadi Ground Staff Bandara

Tips Lolos Interview Menjadi Ground Staff Bandara

Nah untuk lolos tes saat interview Anda juga perlu memiliki tips, agar nantinya dapat lolos dari dan menjadi ground staff. Berikut beberapa tips-tips tersebut:

  • Mengetahui informasi perusahaan dan dunia kerja nantinya.
  • Memiliki penampilan menarik & jangan berdandan menor.
  • Mempersiapkan waktu secara baik.
  • Jangan gugup ataupun grogi.
  • Tetap dalam keadaan sopan.
  • Menunjukkan sikap baik.

Gaji Ground Staff Bandara

Gaji Ground Staff di Bandara

Setelah mengetahui apa itu ground staff, tugas, syarat dan cara mendaftarnya. Tentu dari Anda ataupun para calon ground staff bertanya mengenai gaji didapatkan nantinya saat sudah bekerja. Di mana gajinya tidak jauh berbeda dengan gaji seorang GAJI TUKANG PARKIR PESAWAT.

Berbicara gaji sendiri seorang ground staff nantinya bisa mendapat gaji Rp 3 juta per bulan, itupun untuk gaji ground staff yang baru bergabung. Tentunya untuk yang sudah lama dan berpengalaman akan memiliki gaji lebih.

Di mana untuk senior dapat memiliki gaji sampai Rp 4-6 jutaan. Jadi bisa dikatakan gaji seorang ground staff dapat mencapai angka Rp 50 – 60 jutaan per tahunnya. Tidak heran jika ground staff cukup banyak peminatnya.

Angka-angka tersebut hanyalah sebuah gaji pokoknya saja, di mana belum termasuk dengan uang insentif, kehadiran, bonus, dan tunjangan jabatan. Sehingga bisa dikatakan gaji tersebut masih dapat lebih besar dari angka perkiraan.

Selain itu gaji ground sfaff di setiap maskapai penerbangan di Indonesia juga akan berbeda satu sama lain. Ada beberapa faktor dapat mempengaruhinya seperti lokasi kerja (bandara), masa kerja, jabatan dan perusahaan maskapai.

Mungkin itulah informasi dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua seputar ground staff. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.