Daftar Gaji Tukang Parkir Pesawat Terbaru 2020

Gaji Tukang Parkir Pesawat – Memang bekerja di sebuah perusahaan maskapai penerbangan merupakan impian semua orang. Menawarkan gaji cukup fantastis tinggi mungkin yang menjadi daya tarik dan juga sangat terpandang jika sudah menjadi salah satu pegawai maskapai, sebagai contoh saja gaji tukang parkir pesawat terbilang sangat tinggi.

Memang menjadi seorang parkir pesawat saat ini masih belum di kenal banyak orang Indonesia, hanya sebagian saja yang mengetahuinya. Profesi tukang parkir dari pesawat di dunia penerbangan sendiri disebut dengan nama marsheller, mungkin masih sangat asing di telinga masyarakat Indonesia.

Menjadi seorang tukang parkir dari sebuah kendaraan udara yaitu pesawat sendiri dituntut untuk bisa bekerja secara efisien, cepat, dan juga tepat dalam memberikan arahan terhadap pilot. Sebelum pesawat mendarat dan parkir, tukang parkir pesawat tersebut harus memastikan kondisi lapangan aman dan steril sebelum pesawat landing.

Setelah pesawat landas atau mendarat kemudian tukang parkir pesawat tersebut memberikan sinyal arahan kepada pilot yang bertugas dan mengarahkan ke lokasi parkirnya. Mungkin akan terlihat sangat mudah ketika tukang parkir pesawat sedang mengarahkan pesawat, sebenarnya sangatlah sulit.

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia

Menurut salah satu tukang parkir pesawat di salah satu maskapai penerbangan di Indonesia, iya mengatakan bahwasanya pada saat pertama kali melakukannya memang terasa sangat sulit. Badan pesawat yang terbilang sangat besar menjadikan alasannya, sehingga harus memastikan ujung pesawat (wingtip) tidak bersenggolan satu sama lainnya. Nah kembali ke judul diatas, pastinya anda penasaran mengenai besaran gaji dari tukang parkir pesawat, simak ulasan berikut ini.

Gaji Marshaller (Tukang Parkir)

Gaji Marshaller Tukang Parkir

Memiliki sebuah tuntutan kerja yang begitu ekstra hati hati, dan selalu di tuntut melakukan kerja dengan cepat dan juga tepat, menjadikan gaji dari seorang tukang parkir transportasi udara ini tak tanggung-tanggung. Gaji cukup fantastis tinggi bagi seorang tukang parkir pastinya akan menjadi nilai plus tersendiri, memang hal itu sebanding dengan resiko yang bisa di hadapi jika tukang parkir tersebut sampai melakukan kesalahan.

Lalu berapa si gaji marsheller atau tukang parkir dari pesawat? Menurut informasi yang kami cari, gaji dari dari tukang parkir kendaraan udara atau pesawat di Indonesia dapat menerima bayaran mencapai 600 jutaan per tahun, bisa di katakan lebih besar dari pada dari pada gaji PNS golongan 2A, atau 3A, maupun gaji pegawai Bank Mandiri. Namun hal itu juga tergantung dengan pengalaman dari tukang parkir atau marsheller, bagi yang baru masuk mungkin tidak sampai sebesar itu dan akan selalu ada proses sehingga bisa bertambah lagi dengan melihat dari pengalaman dan cara bekerja nantinya.

Masalah Terjadi Jika Tidak Ada Marsheller

Masalah Terjadi Jika Tidak Ada Marsheller

Meski keberadaannya kadang sering dianggap sepele dan terabaikan, nyatanya tukang parkir ini sangatlah penting dan juga sangat berarti sekali. Para tukang parkir tersebut mempunyai peran sangat penting dalam kelancaran sebuah maskapai penerbangan, memiliki tugas untuk mengatur keadaan jalan pada saat take off, sampai memastikan kondisi dari pesawat. Mungkin pilot juga mempunyai peran yang sama pentingnya, namun tidak akan serumit atau sedetail dari tukang parkir ini.

Bayangkan saja jika keadaan landasan licin atau terjadi sesuatu masalah pada roda pesawat namun tidak diberhentikan oleh tukang parkir, maka bakal terjadi sebuah masalah atau kecelakaan parah. Jelas hal tersebut bakal memakan banyak korban jiwa, baik itu penumpang atau orang di sekitarnya. Para tukang parkir ini juga bertanggung jawab untuk melihat semua kondisi luar pesawat seperti baling-baling maupun sayap, jika dirasa terdapat masalah marsheller akan segera memberikan peringatan dengan memberi tanda merah kepada pilot.

Kejelian dan ketelitian menjadi syarat utama menjadi seorang masheller. Mereka harus melakukan pemeriksaan pada keadaan sekitar secara steril dan aman sebelum pesawat melakukan take off dan landing, bisa dipastikan para tukang parkir harus datang lebih awal dan mengecek semuanya. Belum lagi para tukang parkir harus berkoordinasi secara baik dengan ATC, di pusat bandara. Jika terjadi miss saja beberapa waktu dalam take off atau landing, maka akan terjadi masalah besar.

Nah itu informasi gaji dari seorang tukang parkir pesawat atau marsheller. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang membutuhkannya.