√ 14 Syarat Menjadi Marshaller 2021 : Cara Daftar & Keuntungan

Syarat Menjadi Marshaller – Selain bekerja di pelayaran yang selalu menawarkan daya tarik tersendiri. Bekerja di sebuah lingkungan didunia penerbangan juga sangat banyak diminati oleh banyak orang.

Seperti misalnya menjadi pilot, pramugari, staff, marshaller atau tukang parkir pesawat dan lain-lainnya. Disisi lain gaji yang bisa didapat terbilang tinggi tentunya bekerja di dunia penerbangan akan berkarir bagus.

Namun sebelum bisa masuk dan bekerja di dunia penerbangan tersebut Anda harus masuk terlebih dahulu ke sekolahan penerbangan. Dengan sertifikat yang telah didapat di sekolah penerbangan untuk menjadi bagian di maskapai biasanya akan semakin mudah.

Nah pada pembahasan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan informasi tentang syarat menjadi salah satu posisi di dunia penerbangan. Yaitu yang akan sendiri mengenai syarat menjadi marshaller.

Syarat Menjadi Marshaller

Syarat Menjadi Marshaller

Untuk lebih jelas mengenai syarat tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini lengkap dengan cara daftarnya. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir, sehingga bagi Anda yang ingin daftar tahu persyaratan diperlukannya.

Rekomendasi Sekolah dan Pendidikan Marshaller

Rekomendasi Sekolah dan Pendidikan Marshaller

Namun sebelum berlanjut mengenai syarat dan cara daftar menjadi Marshaller atau biasa orang menyebut dengan tukang parkir pesawat. Terlebih dahulu Anda harus sudah mendapatkan sebuah sertifikat dari sekolah penerbangannya.

Untuk Anda yang berniat untuk menjadi marshaller maka harus bisa masuk di sekolah penerbangan untuk mendapatkan salah satu persyaratan agar memudahkan saat pendaftaran jadi marshaller. Berikut ada beberapa rekomendasi sekolah marshaller.

  1. Flight Attendant & Airline Staff Training (FAAST)
  2. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD)
  3. Bali International Flight Academy (BIFA)
  4. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug
  5. Bandung Pilot Academy
  6. Aircraft Marshaller Asta Learning Center

Persyaratan Menjadi Marshaller

Persyaratan Menjadi Marshaller

Jika memang benar Anda memiliki niat untuk menjadi seorang marshaller, maka Anda harus tahu persyaratan umum yang dibutuhkan saat pendaftarannya. Syarat umunya sendiri terbilang tidak terlalu sulit untuk dilengkapi.

1. Umur

Untuk persyaratan umur atau usia sendiri sebenarnya tergantung dengan kebijakan dari maskapainya, karena terkadang ada perbedaan di setiap maskapai. Namun secara umum memberikan batasan umur kisaran 18 – 35 tahun.

2. Tinggi Badan

Para calon marshaller juga harus memiliki tinggi badan yang proporsional. Nah kebanyakan maskapai penerbangan di Indonesia memberlakukan syarat tinggi badan pada calon marshaller itu sendiri di angka berkisar 158 – 160 cm untuk pria & 165 – 170 cm pria.

3. Memiliki Berat Badan Ideal

Tidak hanya tinggi badan saja, para calon marshaller juga harus memiliki berat badan yang ideal sebagai syarat pendaftarannya. Di mana nantinya berat badan akan di timbang berdasarkan kalkulator body mass index yaitu memakai metode perbandingan berat dan tinggi tubuh.

4. Sehat Jasmani & Rohani

Syarat selanjutnya yang pasti saat ingin daftar jadi marshaller yaitu sehat jasmani dan rohani. Biasanya pihak maskapai akan meminta surat keterangan sehat untuk memastikan calon marshaller tidak memiliki riwayat kesehatan yang bermasalah.

5. Penampilan Menarik dan Kepribadian Baik

Penampilan menarik menjadi salah satu syarat umum selain syarat-syarat di atas. Tidak hanya itu, kepribadian baik juga menjadi syarat selanjutnya yang harus dimiliki para calon tukang parkir pesawat.

6. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Memang berkomunikasi dengan baik sangat banyak sekali keuntungannya, tidak terkecuali saat pendaftaran kerja. Salah satunya saat pendaftaran marshaller ini sendiri, di mana kebanyakan dari maskapai memberlakukan syarat ini untuk para calon marshaller.

7. Mampu Menangani Pelanggan

Mampu menangani pelanggan? yang dimaksudkan kali ini yaitu Anda bisa berhubungan secara baik dengan pelanggan atau penumpang pesawat. Apalagi penumpang datang dari berbagai rupa, watak dan kepribadian, dengan begitu marshaller dituntut untuk bisa menanganinya terlagi saat pesawat delay.

8. Pendidikan Minimal

Syarat terakhir sendiri yaitu mengenai pendidikan dan juga berkas-berkas dokumen diperlukan. Untuk menjadi seorang marshaller sendiri para calon sudah bisa mendaftarkan dengan ijazah SMA/sederajat. Namun jika melampirkan sertifikat dari sekolah penerbangan, besar kemungkinan memiliki nilai plus tersendiri.

Cara Menjadi Marshaller

Cara Menjadi Marshaller

Setelah mengetahui syarat umum diperlukan saat mendaftar menjadi tukang parkir pesawat. Anda tentunya juga ingin tahu bagaimana cara atau langkah-langkah pendaftarannya.

Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya perlu memastikan jika maskapai sedang ada lowongan maupun rekrutmen diposisi marshaller. Jika benar adanya lowongan tersebut maka langsung saja daftarkan.

Biasanya pendaftaran menjadi marshaller sendiri dari pihak maskapai akan memberikan dua pilihan cara pendaftaran. Baik itu pendaftaran marshaller secara offline atau online.

Di mana pendaftaran secara offline yaitu dengan menuliskan surat lamaran kerja dan mengirimkannya pada pihak maskapai. Sedangkan cara online biasanya pihak maskapai akan memberikan link pendaftarannya dan Anda hanya perlu mengisinya.

Risiko Marshaller

Risiko Marshaller

Selain mengetahui syarat dan cara mendaftar menjadi tukang parkir pesawat, Anda juga tentunya perlu mengetahui risiko apa yang didapatkannya. Karena bisa dikatakan seorang marshaller posisinya sangatlah penting.

Di mana risikonya yaitu dituntut untuk bekerja secara efisien, cepat dan tepat. Karena nantinya transportasi yang diparkirkan memiliki dimensi yang besar, sehingga harus memastikan semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Jika tidak berhati-hati dalam mengarahkan pilot saat parkir, maka dapat menyebabkan badan pesawat menabarak apa yang ada di sekitarnya. Selain itu juga dapat membahayakan para penumpang pesawat.

Keuntungan Marshaller

Untuk keuntungan menjadi marshaller sendiri terbilang cukup banyak, salah satunya yaitu mendapatkan GAJI yang terbilang fantastis. Tidak hanya itu, tunjangan diberikan oleh pihak maskapai juga akan menjadi salah satu keuntungan lainnya.

Selain dua keuntungan tersebut, pengalaman menjadi salah satu keuntungan berharga saat menjadi marshaller. Karena banyak banyak hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah sama sekali dirasakan.

Demikianlah informasi mengenai syarat dan cara menjadi marshaller  yang dapat pilihprofesi.com sampaikan. Semoga dengan adanya ulasan tentang marshaller atau banyak orang menyebut tukang parkir pesawat dapat bermanfaat.