Gaji IPDN Terbaru 2020 : Syarat & Dokumen Masuk IPDN

Gaji IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan milik pemerintah dimana bertujuan untuk mempersiapkan kader pemerintah terbaik. Sehingga nantinya akan menghasilkan sebuah kader-kader dengan karakter dan kepribadian terbaik sesuai keinginan.

Namun pada pembahasan kali ini pilihprofesi.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai gaji lulusan IPDN setiap bulannya. Menurut kabar yang berhembus jika gaji IPDN atau lulusan IPDN memiliki bayaran setiap bulannya terbilang cukup tinggi, dengan begitu akan di informasikan gaji tersebut di bawah nanti.

Sebelum mendapatkan sebuah gaji tinggi tersebut pastinya memerlukan sebuah proses yang panjang dan harus melewati berbagai macam rintangan. Salah satunya harus melewati ujian-ujian saat ingin masuk ke kampus IPDN-nya, karena jika sudah pasti diterima nantinya setelah lulus dari IPDN sudah langsung bekerja di institut pemerintahan.

Nah dengan bekerja di institut atau instansi pemerintah ini lah baru nantinya anda mendapatkan sebuah hasil atau gaji, soal gaji lulusan IPDN sendiri pastinya berbeda-beda setiap lulusannya. Selain itu institut yang menjadi tempat bekerja juga akan memberikan gaji dimana tidak sama dengan institut yang lainnya.

Besaran Gaji IPDN Terbaru

Besaran Gaji IPDN Terbaru

Jika penasaran mengenai besaran gaji yang didapat oleh seseorang dengan lulusan IPDN dan bekerja di institut/instansi pemerintah bisa simak terus ulasan berikut agar paham benar mengenai gaji yang didapatnya. Yang jelas gaji didapatnya terbilang tinggi.

Gaji Lulusan IPDN

Gaji Lulusan IPDN

Bicara soal gaji lulusan IPDN sendiri pastinya memiliki gaji yang berbeda sesuai institut mana yang menjadikan tempat kerjanya, selain itu golongan juga nantinya akan mempengaruhi besaran gaji. Menarik kesimpulan dari sini saja sebuah gaji lulusan IPDN memiliki gaji yang tidak sama rata dan memiliki perbedaan satu sama lainnya.

Namun pemerintah masih memberi gaji relatif sama, dimana besaran gaji pokok aparatur negara atau ASN sudah di tentukan oleh PP Nomor 30 Tahun 2015 mengenai ketujuhbelas atas PP Nomor 7 tahun 1977. Dimana dalam isinya meliputi sebuah peraturan gaji PNS berkisar antara Rp 1,92 juta untuk golongan IIA sampai Rp 2,66 juta untuk golongan IIIC.

Yang membedakan gajinya mungkin tunjangan yang diberikan setiap institutnya, tidak heran jika gaji setiap bulannya bisa mencapai angka cukup tinggi. Tunjangan-tunjangan tersebut seperti tunjangan kinerja juga nantinya akan dilihat dan disesuaikan kemampuan APBD serta kebijakan dari institut itu sendiri.

Yang sangat menggiurkan sekali jika anda lulusan IPDN kemudian bekerja atau di tempatkan menjadi PNS di Jakarta, untuk PNS baru saja gaji yang didapat bisa mencapai angka Rp 20 juta apalagi yang sudah lama. Yang jelas gaji lulusan IPDN sendiri bisa dikatakan aman dalam kebutuhan makan sebulan kedepan.

Syarat Masuk Kampus IPDN

Syarat Masuk Kampus IPDN

Nah sebelum menikmati gaji tinggi tersebut pastinya harus melewati sebuah rintangan terlebih dahulu, salah satunya yaitu bisa masuk ke kampus IPDN-nya. Jika sudah masuk maka akan mendapatkan sebuah kesejahteraan dimana belajar di kampus ini tidak dipungut biaya, sudah di sediakannya asrama, baru masuk  kuliah saja sudah di angkat menjadi CPNS dan masih banyak keuntungan lainnya.

Untuk bisa masuk dan bisa melakukan kuliah di IPDN sendiri memerlukan beberapa persyaratan. Berikut akan disampaikan syarat diperlukan pada saat pendaftaran masuk IPDN.

Persyaratan Umum Administrasi

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun
  • Tinggi badan minimal 160 cm pria sedangkan 155 cm wanita
  • Memiliki ijazah minimal SMA
  • Memiliki nilai rata-rata ijazah minimal 70,00
  • Mempunyai KTP jika pendaftar berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga jika belum mempunyai KTP
  • Surat keterangan lulus serta sudah ditanda tangani kepala sekolah atau pihak berwenang
  • Alamat email yang aktif setiap saat
  • Pas foto

Persyaratan Khusus

  • Tidak pernah terlibat atau sedang menjadi hukuman pidana
  • Tidak bertindik untuk pria
  • Belum menikah atau memiliki pasangan, serta jika sudah di terima di IPDN siap untuk tidak menikah selama masa pendidikan
  • Tidak memiliki tato atau bekas tato
  • Tidak diberhentikan secara terhormat di perguruan tinggi atau sekolah kedinasan lainnya
  • Jika sudah diterima dan diangkat menjadi CPNS/PNS maka harus siap untuk di tempatkan di seluruh wilayah di Indonesia
  • Siap ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN mana saja
  • Siap diberhentikan jika terbukti melanggar peraturan yang sudah ditetapkan
  • Jika dalam pendaftaran ini peserta terbukti melakukan sebuah pemalsuan dokumen maka dianggap gugur

Nantinya akan dilakukan sistem seleksi penerimaan calon praja IPDN dimana dilakukan dengan sistem gugur. Dimana setiap peserta seleksi yang dinyatakan lulus setiap tahapan tes, berarti bisa  mengikuti tahapan tes selanjutnya. Untuk informasi dan cara pendaftarannya sendiri selalu cari informasi terbaru yang di dapat dari sumber terpercaya, hal tersebut karena takut ada perubahan syarat dan cara pendaftaran.

Mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan mengenai gaji IPDN dan syarat masuk bersekolah di perguruan tinggi IPDN tersebut. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semua yang membutuhkan atau hanya sekedar untuk menambah wawasan.