√ Syarat Menjadi Anggota BIN 2021 : Tugas & Ciri-ciri BIN

Syarat Menjadi Anggota BIN – Bekerja untuk pemerintahan negara mungkin menjadi salah satu impian banyak banyak orang. Dan pekerjaan yang ada juga sangat beragam dan memiliki tantangan tersendiri.

Salah satu pekerjaan menantang itu sendiri sebagai agen rahasia atau intelijen negara. Di mana tidak banyak orang menyadari jika gaji diterima anggota Badan Intelijen Negara (BIN) cukup besar.

Meski tidak ada info jumlah pasti gaji pegawai BIN, namun banyak orang menyebut gaji anggota BIN bisa mencapai puluhan juta sama seperti GAJI POLISI. Angka yang sangat menggiurkan, sebelum bisa menikmatinya tentu banyak rintangan harus dilewati.

Salah satu rintangan tersebut yaitu bisa memenuhi syarat-syarat saat masuk menjadi anggota BIN. Tentunya banyak dari Anda yang bertanya seputar mengenai apa saja syarat itu sendiri. Berikut syarat umum dibutuhkan untuk bisa menjadi anggota BIN.

Syarat Menjadi Anggota BIN

Apa Itu BIN?

BIN merupakan singkatan dari Badan Intelijen Negara yang mana merupakan lembaga pemerintah non kementerian Indonesia yang memiliki tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang intelijen. Dan BIN sudah dibentuk sejak 7 Mei 1946.

Tugas Anggota BIN

Untuk anggota BIN sendiri nantinya memiliki tugas-tugas dari pemerintahan. Di antara tugas itu sendiri, banyak yang penasaran tentunya? Berikut beberapa tugas dari seorang anggota BIN:

  • Melakukan sebuah pengkajian serta menyusun kebijakan nasional di bidang intelijen.
  • Melakukan perencanaan dan pelaksanaan aktivitas intelijen.
  • Membuat rekomendasi yang berkaitan dengan orang atau lembaga asing yang berkaitan dengan kebutuhan.
  • Menyampaikan hasil penyelidikan atau intelijen sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan pemerintah.
  • Memberikan pertimbangan, saran, serta rekomendasi tentang pengamanan penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana disebutkan sudah di dalam UU Intelijen Negara.

Syarat Umum Menjadi Anggota BIN

Syarat Umum Menjadi Anggota BIN

Nah bagi Anda yang berminat menjadi anggota BIN, maka perlu diketahui terlebih dahulu syarat-syarat umumnya. Beberapa syarat ini harus Anda punyai sebagai bekal nanti setelah berhasil menjadi anggota.

1. Cerdas

Syarat pertama untuk bisa menjadi anggota BIN yaitu memiliki pemikiran cerdas. Ini berguna nantinya dengan tugas-tugas yang dikerjakan dalam mengumpulkan informasi secara rahasia dengan kasus berbeda serta harus memecahkan solusi secara cepat & tepat.

Hal itu menjadikan anggota BIN harus memiliki penalaran presisi dan perhitungan yang akurat. Tidak hanya itu saja, penguasaan bahasa asing juga perlu dimiliki oleh setiap anggota BIN.

3. Jaga Rahasia

Karena tugas BIN merupakan mencari informasi yang dibutuhkan oleh pemerintah, tentunya syarat untuk bisa menjadi seorang anggota BIN harus pintar-pintar jaga rahasia. Bahkan tidak ada seorang pun yang mengetahui jika Anda merupakan seorang intelijen termasuk keluarga.

2. Kuat Fisik

Selain syarat kecerdasan dan pintar jaga rahasia, anggota BIN juga harus memiliki fisik dan daya tahan tubuh kuat. Ini dibuktikan ketika ada seleksi anggota BIN, pasti terdapat seleksi fisik yang menguras tenaga seperti berenang, memanjat, berlari, bahkan ada serangkaian aksi bela diri.

4. Siap Tempur

Menjadi anggota BIN berarti bisa saja berkonfrontasi dengan CIA atau bahkan agen rahasia dari negara lain. Dengan begitu risiko sangat begitu besar akan keselamatan diri bahkan nyawanya.

Jadi Syarat selanjutnya untuk bisa jadi anggota BIN yaitu bertaruh nyawa dalam pertempuran. Mungkin ini menjadi syarat yang perlu dipikirkan matang-matang sebelum Anda terjun menjadi anggota BIN.

5. Uang

Uang banyak mungkin menjadi salah satu syarat perlu disiapkan, karena bagi Anda anggota BIN yang menyerah dan keluar dari BIN harus menggelontorkan banyak uang. Uang ini nantinya digunakan untuk mengganti uang pendidikan dan sebagainya.

Selain itu juga upaya dalam meminimalkan pengunduran diri para anggota atau agen BIN. Dengan begitu perlu pemikiran matang sebelum terjun ke dunia intelijen.

Jika pun pemikiran sudah matang dan berkeinginan menjadi anggota BIN, maka Anda bisa melanjutkan disekolah kedinasan STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) setelah lulus Sekolah Mengah Atas.

Syarat Masuk STIN

Syarat Masuk STIN

Untuk bisa masuk dan mendapatkan pendidikan keintelijenan di STIN yang berada Bogor, Jawa Barat. Terdapat beberapa hal atau bisa juga disebut menjadi syarat agar bisa masuk. Berikut beberapa syarat-syarat untuk bisa masuk STIN:

1. Warga Negara Indonesia

2. Berpendidikan minimal SMA/SMK (bukan lulusan paket C) dengan ketentuan:

  • Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2018 & 2019 memiliki nilai rata-rata ijazah minimal 70.
  • Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020, nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan semester 5 minimal 70.

3. Belum pernah menikah dan siap untuk tidak menikah saat masa pendidikan.

4. Belum pernah melahirkan untuk perempuan & belum pernah punya anak biologis untuk laki-laki.

5. Tinggi badan minimal 165 cm (laki-laki) & minimal 155 cm (perempuan).

6. Usia minimal 16 tahun dan tidak lebih 21 tahun saat pendaftaran dibuka.

Ciri-ciri Anggota BIN

Untuk ciri-ciri anggota BIN sendiri berkesinambungan dengan tugasnya yang mencari informasi dan memecahkannya, sehingga seorang anggota BIN tidak akan dikenali ciri-cirinya. Hal ini jika sampai dikenali oleh target operasi maka pemeriksaan/detektif yang sedang dilaksanakan dapat mudah untuk diketahui.

Selain itu juga operasi intelijen juga kerap membawa konsekuensi berat. Di mana anggota BIN diharapkan bisa menggunakan teknik-teknik klandestin/rahasia dengan baik, terlatih, dan cermat supaya kegagalan dalam operasi intelijen dapat dicegah.

Mungkin itu saja yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai syarat-syarat dibutuhkan saat ingin menjadi anggota Badan Intelijen Negara. Semoga dengan adanya pembahasan syarat jadi anggota BIN di atas dapat bermanfaat.